Sukses

Mengenal Armenia, Negara Kaukasus yang Penuh Sejarah

Ketahui lebih dalam tentang sejarah dan budaya Armenia.

Liputan6.com, Jakarta Armenia, sebuah negara terkurung daratan yang terletak di kawasan Kaukasus, memiliki sejarah yang panjang dan kaya, bahkan lebih tua daripada banyak negara Eropa. Terletak di persimpangan antara Turki, Georgia, dan Azerbaijan, Armenia menawarkan latar belakang sejarah yang memikat dan penuh warna, mencerminkan pengaruh berbagai kekuatan besar yang pernah menguasainya.

Sejak meraih kemerdekaan dari Uni Soviet pada tahun 1991, Armenia telah terlibat dalam konflik yang berdarah dengan Azerbaijan, yang berfokus pada wilayah Nagorno-Karabakh yang mayoritas penduduknya adalah Armenia. Konflik ini mencerminkan ketegangan yang berakar dalam sejarah panjang negara tersebut, yang terus berlanjut hingga saat ini.

Sebagai salah satu peradaban Kristen paling awal, Armenia memiliki gereja-gereja yang didirikan sejak abad keempat. Sepanjang sejarahnya, negara ini mengalami berbagai perubahan kendali dari Kekaisaran Bizantium, Persia, Mongol, hingga Turki, dengan periode-periode kemerdekaan yang seringkali singkat. 

Ketahui lebih dalam tentang bagaimana Armenia menjalani perjalanan panjangnya hingga kini, yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, pada Senin (19/8).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Sejarah Terbentuknya Armenia

Armenia, yang secara resmi dikenal sebagai Republik Armenia, adalah sebuah negara terkurung daratan yang terletak di Dataran Tinggi Armenia di Asia Barat. Armenia merupakan bagian dari wilayah Kaukasus dan berbatasan dengan Turki di barat, Georgia di utara, Azerbaijan di timur, serta Iran dan enklave Azerbaijan Nakhchivan di selatan. Ibu kota dan kota terbesar Armenia adalah Yerevan, yang juga merupakan pusat keuangan negara.

Sebagai sebuah negara kesatuan dan demokrasi multipartai, Armenia memiliki warisan budaya yang sangat tua. Dataran Tinggi Armenia telah menjadi rumah bagi berbagai peradaban kuno seperti Hayasa-Azzi, Shupria, dan Nairi. Sekitar tahun 600 SM, bahasa Proto-Armenia, sebuah bahasa Indo-Eropa, telah menyebar ke wilayah Dataran Tinggi Armenia. Negara Armenia pertama, Urartu, didirikan pada tahun 860 SM dan digantikan oleh Satrapi Armenia pada abad ke-6 SM. Kerajaan Armenia mencapai puncaknya di bawah pemerintahan Tigranes Agung pada abad ke-1 SM dan pada tahun 301 M menjadi negara pertama di dunia yang mengadopsi Kristen sebagai agama resminya. Gereja Apostolik Armenia, yang merupakan gereja nasional tertua di dunia, masih diakui sebagai institusi keagamaan utama Armenia.

Selama berabad-abad, kerajaan Armenia kuno mengalami berbagai perubahan kekuasaan. Pada awal abad ke-5, wilayah Armenia terpecah antara Kekaisaran Bizantium dan Kekaisaran Sasaniyah. Pada abad ke-9, Dinasti Bagratuni memulihkan Kerajaan Armenia Bagratid, yang akhirnya runtuh pada tahun 1045. Cilicia Armenia, sebuah principality dan kemudian kerajaan Armenia, terletak di pesisir Laut Mediterania antara abad ke-11 dan ke-14. Pada periode antara abad ke-16 dan ke-19, tanah air tradisional Armenia, yang terdiri dari Armenia Timur dan Armenia Barat, berada di bawah kekuasaan Kekaisaran Ottoman dan Persia secara bergantian.

