Sukses

4 Langkah Sederhana Membuat Obat Pengusir Semut dari 2 Bahan Dapur

Metode efektif untuk mengusir semut di rumah menggunakan campuran sederhana dari garam dan lada, praktis dan berfungsi dengan baik.

Liputan6.com, Jakarta Semut yang bersarang di sudut-sudut rumah sering kali menjadi masalah yang mengganggu. Selain dapat mencemari makanan yang ditinggalkan di atas meja, beberapa jenis semut juga mampu menggigit kulit dan memicu reaksi alergi. Metode pembuatan ramuan ini tidak hanya ramah lingkungan, tetapi juga lebih ekonomis daripada membeli produk pengusir semut di toko.

Oleh karena itu, banyak orang merasa perlu untuk segera menyingkirkan mereka dengan berbagai obat. Meskipun semprotan pengusir serangga sering kali menjadi pilihan utama, cara ini kadang-kadang tidak cukup efektif. Namun, ada alternatif yang bisa dicoba di rumah dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan di dapur.

Pemilik akun YouTube "Ide Kreatif Channel" memberikan solusi yang praktis dan efektif untuk mengusir semut hanya dengan memanfaatkan dua bumbu dapur. Dalam salah satu video yang diunggahnya, ia menjelaskan langkah-langkah pembuatan ramuan ini yang dapat dilakukan oleh siapa saja di rumah. Berikut adalah cara dan bahan yang dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, Jum'at (23/8/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Perlengkapan dan Bahan yang Diperlukan

Sebelum Anda mulai, pastikan telah menyiapkan beberapa alat dan bahan yang diperlukan. Gunakan cobek dan ulekan sebagai peralatan utama untuk mengolah bumbu. Bahan yang diperlukan sangat mudah, yaitu garam dan biji lada. Kedua bumbu ini akan menjadi elemen utama dalam campuran untuk mengusir semut.

3 dari 6 halaman

1. Menghaluskan Rempah-rempah.

Untuk memulai pembuatan ramuan ini, langkah pertama adalah menghaluskan garam dan lada. Kedua bumbu tersebut perlu dimasukkan ke dalam cobek yang telah disiapkan sebelumnya. Ulek bumbu hingga halus dan tercampur dengan baik. Tahapan ini sangat penting agar bumbu dapat larut dengan sempurna dalam air pada langkah selanjutnya.

4 dari 6 halaman

2. Mencairkan Bumbu Ramuan.

Setelah bumbu dihaluskan, tuangkan garam dan lada ke dalam gelas yang berisi air bersih. Aduk campuran tersebut hingga kedua bahan larut sepenuhnya. Kemudian, saring larutan itu dan tuangkan ke dalam botol semprot. Botol semprot ini akan memudahkan Anda untuk menyemprotkan ramuan ke area yang diinginkan.

5 dari 6 halaman

3. Menyiapkan Tempat untuk Penyemprotan

Sebelum menggunakan ramuan semprot, Anda dapat melakukan langkah tambahan untuk menarik semut keluar dari persembunyiannya. Sebarkan gula pasir di sekitar lokasi yang sering dijadikan sarang oleh semut. "Gula merah juga bisa digunakan untuk menarik semua semut keluar," kata pemilik akun YouTube "Ide Kreatif Channel", seperti yang dilansir dari BrilioFood.

6 dari 6 halaman

4. Menggunakan Semprotan Ramuan.

Setelah semut-semut berkumpul di lokasi yang telah ditaburi gula, saatnya untuk menyemprotkan campuran lada dan garam yang telah disiapkan. Pemilik kanal tersebut menyatakan bahwa semut tidak menyukai rasa dan aroma dari campuran ini, sehingga mereka akan meninggalkan tempat tersebut secara alami.

Dengan metode yang sederhana dan bahan yang mudah diakses, campuran ini bisa menjadi solusi yang efektif untuk mengusir semut dari rumah tanpa perlu menggunakan bahan kimia berbahaya. Jadi, bagi Anda yang mencari alternatif, cara ini layak untuk dicoba.

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.