Sukses

Tanpa Perlu Kulkas, Intip 3 Cara Menyimpan Es Batu Agar Tetap Awet dan Tak Cepat Cair

Menyimpan es batu di termos merupakan solusi praktis untuk menjaga kesegaran minuman Anda.

Liputan6.com, Jakarta Saat beraktivitas di luar rumah, seperti piknik atau berjualan, menjaga es batu tetap beku bisa menjadi tantangan, terutama jika tidak ada akses ke kulkas. Menyimpan es batu di termos merupakan solusi praktis untuk menjaga kesegaran minuman Anda. Namun, banyak orang mengalami kesulitan karena es batu cepat mencair.

Untuk mengatasi masalah ini, pemilik akun TikTok @nuryanto.ayojualan membagikan beberapa trik jitu yang bisa Anda praktikkan. Dengan mengikuti langkah-langkah sederhana ini, es batu Anda bisa tetap beku lebih lama, bahkan hingga seharian penuh. Dalam video TikTok-nya yang viral, Nuryanto menjelaskan cara-cara efektif untuk menjaga es batu agar tidak cepat mencair saat disimpan di termos.

Langkah pertama adalah memastikan air es batu yang sudah mencair dibuang secara teratur, sementara langkah kedua adalah menjaga tutup termos tetap tertutup rapat. Nuryanto juga memberikan saran tambahan tentang pentingnya menggunakan kulkas jika tersedia. Berikut adalah panduan lengkap dari Nuryanto untuk menyimpan es batu di termos dengan cara yang tepat yang dirangkum Liputan6.com pada Selasa (20/08/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Pisahkan Air Es Batu yang Meleleh

Menurut Nuryanto, hal pertama yang harus dilakukan adalah segera membuang air es batu yang sudah mencair dari dalam termos. "Yang paling penting, selalu buang airnya secara teratur, jangan sampai banyak airnya di dalam box esnya.

Kalau terlalu banyak dia akan cepat mencair," tegas Nuryanto dalam video TikTok-nya yang dikutip BrilioFood pada Sabtu, 17 Agustus 2024. Air yang menggenang di dalam termos bisa mempercepat proses pencairan es batu yang tersisa. 

3 dari 4 halaman

2. Hindari Membuka Tutup Termos Terlalu Lama

Langkah kedua adalah menjaga tutup termos tetap tertutup rapat. Hanya buka tutup termos saat Anda mengambil es batu. Nuryanto mengingatkan, "Udara atau angin dari luar termos akan mempercepat proses pencairan es batu."

Dengan menjaga tutup termos tetap tertutup, es batu akan tetap beku lebih lama. 

4 dari 4 halaman

3. Gunakan Kulkas Jika Tersedia

Jika Anda memiliki akses ke kulkas, baik freezer ataupun chiller, Nuryanto menyarankan untuk menyimpan es batu di dalam kulkas untuk menjaga suhu dinginnya tetap stabil.

"Trik-trik tersebut bisa dipraktikan saat tidak tersedia kulkas. Namun, jika terdapat kulkas, saya memilih tetap menyimpan es batunya di dalam kulkas saja," ungkapnya.

Dengan mengikuti trik-trik ini, es batu Anda akan tetap beku lebih lama di dalam termos, meski tanpa kulkas. Jadi, Anda bisa tetap menikmati minuman dingin kapan saja, baik saat berjualan maupun saat beraktivitas di luar rumah.

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.