Pada abad ke-19, Armenia Timur dikuasai oleh Kekaisaran Rusia, sementara sebagian besar wilayah Armenia Barat tetap berada di bawah kekuasaan Ottoman. Selama Perang Dunia I, sekitar 1,5 juta orang Armenia yang tinggal di tanah leluhur mereka di Kekaisaran Ottoman mengalami pembantaian sistematis dalam genosida Armenia. Setelah Revolusi Rusia, Armenia menyatakan kemerdekaannya pada tahun 1918 dengan berdirinya Republik Armenia Pertama. Namun, pada tahun 1920, negara tersebut dimasukkan ke dalam Uni Soviet sebagai SSR Armenia. Republik Armenia modern meraih kemerdekaan pada tahun 1991, seiring dengan pembubaran Uni Soviet.

Saat ini, Armenia adalah negara berkembang yang menduduki peringkat ke-85 dalam Indeks Pembangunan Manusia (2021). Ekonomi Armenia didasarkan pada output industri dan ekstraksi mineral. Meskipun secara geografis terletak di Kaukasus Selatan, Armenia umumnya dianggap sebagai bagian dari Eropa dalam konteks geopolitiknya. Armenia memiliki hubungan erat dengan banyak organisasi Eropa, termasuk Organisasi untuk Keamanan dan Kerja Sama di Eropa, Dewan Eropa, Kemitraan Timur, Eurocontrol, Majelis Wilayah Eropa, dan Bank Pembangunan Eropa.

Armenia juga merupakan anggota berbagai kelompok regional di Eurasia, termasuk Bank Pembangunan Asia, Organisasi Perjanjian Keamanan Kolektif, Uni Ekonomi Eurasia, dan Bank Pembangunan Eurasia. Armenia mendukung Republik Artsakh (Nagorno-Karabakh) yang secara de facto independen, yang diproklamasikan pada tahun 1991 di wilayah yang secara internasional diakui sebagai bagian dari Azerbaijan, hingga pembubaran republik tersebut pada September 2023.

 

 

3 dari 5 halaman

Etymologi Nama Armenia

Nama asli Armenia dalam bahasa Armenia adalah Հայք (Hayk’), meskipun saat ini nama ini jarang digunakan. Nama yang lebih umum dipakai saat ini adalah Հայաստան (Hayastan), yang mulai populer pada Abad Pertengahan. Penambahan sufiks Persia "-stan" yang berarti "tempat" pada nama Hayastan menunjukkan pengaruh Persia dalam penamaan tersebut. Namun, asal-usul nama Hayastan dapat ditelusuri jauh lebih awal, pertama kali disebutkan sekitar abad ke-5 Masehi dalam karya-karya Agathangelos, Faustus dari Bizantium, Ghazar Parpetsi, Koryun, dan Sebeos.

Nama Armenia umumnya dikaitkan dengan Hayk (Հայկ), tokoh legendaris yang dianggap sebagai nenek moyang bangsa Armenia dan keturunan buyut Nabi Nuh. Menurut penulis abad ke-5 Masehi, Moses dari Chorene (Movsis Khorenatsi), Hayk dikatakan telah mengalahkan raja Babel, Bel, pada tahun 2492 SM dan mendirikan bangsa Armenia di wilayah Ararat. Namun, asal usul nama ini belum sepenuhnya jelas. Ada pula teori yang menyebut bahwa nama "Hay" mungkin berasal dari salah satu dari dua negara vasal Het yang bernama Ḫayaša-Azzi (1600–1200 SM).

Nama Armenia dalam bentuk eksogami pertama kali ditemukan dalam Prasasti Behistun yang ditulis dalam bahasa Persia Kuno pada tahun 515 SM sebagai Armina (𐎠𐎼𐎷𐎡𐎴). Istilah Yunani Kuno Ἀρμενία (Armenía) dan Ἀρμένιοι (Arménioi, "orang Armenia") pertama kali disebutkan oleh Hecataeus dari Miletus sekitar tahun 550–476 SM. Xenophon, seorang jenderal Yunani yang terlibat dalam beberapa ekspedisi Persia, menggambarkan banyak aspek kehidupan dan keramahan desa Armenia sekitar tahun 401 SM.

