Sukses

Heboh Muncul Penampakan 7 Matahari di Langit China, Ini Komentar Ahli

Penampakan 7 cahaya matahari di China bikin heboh

Liputan6.com, Jakarta Rahasia alam semesta hanya sedikit sekali diketahui manusia. Meski banyak penelitian dilakukan, fenomena di langit tetap memicu kontroversi. Seperti penampakan aneh di langit China yang memperlihatkan tujuh matahari bersinar serentak.

Dilansir Liputan6.com dari Dim Sun Daily HK, Jumat (23/8/2024) Fenomena aneh tersebut terjadi di langit Chengdu, China, pada 18 Agustus lalu. Masyarakat dibuat tercengang saat melihat penampakan 7 matahari di langit. Video fenomena itu viral di media sosial China, Weibo, dan ramai dibahas.

Salah satu saksi mata berhasil merekam kejadian ini, memperlihatkan tujuh matahari yang bervariasi dalam intensitas cahaya dan suhu warna. Ada yang tampak terang, ada juga yang tampak redup di balik awan. Momen langka ini berlangsung hanya sekitar satu menit.

Para ilmuwan menjelaskan bahwa fenomena ini bukanlah keajaiban atau sesuatu yang mistis. Ilusi optik tersebut disebabkan oleh pembiasan dan pantulan cahaya melalui lapisan kaca berlapis. Pengaruh sudut pandang juga mempengaruhi jumlah bayangan yang terlihat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Teori Ilmiah Penampakan 7 Matahari

Fenomena aneh penampakan tujuh matahari di langit China mengejutkan banyak orang. Namun, para ilmuwan memastikan bahwa ini hanyalah ilusi optik. Melansir dari Dim Sun Daily HK, fenomena ini terjadi akibat pembiasan dan pemantulan cahaya.

Zeng Yang, Wakil Presiden Masyarakat Astronomi Amatir Sichuan, menjelaskan bahwa fenomena ini muncul karena kaca berlapis di sekitar lokasi. Setiap lapisan kaca menciptakan bayangan virtual dari matahari asli. 

"Jumlah bayangan bisa bervariasi tergantung sudut pandang," ungkap Zeng.

Fenomena ini bukanlah yang pertama kali terjadi. Ilmuwan menekankan bahwa fenomena serupa sering terlihat di berbagai tempat. Penyebabnya selalu sama, yakni interaksi cahaya dengan benda-benda tertentu di atmosfer atau lingkungan sekitar.

3 dari 3 halaman

Penampakan 9 Pilar Cahaya di Jepang

Penampakan cahaya aneh di langit juga terjadi di Jepang pada 11 Mei lalu. Warga dikejutkan oleh sembilan cahaya terang yang menghiasi langit malam. Fenomena ini langsung viral di dunia maya, memunculkan berbagai spekulasi.

Sebagian masyarakat menduga bahwa cahaya tersebut terkait dengan aktivitas alien atau bencana alam yang akan terjadi. Melansir dari Newsweek, fenomena itu sebenarnya berasal dari cahaya perahu nelayan yang terpantul dan terbias di udara dingin.

Fenomena ini dikenal dengan sebutan 'isaribi kochu', kondisi atmosfer yang mempengaruhi bagaimana cahaya terlihat dari daratan. Fenomena ini telah beberapa kali dilaporkan oleh penduduk setempat dan dianggap sebagai fenomena yang umum terjadi di daerah tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.