Sukses

Kisah Misteri Another, Berawal dari Novel dan Diadaptasi Jadi Berbagai Bentuk Karya

Kisah mencekam Another telah diadaptasi ke dalam berbagai format media

Liputan6.com, Jakarta Another adalah sebuah karya yang awalnya diterbitkan dalam bentuk novel. Ditulis oleh Yukito Ayatsuji, novel horor misteri ini pertama kali diterbitkan pada 29 Oktober 2009 oleh Kadokawa Shoten. Menceritakan tentang seorang anak laki-laki bernama Kōichi Sakakibara yang pindah ke Sekolah Menengah Yomiyama dan bertemu dengan seorang gadis misterius, Mei Misaki. 

Kisah mencekam Another telah diadaptasi ke dalam berbagai format media. Mulai dari manga oleh Hiro Kiyohara yang diserialisasikan di majalah Young Ace milik Kadokawa Shoten antara Mei 2010 hingga Januari 2012. Ada pula anime 12 episode yang diproduksi oleh P.A. Works dan ditayangkan di Jepang antara Januari hingga Maret 2012. 

Selain itu, sebuah episode animasi video original dirilis pada Mei 2012, dan versi film live-action dari Another hadir di bioskop Jepang pada 4 Agustus 2012. Berikut ulasan lebih lanjut tentang Anoter yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (28/8/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Novel Another

Jidai" milik Kadokawa Shoten dalam periode yang tidak teratur antara edisi Agustus 2006 hingga Mei 2009. Kompilasi dalam bentuk tankōbon diterbitkan pada 29 Oktober 2009, dan edisi bunkobon dua volume dirilis pada 25 November 2011. Versi cetak ulang dari edisi bunkobon yang menampilkan ilustrasi oleh Noizi Ito diterbitkan di bawah imprint Sneaker Bunko pada 1 Maret 2012.

Selain itu, ada novel spin-off berjudul "Another: Episode S/0" yang dirilis pada 31 Juli 2013. Novel ini terdiri dari dua cerita dalam satu buku; "Another S" adalah cerita sampingan yang berlatar di waktu yang sama, menggambarkan petualangan Mei Misaki selama liburan musim panas, sedangkan "Another 0" berlatar pada tahun 1983, mengisahkan tentang tahun Bibi Reiko di kelas 3-3.

Novel ini kemudian mendapatkan sekuel berjudul "Another 2001" yang diserialkan di majalah "Yasei Jidai" dari edisi November 2014 hingga Februari 2020, yang berlatar tahun 2001. Kompilasi volume dari "Another 2001" diterbitkan pada 30 September 2020. Untuk pembaca di Amerika Utara, Yen Press melisensikan novel ini, termasuk sekuel dan spin-off, dan menerbitkannya dalam bahasa Inggris pada berbagai waktu antara tahun 2013 hingga 2022.

Manga Another

Adaptasi manga dari Another digambarkan oleh Hiro Kiyohara dan diserialkan di majalah "Young Ace" milik Kadokawa Shoten antara edisi Mei 2010 hingga Januari 2012. Empat volume tankōbon dari manga ini dirilis antara 4 Oktober 2010 hingga 29 Desember 2011. Volume ke-0 dari manga, yang merupakan kompilasi dari dua bab ekstra yang diterbitkan di "Young Ace" pada 28 Desember 2011 dan 3 Februari 2012, dirilis pada 26 Mei 2012. Di Amerika Utara, Yen Press melisensikan manga ini dan merilisnya dalam bentuk omnibus.

Anime Another

Adaptasi serial anime dari Another diproduksi oleh P.A. Works dan disutradarai oleh Tsutomu Mizushima. Anime ini terdiri dari 12 episode yang tayang di Jepang antara 10 Januari hingga 27 Maret 2012. Naskahnya ditulis oleh Ryō Higaki, sementara desain karakter yang digunakan dalam anime didasarkan pada konsep seni asli Noizi Ito dengan pengarah animasi utama Yuriko Ishii. 

Musiknya dikerjakan oleh Kow Otani, dan Yoshikazu Iwanami bertindak sebagai sutradara suara. Serial ini memiliki dua lagu tema: lagu pembuka "Kyōmu Densen" ("Nightmare Contagion") oleh Ali Project dan lagu penutup "Anamnesis" oleh Annabel. Sentai Filmworks melisensikan anime ini di Amerika Utara dan merilisnya dalam format BD/DVD pada 30 Juli 2013. 

Selain itu, sebuah episode OVA yang berlatar sebelum dimulainya serial ini dirilis pada 26 Mei 2012, bersama dengan volume ke-0 dari manga. Di Inggris dan Irlandia, MVM Films merilis serial ini, termasuk OVA, pada akhir tahun 2013.

3 dari 3 halaman

Live-action Another

Adaptasi film live-action dari Another disutradarai oleh Takeshi Furusawa dan diproduksi oleh Kadokawa Pictures, dirilis di bioskop Jepang pada 4 Agustus 2012. Film ini memperluas nuansa horor misterius dari novel dan adaptasi lainnya, dengan lagu tema "Rakuen" ("Paradise") oleh Miliyah Kato. Adaptasi ini membawa elemen-elemen cerita dari medium tertulis dan visual ke layar lebar, memberikan perspektif baru dalam penggambaran dunia yang menakutkan dan penuh teka-teki dari Another.

Sinopsis Another

Kisah Another dimulai pada tahun 1972, ketika seorang siswa populer di kelas 3-3 Sekolah Menengah Yomiyama Utara bernama Misaki meninggal secara tiba-tiba di tengah tahun ajaran. Kepergian Misaki yang mendadak membuat siswa dan guru kelas 3-3 tetap berpura-pura seolah Misaki masih hidup, yang kemudian menimbulkan keanehan pada foto kelulusan mereka. 

Pada musim semi tahun 1998, Kōichi Sakakibara yang baru saja pindah ke kelas 3-3, mulai menyadari adanya fenomena aneh ketika ia bertemu dengan Mei Misaki, seorang siswi pendiam yang seakan diabaikan oleh teman-teman sekelas dan gurunya. 

Tidak lama setelah itu, serangkaian kematian mengerikan mulai terjadi, menimpa siswa-siswa dan kerabat mereka. Kōichi dan Mei pun berusaha mengungkap misteri di balik tragedi ini, yang tampaknya terkait dengan "Misaki 1972", sebuah kutukan tahunan yang menghantui kelas 3-3 sejak peristiwa kelam itu terjadi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.