Sukses

25 Pasang Pengantin Nikah Massal Bertema Kemerdekaan RI, Venue Berada di Tebing

Nikah massal bertajuk 'Nikah Bareng Merdeka' berlangsung meriah dengan venue yang berada di atas ketinggian tebing Laut Pantai Selatan.

Liputan6.com, Jakarta Perayaan hari kemerdekaan RI diisi dengan berbagai macam cara oleh rakyat Indonesia. Seperti lomba-lomba antar Rukun Tetangga (RT) hingga adanya nikah massal. Seperti yang diadakan di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Dalam sebuah unggahan yang dibagikan oleh laman Instagram @updatedisini beberapa hari lalu, memperlihatkan berlangsungnya nikah massal yang diikuti oleh 25 pasang pengantin.

Mereka dinikahkan oleh KUA Tepus, Gunungkidul, DIY di acara yang bertajuk Nikah Bareng Merdeka @stonevalleyidn. Menurut keterangan, acara ini merupakan kolaborasi Baznas Yogyakarta, Heha Stone Valley dan Fortais Indonesia dalam momen HUT RI ke-79.

Menariknya lagi, venue tempat pernikahan berada di atas ketinggian tebing Laut Pantai Selatan. Pernikahan pun berjalan dalam suasan romantis berpadu dengan indahnya pemandangan alam.

"Merayakan Cinta dan Kemerdekaan di Atas Ketinggian Tebing Laut Pantai Selatan," tulis keterangan unggahan laman Instagram @updatedisini, dikutip Liputan6.com pada Jumat (16/8/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Nikah massal bertema Kemerdekaan RI

Merayakan cinta dan kemerdekaan secara bersamaan tentu sangat indah. Apalagi di suasana pernikahan yang tak akan dilupakan seumur hidup. Tema pernikahan ini merupakan wedding tourism, yang menawarkan konsep pernikahan massal yang istimewa.

Tidak seperti acara pernikahan pada umumnya, nikah massal yang satu ini akan menjadi daya tarik wisata yang baru dan berbeda. Apalagi dengan venue @stonevalleyidn yang berada di lokasi eksotis Geopark Gunungsewu.

Pemandangan menakjubkan semakin terlihat pada ketinggian tebing batu purba, di mana terdapat panorama lembah yang indah dan hamparan laut selatan yang menawan.

Menariknya, masing-masing pasangan pengantin memakai busana yang berbeda. Tidak hanya memakai busana putih atau pakaian adat Jawa, melainkan ada pula yang mengenakan busana ala pengantin India.

Dekorasi menawan tampak dipasang di sekitar venue pernikahan. Membuatnya semakin estetik berpadu dengan alam dan hembusan angin. Mahar yang diberikan pun bertema kemerdekaan, yaitu cincin dengan batu berwarna merah putih.

3 dari 3 halaman

Pelepasan 79 balon merah putih

Dengan konsep kemerdekaan, pernikahan pun diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Kemudian, para pasangan pengantin melepas 79 balon berwarna merah putih di atas jembatan kaca. Baru dilanjut dengan prosesi ijab kabul dan kirab pengantin.

Sejak dibagikan, video nikah massal bertema Kemerdekaan RI itu mencuri perhatian. Tak sedikit warganet yang mengucapkan selamat menempuh hidup baru dan doa Sakinah Mawaddah Warahmah kepada para pengantin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.