Sukses

6 Cara Mengusir Jerawat Nanah dalam Semalam dengan Bahan Alami, Berseri Lagi

Terdapat metode-metode yang telah terbukti efektif untuk mengatasi jerawat bernanah dalam waktu semalam.

Liputan6.com, Jakarta Jerawat nanah sering kali menjadi momok bagi banyak orang, terutama saat harus menghadiri acara penting keesokan harinya. Selain mengganggu penampilan, jerawat nanah juga bisa menimbulkan rasa sakit dan ketidaknyamanan. Beruntung, ada beberapa solusi efektif yang dapat dicoba untuk menghilangkan jerawat nanah dalam semalam.

Dari bahan-bahan alami yang mudah ditemukan di rumah hingga produk perawatan kulit yang sudah terbukti, semua solusi ini bisa membantu mendapatkan kulit yang bersih dan bebas jerawat. Penting untuk melakukan cara ini dengan konsisten dan rutin. Pastikan untuk melakukan tes alergi terlebih dahulu sebelum menggunakan bahan-bahan ini.

Cara-cara ini sangat mudah dilakukan. Jika kondisi jerawat tidak membaik, segera konsultasikan dengan dokter. Yuk, simak selengkapnya dalam artikel ini sebagaimana dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber pada Kami (29/8/2024):

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Menggunakan Es Batu

Es batu bukan hanya berguna untuk mendinginkan minuman, tetapi juga bisa menjadi solusi cepat untuk mengatasi jerawat nanah. Es batu dapat membantu mengurangi peradangan dan kemerahan pada jerawat. Caranya sangat sederhana, cukup bungkus es batu dengan kain bersih dan tempelkan pada jerawat selama beberapa menit. Ulangi beberapa kali dalam sehari untuk hasil yang optimal.

3 dari 7 halaman

2. Mengoleskan Pasta Gigi

Pasta gigi mengandung bahan-bahan seperti baking soda dan hidrogen peroksida yang bisa membantu mengeringkan jerawat nanah dengan cepat. Oleskan sedikit pasta gigi pada jerawat sebelum tidur dan biarkan semalaman. Keesokan harinya, bilas dengan air hangat. Maka jerawat mulai mengempis dan peradangan berkurang.

4 dari 7 halaman

3. Menggunakan Tea Tree Oil

Tea tree oil dikenal memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang sangat efektif untuk mengatasi jerawat nanah. Teteskan sedikit tea tree oil pada kapas dan oleskan langsung pada jerawat. Biarkan semalaman dan bilas di pagi hari. Penggunaan rutin bisa membantu menghilangkan jerawat nanah dengan cepat.

5 dari 7 halaman

4. Menerapkan Madu dan Kayu Manis

Campuran madu dan kayu manis memiliki sifat antibakteri yang bisa membantu mengatasi jerawat nanah. Buat pasta dari campuran madu dan kayu manis, lalu oleskan pada jerawat sebelum tidur. Biarkan semalaman dan bilas di pagi hari. Kombinasi ini tidak hanya membantu mengurangi jerawat, tetapi juga mencegah munculnya jerawat baru.

6 dari 7 halaman

5. Cuka Apel

Cuka apel memiliki sifat antimikroba dan asam yang dapat membantu mengatasi jerawat nanah dengan mengurangi bakteri di permukaan kulit dan mengatur keseimbangan pH kulit. Penggunaan cuka apel secara hati-hati dapat membantu mengeringkan jerawat dan mengurangi peradangan, namun sebaiknya diencerkan dengan air sebelum dioleskan pada kulit untuk menghindari iritasi.    

7 dari 7 halaman

6. Lemon

Lemon mengandung asam sitrat dan vitamin C yang berfungsi sebagai antiseptik alami dan membantu mengeringkan jerawat nanah. Asam sitrat juga memiliki efek eksfoliasi yang membantu mengangkat sel kulit mati dan membersihkan pori-pori, sementara vitamin C mendukung regenerasi kulit yang sehat.

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.