Sukses

Mengulas Tuntas Tentang Pentingnya Periksa Mata Anak sejak Dini, Pantang Disepelekan

Perhatikan di sini betapa pentingnya melakukan pemeriksaan mata pada anak sejak usia dini untuk mencegah masalah penglihatan di kemudian hari.

Liputan6.com, Jakarta Belakangan ini, kamu mungkin semakin sering melihat banyak anak yang memakai kacamata. Penting diperhatikan bahwa memeriksakan mata anak secara rutin, walaupun tidak ada keluhan, harus diprioritaskan para orang tua.

Anak seringkali belum menyadari adanya gangguan penglihatan pada matanya dan belum bisa mengungkapkannya pada orangtua. Pemeriksaan mata anak adalah penilaian yang dilakukan dokter mata pediatrik atau dokter spesialis mata anak.

Artikel ini akan membahas secara mendalam mengenai alasan-alasan mengapa pemeriksaan mata anak sangat penting dilakukan dan kapan waktu yang tepat dalam pelaksanaannya. Berikut penjelasan selengkapnya sebagaimana dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber pada Kamis (22/8/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1. Pentingnya memeriksa mata anak

Pemeriksaan mata sejak dini sangat penting dilakukan untuk memastikan mata anak sehat dan tidak memiliki masalah penglihatan yang bisa mengganggu dan berpotensi memengaruhi kesehatan anak. Memeriksa mata anak sejak dini menjadi penting dilakukan karena anak membutuhkan penglihatan yang tajam di semua jarak, koordinasi kedua mata yang akurat, dan gerakan bola mata yang baik ke segala arah.

3 dari 3 halaman

2. Kapan sebaiknya pemeriksaan mata anak dilakukan?

Anak sebaiknya diperiksakan atanya secara rutin sejak usia 6 bulan. Mata anak harus diperiksa lagi pada usia 3 dan usia pra sekolah, yaitu usia 5 atau 6 tahun. Anak usia sekolah harus menjalani pemeriksaan mata setidaknya setiap tahun jika tidak diperlukan koreksi penglihatan. Sedangkan anak yang membutuhkan kacamata harus diperiksakan setiap 6 bulan sekali atau seperti yang direkomendasikan oleh dokter mata.

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.