Sukses

Sudah Pakai Makeup dengan SPF, Apakah Masih Perlu Gunakan Sunscreen? Ini Faktanya!

Meskipun telah memakai makeup yang mengandung SPF, tetap penting untuk menggunakan sunscreen secara terpisah. Inilah alasannya!

Liputan6.com, Jakarta Pemakaian sunscreen sangatlah penting untuk melindungi kulit dari dampak buruk radiasi sinar matahari. Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa radiasi sinar ultraviolet dapat memberikan efek negatif terhadap kesehatan kulit kamu.

Berbagai masalah kulit seperti terbakar, hiperpigmentasi, hingga penuaan dini dapat terjadi jika kamu tidak melindungi kulit dengan baik, terutama bagi mereka yang sering beraktivitas di luar ruangan.

Untuk memenuhi kebutuhan perlindungan maksimal dari sinar UV, kini hadir berbagai produk makeup yang mengandung sun protection factor (SPF). Produk-produk seperti foundation, BB cushion, primer, hingga lipstik kini diperkaya dengan formula SPF. Namun, muncul pertanyaann seperti jika sudah menggunakan produk makeup yang mengandung SPF, apakah masih perlu memakai sunscreen?

Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini yang dilansir oleh Liputan6.com dari berbagai sumber pada Kamis (22/08/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. SPF dalam makeup belum optimal melindungi kulit

Apakah kamu sering melewatkan penggunaan sunscreen dan langsung memakai makeup? Ternyata, kebiasaan ini tidak baik, lho! Meskipun kini banyak produk makeup yang dilengkapi dengan SPF tinggi, bahkan hingga SPF 50, sunscreen tetap wajib digunakan.

Kenapa begitu? Meskipun makeup dengan SPF tinggi sudah banyak tersedia, produk-produk tersebut biasanya hanya diaplikasikan dalam jumlah sedikit. Contohnya, foundation yang hanya digunakan 2-3 tetes atau BB cushion yang dioleskan secukupnya saja. Jika diaplikasikan terlalu tebal, makeup tidak akan bisa menyatu dengan baik di kulit. Akibatnya, kandungan SPF yang diserap kulit pun berkurang, sehingga tidak memberikan perlindungan yang optimal.

3 dari 4 halaman

2. Pakai sunscreen sebanyak 2 ruas jari Itu wajib

Untuk memberikan perlindungan ekstra bagi kulit dari sinar UV, penggunaan sunscreen tetap wajib dilakukan. Pastikan untuk mengaplikasikan sunscreen secara terpisah sebanyak dua ruas jari agar kulit mendapatkan perlindungan optimal. Pilihlah produk yang sesuai dengan jenis kulitmu untuk menghindari masalah lain seperti kulit berminyak, berjerawat, atau munculnya komedo.

Lalu, apakah kandungan SPF dalam produk makeup menjadi tidak berguna? Tentu saja tidak. SPF dalam produk makeup tetap penting sebagai lapisan perlindungan tambahan. Dengan perlindungan ganda dari sunscreen dan produk riasan yang kamu gunakan, diharapkan kulitmu akan semakin terlindungi secara maksimal.

4 dari 4 halaman

3. Urutan pemakaian sunscreen yang tepat

Apakah Anda sudah menyadari betapa pentingnya penggunaan sunscreen secara terpisah dalam rutinitas makeup sehari-hari? Langkah berikutnya yang perlu Anda pahami adalah urutan pemakaian yang benar untuk memberikan perlindungan maksimal sekaligus membuat riasan tampak sempurna.

Setelah membersihkan wajah, mulailah dengan toner, serum, dan pelembap untuk mempersiapkan kulit Anda. Pastikan Anda memberikan jeda 1-2 menit setelah mengaplikasikan setiap produk agar formulanya dapat terserap dengan baik oleh kulit.

Langkah selanjutnya adalah penggunaan sunscreen sebanyak dua ruas jari. Aplikasikan ruas pertama, ratakan hingga merata, dan tunggu sekitar 1-2 menit. Lalu, lanjutkan dengan mengaplikasikan ruas kedua. Setelah sunscreen benar-benar terserap oleh kulit, Anda bisa melanjutkan rutinitas makeup seperti biasa, dimulai dari primer, foundation, hingga produk makeup lainnya.

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.