Sukses

7 Tindakan ini Bisa Membuat Pasangan Tidak Lagi Menghargaimu, Sepele Tapi Merugikan

Ada sejumlah sikap yang dapat membuatmu merasa kurang dihargai oleh pasangan yang berpotensi membuatmu kehilangan cinta dan kasih sayangnya.

Liputan6.com, Jakarta Hubungan yang harmonis dan bahagia dibangun atas dasar saling menghargai antara kedua individu. Namun, tanpa kita sadari, beberapa perilaku tertentu dapat merusak fondasi ini dan menyebabkan pasangan kehilangan rasa hormat.

Ada sejumlah sikap yang dapat membuatmu merasa kurang dihargai oleh pasangan. Hal yang lebih mengkhawatirkan, hal ini bisa berpotensi membuat pasangan kehilangan cinta dan kasih sayangnya padamu di masa mendatang.

Apa saja sikap yang membuatmu tak dihargai oleh pasangan? Tanpa berbasa-basi lagi, berikut penjelasan selengkapnya sebagaimana dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber pada Rabu (21/8/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Kurangnya Komunikasi yang Efektif

Komunikasi adalah kunci dalam setiap hubungan. Ketika kita tidak berbicara secara terbuka dan jujur, atau malah memilih diam saat ada masalah, pasanganmu mungkin merasa diabaikan atau tidak penting. Menghindari percakapan yang sulit hanya akan memperburuk situasi.

Cobalah untuk selalu berkomunikasi secara terbuka dan mendengarkan dengan empati. Kamu yang kurang bisa memiliki komunikasi efektif dengan pasangan, rentan membuat pasangan kurang menghargaimu. 

3 dari 8 halaman

2. Mengabaikan Perasaan Pasangan

Ketika kamu mungkin tidak memperhatikan atau meremehkan perasaan pasangan, hal ini bisa membuat mereka merasa tidak dihargai. Validasi perasaan mereka dan tunjukkan bahwa kamu peduli. Sebuah hubungan yang sehat membutuhkan saling pengertian dan dukungan emosional. Pasangan yang merasa tidak dihargai, ia pun cenderung kurang menghargaimu. 

4 dari 8 halaman

3. Egois dan Tidak Fleksibel

Sikap egois, di mana kamu hanya memikirkan kebutuhan dan keinginan sendiri tanpa mempertimbangkan pasangan, bisa sangat merusak hubungan. Selain itu, ketidakmampuan untuk berkompromi atau bersikap fleksibel dalam menghadapi perbedaan juga bisa membuat pasangan merasa tidak dihargai. Cobalah untuk lebih terbuka dan bersedia berkompromi demi kebaikan bersama. Sama seperti sebelumnya, saat pasangan merasa tak dihargai, ia pun akan enggan untuk menghargai. 

5 dari 8 halaman

4. Kurangnya Apresiasi dan Menganggap Remeh

Menganggap remeh segala hal yang dilakukan pasangan bisa membuat mereka merasa tidak dihargai. Pasangan yang tak mendapat apresiasi dan dukungan yang baik, ia pun akan cukup enggan untuk mendukung balik. Penting untuk selalu menunjukkan apresiasi dan rasa terima kasih atas usaha dan kebaikan mereka. Hal ini bisa memperkuat ikatan dan membuat pasangan merasa dihargai. 

6 dari 8 halaman

5. Terlalu Mengontrol atau Mengendalikan

Sikap mengontrol atau terlalu mengendalikan juga dominan dalam hubungan, bisa membuat pasangan merasa tertekan dan tidak bebas. Pasangan yang merasa dirinya terlalu dikekang, akan cukup enggan menghargai pun menghormatimu.

Perlu diketahui, setiap individu membutuhkan ruang untuk menjadi diri mereka sendiri. Termasuk pasanganmu. Jadi, usahakan untuk memberikan pasangan kebebasan dan kepercayaan dalam setiap pembuatan keputusan. 

7 dari 8 halaman

6. Tidak Jujur

Kejujuran adalah fondasi dari kepercayaan dalam hubungan. Ketika kita tidak jujur atau menyembunyikan sesuatu dari pasangan, hal ini bisa merusak kepercayaan dan rasa hormat. Kamu yang sering kali berbohong atau tidak jujur, ini rentan membuat tak lagi dihargai. Ini juga membuatmu tak lagi dipercaya oleh pasangan. Usahakan selalu untuk bersikap jujur dan transparan dalam setiap aspek hubungan.

8 dari 8 halaman

7. Mengabaikan Masalah atau Konflik

Menghindari masalah atau konflik dan tidak berusaha menyelesaikannya dapat menciptakan ketegangan dan ketidakpuasan. Mengabaikan masalah yang ada alih-alih mencari solusi dapat membuat pasangan merasa tidak dihargai dan tidak dianggap serius.

Menjaga rasa saling menghargai dalam hubungan memerlukan usaha dari kedua belah pihak. Dengan menghindari sikap-sikap di atas dan berusaha untuk selalu mendukung dan memahami pasangan, kamu bisa membangun hubungan yang lebih harmonis dan penuh kasih sayang. Kamu juga bisa menjadi pribadi yang lebih dihargai, dihormati pun dicintai ke depannya. Semoga informasi ini bermanfaat.  

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.