Sukses

9 Tanda Sikap Teman Kerja Rajin Menebar Rumor Tentangmu, Sabar atau Anggap Saja Angin Lalu

Terdapat beberapa tanda bahwa rekan-rekan kerjamu mungkin sedang membicarakanmu di belakang.

Liputan6.com, Jakarta Kamu memang tidak pernah bisa mengendalikan seperti apa orang akan bersikap, apalagi dalam lingkungan kerja. Bisa saja akan ada orang-orang yang sirik dan iri hati sehingga menciptakan rumor atau gosip tersendiri.

Tidak jarang, kamu tak perlu melakukan kesalahan apa pun atau tidak perlu tampil mencolok untuk menjadi topik obrolan dan pergosipan. Kamu juga tak pernah benar-benar bisa menebak siapa saja yang terlibat dalam pergosipan dengan cara yang tak benar.

Tapi kamu selalu bisa melihat tanda-tanda sikapnya yang tak menyenangkan tentang mereka yang suka menyebar gosip atau rumor tentangmu di lingkungan kerja. Ini dia beberapa tanda sikap jika teman kantor suka bergosip dan menyebar isu tak baik tentang dirimu sebagaimana dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber pada Kamis (29/8/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

1. Bisik-bisik dan tawa diam-diam

Perhatikan jika ada kelompok kecil yang sering berbisik atau tertawa ketika kamu lewat. Atau mungkin ada lirikan mata dan pandangan penuh penghakiman saat kamu lewat. Ini bisa menjadi indikasi bahwa mereka sedang membicarakan dirimu. Meskipun ini tidak selalu berarti negatif, jika terjadi berulang kali, kemungkinan besar kamu menjadi subjek gosip mereka karena kamu tidak pernah dilibatkan dalam obrolan mereka.

3 dari 10 halaman

2. Perubahan sikap yang mendadak

Jika ada perubahan sikap mendadak dari rekan kerja tertentu, seperti mereka tiba-tiba menjadi lebih dingin, tidak mengajakmu bicara, atau menjauh, ini bisa menjadi pertanda bahwa mereka terlibat dalam pergosipan tentangmu. Perubahan sikap ini sering kali didasari oleh informasi yang mereka dengar atau sebarkan, yang mungkin tidak benar namun ingin mereka percayai sebagai kebenaran.

4 dari 10 halaman

3. Sindiran halus

Orang yang suka bergosip di kantor sering kali melontarkan sindiran halus ketika berada di dekat orang yang sering mereka gosipkan. Mereka sengaja tidak menanyakan langsung padamu, tetapi mencoba membuatmu terpancing emosi karena mereka butuh "pertunjukan" untuk dicibir lebih lanjut. Jika orang itu baik, pasti akan langsung mendatangimu untuk mendapatkan penjelasan atau klarifikasi yang transparan, berbeda dengan tukang gosip.

5 dari 10 halaman

4. Tak mendapatkan informasi penting

Jika kamu sering kali tidak mendapatkan informasi penting atau merasa dikecualikan dari percakapan penting, ini bisa menjadi tanda bahwa teman-teman kantormu sengaja mengabaikanmu. Mereka mungkin merasa kamu tidak perlu tahu karena mereka sudah memiliki persepsi negatif tentang dirimu yang didasarkan pada gosip yang belum tentu benar. Kamu mungkin sengaja tidak diajak saat istirahat makan siang, tidak pernah ditanya basa-basi di pantry, atau diajak interaksi lainnya.

6 dari 10 halaman

5. Pertanyaan yang bersifat privasi

Jika ada rekan kerja yang menanyakan hal-hal tidak relevan atau terlalu pribadi padamu, ini bisa menjadi tanda bahwa mereka mungkin ingin mencari kejelasan gosip yang mereka dengar. Mereka mungkin berpura-pura tertarik pada kehidupan pribadimu, tetapi sebenarnya hanya ingin mendapatkan informasi yang bisa mereka putar balikkan dan manipulasi untuk disebarkan. Seringkali mereka mendapatkan kesenangan dengan cara buruk ini.

7 dari 10 halaman

6. Orang lain memandangmu berbeda

Pernahkah ada orang yang memandangmu secara berbeda atau memperlakukanmu ketus tanpa alasan yang jelas? Bisa jadi mereka telah mendengar gosip yang tidak benar tentangmu. Misalnya, jika kamu merasa bahwa atasan atau rekan kerja mulai meragukan kemampuanmu, bisa jadi karena mereka telah mendengar sesuatu yang negatif tentangmu.

8 dari 10 halaman

7. Suasana jadi diam ketika kamu muncul

Ini tanda yang sangat jelas bahwa kamulah yang jadi topik pembicaraan. Ketika mereka asyik ngobrol kemudian menjadi tampak gugup dan terdiam ketika kamu datang, itu adalah sikap refleks mereka untuk menghentikan pergosipan karena takut kamu mendengarkannya. Buruknya sifat penggosip adalah itu, mereka hanya berani membicarakanmu di belakang, tetapi pengecut meminta kejelasan dari rumor yang mereka dengar.

9 dari 10 halaman

8. Merasa diabaikan dan tidak didukung

Ini mungkin sudah masuk dalam kategori lingkungan kerja yang toxic, ketika kamu merasa tidak mendapatkan dukungan yang cukup dari rekan kerja bahkan atasanmu sendiri untuk maju dan mencari peluang. Jalanmu dibatasi agar tidak bisa berkembang. Kamu bahkan sering merasa usahamu dipersulit dan diulur sehingga kamu menyerah. Ini bisa menjadi tanda bahwa mereka terpengaruh oleh gosip tentang dirimu.

10 dari 10 halaman

9. Sinyal dari rekan kerja lain

Kadang-kadang, tanda-tanda bahwa gosip sedang tersebar bisa datang dari rekan kerja lain yang memberi tahumu tentang perilaku atau komentar yang mereka dengar. Jika kamu sering mendapatkan umpan balik dari orang lain tentang bagaimana teman kantormu berbicara tentangmu, ini bisa menjadi indikasi adanya gosip.

Itulah beberapa tanda bahwa rekan kerja sering membicarakan atau menggosipkanmu. Bersabarlah menghadapinya, atau keluar dari lingkungan kerja seperti itu demi kesehatan mentalmu.

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.