Beberapa sarjana menghubungkan nama Armenia dengan negara Armani (Armanum, Armi) pada Zaman Perunggu Awal atau negara Arme (Shupria) pada Zaman Perunggu Akhir. Namun, hubungan ini tidak dapat dipastikan karena bahasa yang digunakan di kerajaan-kerajaan tersebut belum diketahui dengan jelas. Meskipun terdapat kesepakatan bahwa Arme terletak di sebelah barat Danau Van (mungkin di sekitar Sason, dan oleh karena itu di wilayah Armenia yang lebih luas), lokasi situs Armani yang lebih tua masih menjadi perdebatan. Beberapa peneliti modern menempatkannya di dekat Samsat, dan mengusulkan bahwa daerah tersebut mungkin dihuni oleh kelompok orang yang berbicara bahasa Indo-Eropa awal.

Ada kemungkinan bahwa nama Armenia berasal dari Armini, istilah Urartian yang berarti "penghuni Arme" atau "negara Armean". Suku Arme dalam teks Urartian mungkin adalah Urumu, yang pada abad ke-12 SM mencoba menyerang Asiria dari utara bersama sekutunya, Mushki dan Kaskians. Urumu tampaknya menetap di sekitar Sason, memberikan nama mereka pada wilayah Arme dan tanah sekitar Urme dan Inner Urumu. Mengingat bahwa ini adalah nama eksogami, nama tersebut mungkin berarti "tanah kosong, hutan lebat", mirip dengan armutu (tanah kosong), armaḫḫu (semak belukar, hutan lebat), atau armāniš (pohon). Orang selatan menganggap hutan utara sebagai tempat tinggal hewan berbahaya.

Menurut sejarah yang ditulis oleh Moses dari Chorene dan Michael Chamchian, nama Armenia berasal dari nama Aram, keturunan Hayk. Dalam Alkitab Ibrani/Perjanjian Lama, Tabel Bangsa-bangsa mencantumkan Aram sebagai putra Sem, dan Kitab Jubileus menyatakan bahwa "Untuk Aram diberikan bagian keempat, seluruh tanah Mesopotamia antara Tigris dan Efrat di utara Kasdim hingga batas pegunungan Assyria dan tanah 'Arara'". Jubileus 8:21 juga menyebutkan bahwa Pegunungan Ararat diperuntukkan bagi Sem, yang dijelaskan lebih lanjut dalam Jubileus 9:5 sebagai bagian yang diberikan kepada Aram.

Sejarawan Flavius Yosefus juga menyatakan dalam karyanya "Antiquities of the Jews" bahwa Aram memiliki keturunan Aramites yang disebut orang Yunani sebagai orang Siria. Dari empat putra Aram, Uz mendirikan Trachonitis dan Damaskus, Ul mendirikan Armenia, Gather mendirikan Bactria, dan Mesa mendirikan Mesaneans, yang sekarang disebut Charax Spasini.

4 dari 5 halaman

Geografi Armenia

Gambar Satelit Wilayah Armenia (2003)

Armenia adalah negara yang terkurung daratan di kawasan Transkaukasus (Kaukasus Selatan), terletak di pegunungan Kaukasus Selatan dan dataran rendah sekitarnya, di antara Laut Hitam dan Laut Kaspia, serta di timur laut Dataran Tinggi Armenia. Terletak di Asia Barat, di Dataran Tinggi Armenia, Armenia berbatasan dengan Turki di sebelah barat, Georgia di utara, koridor Lachin yang merupakan bagian dari Distrik Lachin dan berada di bawah kendali pasukan penjaga perdamaian Rusia di timur, serta Iran dan eksklave Azerbaijan Nakhchivan di selatan. Armenia terletak antara lintang 38° dan 42° U, dan bujur 43° dan 47° T. Negara ini memiliki dua eko-wilayah terestrial: Hutan Campuran Kaukasus dan Stepa Montane Anatolia Timur.

