Sukses

4 Gejala Sakit Kepala yang Harus Diwaspadai dan Tidak Boleh Diabaikan

Sakit kepala merupakan masalah yang umum dialami oleh banyak orang. Meskipun demikian, terdapat beberapa gejala yang menyertainya yang harus diperhatikan.

Liputan6.com, Jakarta Sakit kepala merupakan salah satu keluhan kesehatan yang paling sering dialami oleh banyak orang. Hampir setiap individu pada suatu titik dalam hidup mereka pasti pernah merasakan sakit kepala. Walaupun sebagian besar jenis sakit kepala tidak berbahaya dan dapat diatasi dengan obat penghilang rasa sakit yang tersedia di pasaran, ada beberapa gejala yang menyertai sakit kepala yang patut diperhatikan dengan serius.

Mengapa demikian? Karena gejala-gejala tertentu bisa menjadi indikasi adanya masalah kesehatan yang lebih serius dan memerlukan penanganan yang tepat dan segera.

Seringkali, sakit kepala dianggap sebagai masalah sepele yang bisa hilang dengan sendirinya atau dengan bantuan obat-obatan ringan. Namun, tidak semua sakit kepala sama, dan beberapa di antaranya bisa menjadi tanda dari kondisi medis yang lebih mengkhawatirkan. Oleh karena itu, penting untuk mengenali gejala-gejala sakit kepala yang tidak boleh diabaikan. Mengetahui tanda-tanda ini dapat membantu anda untuk segera mencari bantuan medis dan mencegah kemungkinan komplikasi yang lebih parah.

Dalam artikel ini, akan membahas beberapa gejala sakit kepala yang sebaiknya tidak diabaikan dan perlu diwaspadai. Memahami gejala-gejala ini dapat membantu lebih waspada terhadap kondisi kesehatan diri sendiri dan orang-orang di sekitar anda, dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (20/8/2024)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Nyeri Kepala yang Mendadak

Apabila kamu merasakan sakit kepala yang mendadak dan sangat hebat, hal ini bisa menjadi indikasi adanya aneurisma atau perdarahan di otak. Jenis sakit kepala ini sering kali diungkapkan sebagai sakit kepala terburuk yang pernah dialami dan memerlukan penanganan medis segera. Jangan ragu untuk mencari bantuan medis jika mengalami sakit kepala seperti ini, terutama jika kejadian tersebut tidak hanya sekali atau dua kali saja.  

3 dari 5 halaman

2. Nyeri Kepala yang Semakin Parah Ketika Melakukan Aktivitas

Jika sakit kepala yang kamu alami semakin parah saat melakukan aktivitas fisik atau saat mengubah posisi tubuh, hal ini bisa menjadi indikasi adanya masalah pada tekanan intrakranial atau kemungkinan tumor otak. Apabila kamu merasakan gejala tersebut, sangat disarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter. Jangan anggap remeh sakit kepala yang disertai gejala ini.

 

4 dari 5 halaman

3. Nyeri Kepala yang Tidak Juga Mereda

Apabila kamu merasakan sakit kepala yang tidak kunjung reda meskipun telah mengonsumsi obat pereda nyeri, hal ini mungkin mengindikasikan adanya masalah yang lebih serius. Sakit kepala yang terus-menerus perlu mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut dari tenaga medis profesional.

 

5 dari 5 halaman

4. Nyeri Kepala Usai Mengalami Cedera di Bagian Kepala

Apabila kamu merasakan sakit kepala setelah mengalami cedera pada kepala, hal ini bisa jadi merupakan indikasi adanya gegar otak atau kemungkinan perdarahan di otak. Sakit kepala yang muncul dalam situasi ini memerlukan perhatian medis segera untuk menghindari komplikasi yang lebih serius. Penting untuk tidak mengabaikan sakit kepala yang timbul setelah cedera kepala. Perhatikan dengan seksama kondisi ini agar masalah kesehatan yang lebih serius bisa segera ditangani.

Sementara sebagian besar sakit kepala tidak berbahaya, terdapat beberapa gejala yang perlu diperhatikan karena bisa menjadi pertanda adanya kondisi medis yang lebih serius. Jika kamu mengalami salah satu gejala tersebut, sebaiknya segera mencari pertolongan medis. Jangan sepelekan tanda-tanda ini, karena penanganan yang cepat dapat mencegah komplikasi yang lebih parah dan meningkatkan kemungkinan pemulihan yang lebih baik. Semoga informasi ini bermanfaat.

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.