Sukses

9 Sikap Tegas agar Tidak Terus-Terusan Diremehkan dan Ditindas Sekitar, Kamu Harus Bersinar

Terdapat beberapa cara agar Anda tidak lagi dimanfaatkan atau diremehkan oleh orang lain.

Liputan6.com, Jakarta Merasa dimanfaatkan atau diremehkan oleh orang lain adalah pengalaman yang tidak menyenangkan dan bisa meninggalkan rasa trauma, membuat seseorang bisa sulit memercayai orang lain. Namun, dalam kehidupan sosial, seseorang akan selalu bertemu dengan berbagai karakter manusia, termasuk mereka yang suka memanfaatkan dan meremehkan, meskipun dia telah bersikap baik secara tulus.

Penting untuk mengenali tanda-tanda sikap buruk agar seseorang tidak dimanfaatkan atau diperdaya dengan tujuan yang tidak baik. Lalu bagaimana caranya agar seseorang tidak lagi dimanfaatkan dan diremehkan oleh orang lain? Salah satu langkah sederhana yang bisa dilakukan adalah menunjukkan perubahan sikap.

Di bawah ini akan dipaparkan beberapa sikap yang perlu diterapkan agar tidak lagi dimanfaatkan dan diremehkan orang lain. Berikut penjelasan selengkapnya sebagaimana dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber pada Kamis (29/8/2024):

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

1. Kenali Nilai Diri Sendiri

Langkah pertama untuk menghindari dimanfaatkan atau diremehkan adalah dengan mengenali nilai diri sendiri. Setiap individu memiliki keunikan dan kelebihan yang patut dihargai. Luangkan waktu untuk merenung dan mengenali kekuatan serta keterampilan yang kamu miliki.

Jangan hanya fokus pada kekuranganmu; jika memungkinkan, asah lebih banyak keterampilan untuk menutupi atau menghilangkan kekurangan tersebut. Dengan memahami nilai diri sendiri, kamu akan lebih percaya diri dan tahu batasan sehat dalam melakukan sesuatu untuk orang lain.

3 dari 10 halaman

2. Tetapkan Batasan yang Jelas

Menetapkan batasan yang jelas adalah kunci untuk menghindari menjadi target dimanfaatkan orang lain. Bersikap baik boleh, tetapi jangan terlalu baik hingga sangat polos menyangka semua orang akan balik bersikap baik setulus dirimu.

Jangan ragu untuk menolak atau mengatakan "tidak" jika permintaan atau tuntutan seseorang mulai mengganggu kenyamananmu, bahkan jika itu datang dari pasangan. Batasan yang tegas akan membantu orang lain memahami bahwa kamu bukan orang yang mudah ditindas karena berani menunjukkan ketegasan.

4 dari 10 halaman

3. Tingkatkan Keterampilan Komunikasi

Kemampuan komunikasi yang baik sangat penting untuk menghindari kondisi dimanfaatkan dan diremehkan orang lain. Belajarlah untuk menyampaikan pendapat dan perasaan dengan tegas namun sopan.

Komunikasi yang efektif juga akan membantu mengekspresikan kebutuhan dan keinginan dengan jelas, sehingga orang lain tidak akan memanfaatkanmu. Akan lebih baik lagi jika kamu menggunakan keterampilan komunikasi untuk menarik hati banyak orang sehingga mereka malah mengikuti dan menghargaimu.

5 dari 10 halaman

4. Jangan Takut Mengambil Sikap Tegas

Terkadang kamu perlu mengambil sikap tegas untuk menunjukkan bahwa kita tidak bisa dimanfaatkan dan diremehkan. Jangan takut untuk berdiri teguh pada pendirianmu dan mempertahankan hak-hakmu.

Sikap tegas akan membuat orang lain berpikir dua kali sebelum mencoba memanfaatkan atau meremehkanmu. Apalagi ketika menghadapi orang-orang yang cenderung agresif dalam memaksakan kehendak, menuntut hal-hal darimu, atau mencoba menjatuhkan kepercayaan dirimu.

6 dari 10 halaman

5. Pilih Lingkungan yang Mendukung

Penting juga untuk memilih lingkungan sekitar yang positif dan baik untuk kesehatan mentalmu. Lingkungan memiliki pengaruh besar terhadap cara orang lain memperlakukanmu. Pilihlah lingkungan yang mendukung dan menghargaimu sehingga kamu merasa lebih nyaman.

Jika kamu sudah tahu bahwa lingkungan pertemanan atau lainnya tidak lagi kondusif atau bahkan toxic, sebaiknya jauhi. Hindari orang-orang yang cenderung memanfaatkan atau meremehkanmu, dan carilah pertemanan yang sehat.

7 dari 10 halaman

6. Tingkatkan Rasa Percaya Diri

Rasa percaya diri yang kuat akan membuatmu lebih sulit dimanfaatkan atau diremehkan. Carilah cara untuk meningkatkan rasa percaya diri, seperti dengan belajar hal-hal baru, mengejar hobi, atau berolahraga.

Semakin percaya diri dirimu, semakin kecil kemungkinan orang lain akan mencoba memanfaatkan atau meremehkanmu. Bahkan jika kamu masih diremehkan saat sudah percaya diri, sikap buruk mereka tidak akan terlalu berpengaruh dalam hidupmu karena mentalmu lebih kuat menghadapinya.

8 dari 10 halaman

7. Tak Usah Berusaha Menyenangkan Semua Orang

Hanya buang-buang waktu dan tenaga jika kamu berpikir bisa menyenangkan semua orang. Justru berusaha menyenangkan semua orang adalah potensi besar kamu lebih mudah dimanfaatkan. Ingatlah bahwa tidak semua orang akan menyukai atau menghargaimu, dan itu tidak apa-apa.

Fokuslah pada kebahagiaan dan kesejahteraan diri sendiri, daripada mencoba memenuhi ekspektasi orang lain yang tidak bisa kamu penuhi. Daripada lelah menyenangkan orang lain, lebih baik menyenangkan diri sendiri.

9 dari 10 halaman

8. Tunjukkan Kepemimpinan dalam Keputusan

Mengambil inisiatif dan menunjukkan kepemimpinan dalam membuat keputusan memperkuat posisimu dan menunjukkan bahwa kamu memiliki kendali atas situasi. Kepemimpinan yang jelas dan percaya diri mencegah orang lain meremehkan kemampuan Anda dan memastikan bahwa keputusanmu diakui dan dihormati.

10 dari 10 halaman

9. Evaluasi dan Refleksi Diri

Luangkan waktu untuk mengevaluasi dan merefleksikan diri. Tinjau kembali interaksi sosialmu dan identifikasi pola-pola yang mungkin membuatmu rentan dimanfaatkan atau diremehkan. Mungkin kamu terlalu ramah dan baik hati sehingga mengiyakan semua keinginan orang.

Membantu secukupnya saja, jangan sampai mereka jadi bergantung padamu. Dengan refleksi diri, kamu dapat belajar dari pengalaman dan mencegah kesalahan sehingga dapat bersikap lebih baik untuk melindungi diri sendiri di masa depan.

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.