Topografi

Armenia memiliki luas wilayah sebesar 29.743 kilometer persegi. Topografi Armenia didominasi oleh pegunungan dan aktivitas vulkanik. Dengan medan yang sebagian besar berbukit dan berlereng, serta sedikit hutan, Armenia memiliki elevasi rata-rata yang cukup tinggi, dengan titik tertingginya mencapai 4.090 meter di atas permukaan laut di Gunung Aragats, dan tidak ada titik yang berada di bawah 390 meter di atas permukaan laut. Elevasi rata-rata negara ini termasuk salah satu yang tertinggi di dunia, dengan 85,9% dari wilayahnya berupa area pegunungan, lebih tinggi dibandingkan dengan Swiss atau Nepal.

Gunung Ararat, yang secara historis merupakan bagian dari Armenia, merupakan gunung tertinggi di wilayah tersebut dengan ketinggian 5.137 meter. Meskipun kini terletak di Turki, gunung ini jelas terlihat dari Armenia dan dianggap sebagai simbol tanah Armenia. Karena alasan ini, gunung tersebut juga tampil di lambang nasional Armenia saat ini.

Iklim

Iklim Armenia secara umum tergolong iklim kontinental dataran tinggi. Musim panas di Armenia panas, kering, dan cerah, berlangsung dari Juni hingga pertengahan September, dengan suhu berkisar antara 22 hingga 36°C. Namun, tingkat kelembapan yang rendah mengurangi dampak suhu tinggi. Angin sepoi-sepoi yang bertiup dari pegunungan memberikan efek penyegaran dan pendinginan yang menyenangkan. Musim semi di Armenia relatif singkat, sedangkan musim gugur panjang dan dikenal dengan dedaunan yang cerah dan berwarna-warni.

Musim dingin di Armenia cukup dingin dengan salju yang melimpah, dengan suhu berkisar antara −10 hingga −5°C. Para penggemar olahraga musim dingin menikmati bermain ski di bukit-bukit Tsaghkadzor, yang terletak sekitar 30 menit dari Yerevan. Danau Sevan, yang terletak di dataran tinggi Armenia, adalah danau terbesar kedua di dunia jika dibandingkan dengan ketinggiannya, yaitu 1.900 meter di atas permukaan laut.

Lingkungan

Pada tahun 2018, Armenia menduduki peringkat ke-63 dari 180 negara dalam Indeks Kinerja Lingkungan (EPI). Peringkat Armenia dalam sub-indeks Kesehatan Lingkungan, yang memiliki bobot 40% dalam EPI, adalah 109, sedangkan peringkat Armenia dalam sub-indeks Vitalitas Ekosistem, yang memiliki bobot 60% dalam EPI, adalah yang ke-27 terbaik di dunia. Hal ini menunjukkan bahwa masalah lingkungan utama di Armenia terkait dengan kesehatan populasi, sementara vitalitas lingkungan menjadi perhatian yang lebih kecil. Dari sub-subindeks yang menyumbang peringkat Kesehatan Lingkungan, kualitas udara yang terpapar oleh populasi sangat tidak memuaskan.

Manajemen sampah di Armenia masih kurang berkembang, karena tidak ada pemilahan atau daur ulang yang dilakukan di 60 tempat pembuangan akhir sampah di Armenia. Sebuah pabrik pengolahan sampah direncanakan akan dibangun di dekat kota Hrazdan, yang akan memungkinkan penutupan 10 tempat pembuangan sampah.

