Sukses

Resep Goreng Garem Kacang Khas Betawi, Pilihan Hidangan yang Enak dan Gurih

Goreng garem adalah bawang merah goreng yang dibumbui kemudian bisa digunakan untuk sambal, taburan di atas nasi atau bahkan lauk makan.

Liputan6.com, Jakarta Tidak banyak yang familiar dengan nama makanan goreng garem, karena kuliner unik ini berasal dari suku Betawi. Goreng garem adalah bawang merah goreng yang dibumbui kemudian bisa digunakan untuk sambal, taburan di atas nasi atau bahkan lauk makan. Bisa juga ditambahkan bahan lain seperti teri, ikan asin suwir atau kacang tanah goreng.

Resep oreng garem kacang ini juga sangat mudah untuk dibuat di rumah, bahkan oleh pemula sekalipun. Prosesnya tidak memerlukan teknik yang rumit dan bahan-bahannya bisa ditemukan dengan mudah di pasar atau toko bahan makanan.

Dengan mengikuti langkah-langkah sederhana dalam resep ini, Anda bisa menikmati makanan yang lezat dan sehat, yang dapat dinikmati kapan saja. Goreng garem kacang juga dapat menjadi teman setia saat berkumpul atau saat menonton acara favorit di rumah.  Jika ingin mencoba, catat resep goreng garem kacang ini ya sebagaimana dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber pada Selasa (27/8/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1. Bahan-Bahan Membuat Goreng Garem Kacang

Bahan:

  • 15 siung bawang merah
  • 2 sdm kacang tanah goreng
  • Minyak goreng

Bumbu Halus:

  • 10 buah cabai rawit
  • 5 buah cabai keriting
  • 3 siung siung bawang putih
  • 1 sdt terasi udang
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt gula pasir
3 dari 3 halaman

2. Cara Memasak Goreng Garem Kacang

  1. Iris tipis bawang merah dan goreng hingga beraroma harum serta berwarna kecokelatan, seperti cara membuat bawang goreng pada umumnya. Pastikan untuk meniriskannya agar tidak gosong.
  2. Haluskan bumbu, kemudian panaskan minyak dan tumis hingga bumbu matang.
  3. Tambahkan kacang goreng dan bawang goreng ke dalam tumisan. Aduk hingga semua bahan tercampur rata.
  4. Periksa rasa, jika sudah sesuai dengan keinginan gurih, asin, dan manisnya, angkat dari api.

Sajikan kacang goreng garem ini sebagai taburan di atas nasi, atau nikmati langsung dengan nasi, rasanya tetap lezat. Ayo coba resep ini!

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.