Sukses

3 Trik Agar Klepon Tahan Lama dan Tidak Mudah Basi, Cukup Tambahkan 1 Bahan Saja

Meski rasanya sangat menggoda, klepon memiliki satu kelemahan yakni mudah basi.

Liputan6.com, Jakarta Klepon, salah satu jajanan tradisional legend yang selalu mencuri perhatian di berbagai acara, terkenal dengan isian gula merah cair yang manis dan taburan kelapa parut yang gurih. Meski rasanya sangat menggoda, klepon memiliki satu kelemahan yakni mudah basi.

Penyebab utama klepon mudah basi adalah kelapa parut yang digunakan sebagai taburan, karena kelapa ini mudah lembab dan menjadi sarang bakteri. Akibatnya, dalam beberapa jam saja, klepon bisa berubah menjadi asam dan tidak layak konsumsi.

Namun, ada kabar baik! Seorang pengguna Instagram dengan akun @melizah21 pernah membagikan trik jitu agar klepon lebih tahan lama. Dalam unggahannya @melizah21 mengungkapkan bahwa rahasia utama agar klepon awet terletak pada cara mengolah kelapa parut.

Menurutnya, kebanyakan orang mengukus kelapa parut sebelum dijadikan taburan, namun cara ini justru membuat klepon cepat lembab dan mudah basi. Untuk membuat klepon lebih tahan lama, kelapa parut sebaiknya tidak dikukus melainkan disangrai hingga kering, ujar @melizah21 dalam unggahan Instagramnya pada 25 Agustus 2024.

Berikut adalah trik membuat klepon yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (27/07/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Trik agar klepon tidak mudah basi

1. Persiapkan kelapa parut segar

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menyiapkan kelapa parut segar. Pastikan kelapa yang digunakan dalam kondisi baik dan tidak lembab untuk hasil terbaik.

2. Sangrai kelapa parut

Setelah kelapa parut siap, langkah selanjutnya adalah menyangrainya di atas wajan tanpa minyak. Aduk kelapa secara terus-menerus dengan spatula agar tidak gosong. Proses ini penting untuk menghilangkan kandungan air dalam kelapa sehingga klepon tidak menjadi basah.

3. Balurkan pada klepon

Setelah kelapa parut kering, Anda bisa langsung menggunakannya untuk membaluri klepon yang telah direbus hingga matang. Gunakan sarung tangan saat melakukan proses ini untuk memastikan klepon tetap higienis.

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.