Meskipun Armenia memiliki sumber energi terbarukan yang melimpah, terutama tenaga hidroelektrik dan angin, dan ada seruan dari pejabat Uni Eropa untuk menutup pembangkit listrik tenaga nuklir di Metsamor, Pemerintah Armenia sedang menjajaki kemungkinan pemasangan reaktor nuklir modular kecil baru. Pada tahun 2018, pembangkit nuklir yang ada dijadwalkan untuk dimodernisasi guna meningkatkan keselamatannya dan meningkatkan produksi energi sekitar 10%.

5 dari 5 halaman

Budaya Armenia

Arsitektur

Arsitektur Armenia dirancang dengan mempertimbangkan risiko gempa bumi, menghasilkan bangunan yang umumnya rendah dan dinding tebal. Karena Armenia memiliki banyak batu dan sedikit hutan, batu menjadi bahan utama untuk bangunan besar, sementara bangunan kecil sering dibuat dari bahan yang lebih ringan. Contoh arsitektur bersejarah Armenia termasuk Katedral Zvartnots (643–652), yang merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO.

Musik dan Tari

Musik Armenia merupakan campuran dari musik rakyat asli, musik pop ringan, dan musik Kristen yang luas. Instrumen tradisional seperti duduk, dhol, zurna, dan kanun sering ditemukan dalam musik rakyat Armenia. Musisi terkenal seperti Sayat Nova dan Djivan Gasparyan, serta komposer klasik seperti Aram Khatchaturian, telah memberikan kontribusi besar. Komunitas diaspora Armenia, terutama di Amerika Serikat, populer dengan musik tari "kef" yang menggabungkan instrumen rakyat Armenia dengan musik Timur Tengah dan Barat.

Seni

Seni Armenia memiliki sejarah yang panjang, dengan pasar seni seperti Vernissage di Yerevan yang menjual kerajinan tangan, karpet, dan barang-barang seni lainnya. Museum Nasional Seni di Yerevan menyimpan lebih dari 16.000 karya seni dari Abad Pertengahan, serta karya seni Eropa. Selain itu, banyak galeri pribadi di Yerevan yang menampilkan pameran seni kontemporer.

Media

Media Armenia terdiri dari televisi, majalah, dan surat kabar yang dioperasikan oleh perusahaan milik negara dan swasta. Konstitusi Armenia menjamin kebebasan berbicara, dan peringkat kebebasan pers Armenia meningkat setelah Revolusi Velvet 2018. Namun, masalah seperti perundungan hukum terhadap jurnalis dan kekhawatiran mengenai transparansi kepemilikan media masih menjadi perhatian.

Sinema

Sinema Armenia dimulai pada 16 April 1923 dengan pendirian Komite Sinema Negara Armenia oleh pemerintah Soviet Armenia. Film pertama Armenia, "Haykakan Sinema," diproduksi pada tahun 1912 di Kairo. Studio film pertama, Armenfilm, didirikan di Yerevan pada tahun 1924. Film pertama yang disuarakan adalah "Pepo" yang disutradarai oleh Hamo Beknazarian pada tahun 1935.

Kuliner

Masakan Armenia dipengaruhi oleh masakan Timur Tengah dan Mediterania, dengan ciri khas penggunaan bahan berkualitas tinggi, rempah-rempah, dan herba. Pomegranate dan aprikot adalah simbol penting dalam masakan Armenia.

Olahraga

Armenia memiliki beragam olahraga populer, termasuk gulat, angkat berat, judo, sepak bola, catur, dan tinju. Negara ini juga aktif dalam olahraga internasional, termasuk sebagai anggota UEFA dan IIHF. Armenia berpartisipasi dalam Olimpiade Musim Panas dan Musim Dingin, dengan pencapaian signifikan dalam angkat berat, gulat, dan catur. Sepak bola juga populer, dengan tim FC Ararat Yerevan yang sukses pada 1970-an dan pemain sepak bola terkenal seperti Henrikh Mkhitaryan.

Armenia juga berinvestasi dalam infrastruktur olahraga, dengan renovasi sekolah olahraga Soviet dan pengembangan fasilitas olahraga musim dingin untuk meningkatkan performa di kompetisi internasional.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.