Sukses

Resep Urap Sayur Agar Tidak Cepat Basi, Sangrai Bumbu Kelapanya

Resep urap sayur agar tidak cepat basi dapat menjadi pilihan menu sehat yang bisa dikonsumsi secara rutin.

Liputan6.com, Jakarta Indonesia memiliki beragam hidangan tradisional yang kaya akan rasa dan nutrisi, salah satunya adalah urap sayur. Resep urap sayur agar tidak cepat basi dapat menjadi pilihan menu sehat yang bisa dikonsumsi secara rutin. Menggunakan sayuran segar yang diolah tanpa atau dengan sedikit minyak, urap sayur adalah sajian rendah kolesterol yang lezat. Tak heran jika makanan ini sering dijumpai di berbagai daerah di Indonesia.

Resep urap sayur agar tidak cepat basi dibuat dengan mengombinasikan sayur-sayuran yang dicampur dengan parutan kelapa yang telah dibumbui dengan berbagai rempah. Kombinasi unik ini memberikan cita rasa gurih dan enak yang membuatnya disukai oleh banyak orang. Selain lezat, urap sayur juga mudah untuk dibuat karena menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan di pasar.

Meskipun Resep urap sayur agar tidak cepat basi cukup sederhana dan mudah ditiru, ada tantangan tersendiri dalam membuatnya. Penggunaan parutan kelapa segar, yang menjadi salah satu komponen utama, dapat menyebabkan urap sayur menjadi cepat basi jika tidak diolah dengan benar.  Berikut resep urap sayur agar tidak cepat basi yang Liputan6.com lansir dari akun Cookpad DiniAnisah_1403, Jumat (16/8/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bahan Resep Urap Sayur

  • 1/2 ikat bayam, siangi
  • Segenggam kacang panjang, potong 3 cm
  • 1 buah wortel, kupas dan iris tipis memanjang atau dipotong korek api
  • 1/4 kol, iris tipis
  • 100 gr tauge, bersihkan dan buang akarnya

Bumbu Kelapa

  • 150 gr kelapa parut
  • 1/2 terasi (opsional, dibakar atau digoreng sebentar)
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt gula
  • 1/2 sdt kaldu jamur (opsional)

Bumbu Halus

  • 3 siung bawang putih
  • 6 siung bawang merah
  • 2 buah cabai merah besar
  • 4 buah cabai rawit merah
  • 2 ruas kencur
3 dari 4 halaman

Cara Membuat Urap Sayur Agar Tidak Cepat Basi

  1. Rebus bayam, kacang panjang, wortel, kol, dan tauge secara terpisah hingga matang namun tetap renyah. Setelah itu, tiriskan dan sisihkan.
  2. Haluskan semua bahan bumbu halus menggunakan cobek atau blender.
  3. Panaskan sedikit minyak dalam wajan, kemudian tumis bumbu halus hingga harum.
  4. Tambahkan terasi ke dalam tumisan bumbu, jika menggunakan. Aduk rata dan masak hingga terasi matang.
  5. Masukkan kelapa parut ke dalam tumisan, lalu aduk rata dengan bumbu. Masak kelapa parut dengan api kecil hingga kering. Ini bertujuan untuk mengurangi kadar air agar urap tidak cepat basi.
  6. Tambahkan garam, gula, dan kaldu jamur. Aduk rata, lalu cicipi dan sesuaikan rasanya.
  7. Setelah kelapa parut matang dan bumbu sudah meresap, matikan api.
  8. Campurkan sayuran yang sudah direbus dengan kelapa parut bumbu. Aduk hingga semua sayuran tercampur rata dengan kelapa berbumbu.
  9. Pindahkan urap sayur ke piring saji dan hidangkan selagi segar.
4 dari 4 halaman

Tips Agar Urap Sayur Tidak Cepat Basi

  1. Mengeringkan Kelapa Parut: Pastikan kelapa parut dimasak hingga cukup kering. Proses ini akan mengurangi kadar air dalam kelapa, sehingga urap tidak cepat basi.
  2. Penyimpanan: Jika tidak langsung dihabiskan, simpan urap sayur dalam wadah kedap udara dan letakkan di dalam lemari es. Ini akan membantu urap sayur tetap segar lebih lama.
  3. Pisahkan Sayur dan Bumbu: Jika memungkinkan, simpan sayur dan bumbu kelapa parut secara terpisah. Campurkan keduanya saat akan disantap.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.