Sukses

4 Langkah Marinasi Ikan yang Efektif, Bebas Amis dan Tetap Kenyal Tanpa Jeruk Nipis

Metode marinasi ikan tanpa menggunakan jeruk nipis agar tidak berbau amis, tidak lengket, dan tetap utuh saat digoreng.

Liputan6.com, Jakarta Ikan, baik yang berasal dari air tawar maupun laut, adalah bahan makanan yang lezat dan kaya nutrisi. Kandungan protein, omega-3, serta berbagai vitamin dan mineral menjadikannya pilihan yang sehat untuk berbagai hidangan. Namun, untuk mendapatkan hasil masakan ikan yang maksimal, proses pengolahannya harus dilakukan dengan benar, terutama karena beberapa jenis ikan memiliki bau amis yang cukup kuat.

Salah satu langkah yang sering dilakukan dalam mengolah ikan adalah memarinasinya menggunakan jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis. Namun, tahukah Anda bahwa penggunaan jeruk nipis sebenarnya dapat merusak tekstur ikan? Menurut Chef Jenny Hendrawati, finalis MasterChef musim ke-8, jeruk nipis dapat membuat daging ikan menjadi terlalu lembek dan berisiko lengket serta hancur saat digoreng.

Dalam penjelasannya, Chef Jenny mengatakan bahwa sifat asam pada jeruk nipis dapat melunakkan daging ikan, yang akhirnya membuatnya lengket di wajan saat digoreng. "Nanti lengket ke wajan, terus daging ikannya jadi ancur bubuk karena sifat lemon asam melunakkan," ujar Jenny dalam unggahan Instagram-nya pada Jumat (23/8). Ia menambahkan bahwa penggunaan lemon pada bumbu seperti sambal atau pesmol tidak masalah, namun sebaiknya hindari penggunaan jeruk nipis atau lemon langsung pada ikan mentah sebagai marinasi.

Berikut trik yang dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (28/8/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Langkah Marinasi Ikan Tanpa Jeruk Nipis

 

1. Gunakan Bahan Alternatif

Alih-alih menggunakan jeruk nipis, pilih bahan lain seperti air garam atau cuka untuk memarinasi ikan. Kedua bahan ini dapat membantu menghilangkan bau amis tanpa merusak tekstur ikan.

2. Tambahkan Rempah-rempah

Gunakan rempah-rempah seperti kunyit, jahe, atau bawang putih dalam proses marinasi. Rempah-rempah ini tidak hanya membantu mengurangi bau amis, tetapi juga menambah cita rasa pada ikan.

3. Durasi Marinasi yang Tepat

Jangan terlalu lama memarinasi ikan. Cukup rendam ikan selama 15-30 menit agar tidak merusak teksturnya.

4. Pastikan Ikan Kering Sebelum Digoreng

Setelah marinasi, pastikan ikan benar-benar kering sebelum digoreng. Kelembapan berlebih bisa menyebabkan ikan lengket di wajan.

 

 

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.