Sukses

Dua Kanguru Kabur dari Penjara dengan Gali Terowongan, Alasannya Bikin Heran

Dua kanguru berusaha kabur dari penjara Ceko melalui terowongan yang mereka gali sendiri.

Liputan6.com, Jakarta Baru-baru ini, peristiwa unik terjadi di Republik Ceko. Dua 'narapidana' berhasil melarikan diri dari penjara dengan menggali terowongan rahasia di bawah dinding fasilitas tersebut. Namun, ada sedikit yang berbeda. Para pelarian itu sama sekali bukan manusia. Mereka adalah kanguru.

Dilansir Liputan6.com dari Oddee, Senin (19/8/2024), dua ekor kanguru berhasil keluar dari kompleks penjara Ceko, tempat mereka menjadi bagian dari program peternakan hewan di penjara tersebut.

Salah satu hewan kembali ke penjara segera setelah melarikan diri, tetapi yang satunya melarikan diri. Namun, setelah seminggu bersembunyi, kanguru yang melarikan diri itu kembali juga.

Kanguru itu menyadari betapa sedikitnya makanan yang bisa dimakan di hutan Ceko. Kini, kedua hewan tersebut telah kembali ke penjara dan diberi makan dengan baik. Mereka telah kembali ke tugas sebelumnya yaitu membantu merehabilitasi narapidana menjelang akhir masa hukumannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gali terowongan di bawah pagar

Pelarian kanguru besar terjadi di dekat kota Jirice di Republik Ceko tengah. Di pinggiran desa terdapat penjara Jirice, sebuah fasilitas terbuka yang dapat menampung 32 tahanan.

Tepatnya pada tanggal 3 Agustus, keamanan penjara dihebohkan dengan dua ekor kanguru yang berhasil melepaskan diri dan kabur dari lokasi fasilitas penjara.

Menurut laporan, kanguru tersebut mampu menggali terowongan di bawah pagar kandang mereka. Para manajemen penjara pun terkejut dengan kemampuan menggali hewan-hewan tersebut seperti manusia. Namun, salah satu pelarian segera kembali ke balik jeruji besi.

Pihak penjara yakin, satu kanguru yang masih kabur akan bertahan untuk sementara waktu. Kanguru itu lepas dan menghilang ke dalam hutan di sekitar Jirice.

"Salah satu buronan sudah kembali ke penjara," kata juru bicara penjara Jirice, Marketa Prunerová, kepada TVP World. Namun, satu lagi masih buron.

3 dari 4 halaman

Seminggu dalam pelarian

Saat kanguru tersebut melarikan diri, penjara Jirice meminta penduduk setempat untuk melaporkan setiap penampakan hewan tersebut. Pada saat yang sama, mereka mengimbau masyarakat untuk menjauhi kanguru tersebut.

Pasalnya, binatang Australia yang memantul itu bisa saja melukai siapa pun saat melarikan diri. Kanguru bisa menjadi jahat meskipun mereka tidak sedang marah atau terancam nyawanya.

Selama seminggu berikutnya, tidak ada yang melihat jejak binatang itu. Akhirnya pada tanggal 10 Agustus, kanguru tersebut muncul kembali. Ia terlihat melompat kembali ke penjara di sepanjang jalan setempat.

Staf penjara mampu mengepung kanguru tersebut dengan jaring dan menangkapnya tanpa banyak kesulitan. Mereka segera menyadari mengapa kanguru itu kembali – kanguru malang itu kelaparan.

Ternyata, tidak banyak makanan yang bisa dimakan kanguru di hutan. Meski berat badannya turun, kanguru tersebut berada dalam kondisi baik dan diperkirakan akan pulih sepenuhnya.

4 dari 4 halaman

Rehabilitasi melalui kanguru

Meskipun mereka melakukan pembobolan penjara yang cukup rumit, kanguru tersebut bukanlah narapidana. Bahkan, mereka adalah bagian dari staf penjara.

Penjara Jirice dibuka pada tahun 2017 sebagai penjara terbuka eksperimental bagi narapidana dalam waktu satu setengah tahun setelah akhir masa hukuman mereka. Meski unik di Republik Ceko, penjara Jirice didasarkan pada model penjara Skandinavia.

Fasilitas tersebut tidak memiliki penjaga bersenjata atau jadwal harian yang ketat. Setiap narapidana mempunyai tugas sehari-hari, namun mereka bebas melakukannya sesuai keinginan mereka.

Dan di situlah peran kanguru. Penjara Jirice memiliki sebuah peternakan kecil di mana para narapidana dapat belajar keterampilan bertani dan beternak. Di peternakan, mereka memelihara berbagai macam hewan, termasuk hewan eksotik seperti kanguru dan beberapa llama.

Tujuan dari peternakan ini adalah untuk membuat narapidana yang memiliki manajemen amarah dan masalah lainnya terbiasa dengan kehidupan normal sebelum mereka dibebaskan. Pada akhirnya, program pertanian ini bertujuan untuk mengurangi tingkat kejahatan berulang, yang memang sangat tinggi di Republik Ceko.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.