Sukses

Telusuri Perangkat Saya, Begini Cara Menggunakannya di HP Android dan iPhone

Telusuri perangkat saya adalah layanan pelacakan perangkat yang dikembangkan oleh Google untuk membantu pengguna Android menemukan perangkat mereka yang hilang.

Liputan6.com, Jakarta Telusuri perangkat saya atau yang dikenal dengan fitur Google Find My Device adalah layanan pelacakan perangkat yang dikembangkan oleh Google untuk membantu pengguna Android menemukan, mengunci, atau menghapus perangkat mereka yang hilang atau dicuri.

Fitur ini terintegrasi dengan akun Google pengguna dan dapat diakses melalui aplikasi mobile atau situs web khusus. Dengan memanfaatkan teknologi GPS, Wi-Fi, dan data seluler, Find My Device mampu melacak lokasi perangkat dengan akurasi tinggi, memberikan ketenangan pikiran bagi pengguna dalam situasi darurat.

Salah satu keunggulan utama Find My Device adalah kemampuannya untuk mengaktifkan alarm pada perangkat yang hilang, bahkan jika perangkat tersebut dalam mode senyap. Pengguna juga dapat mengunci perangkat dari jarak jauh dan menampilkan pesan kustom di layar kunci, meningkatkan peluang untuk mendapatkan kembali perangkat yang hilang.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai cara menggunakan Telusuri Perangkat Saya di HP Android dan iPhone yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (29/8/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cara Mengaktifkan Fitur Telusuri Perangkat Saya Lewat Android

Berikut ini cara untuk mengaktifkan fitur Telusuri Perangkat Saya atau Find My Device di Android, yakni:

1. Pastikan Anda memiliki perangkat Android yang menjalankan Android 4.1 atau lebih tinggi. Ini adalah persyaratan minimum untuk menggunakan Telusuri Perangkat Saya.

2. Telusuri Perangkat Saya memerlukan layanan lokasi untuk melacak lokasi perangkat Anda secara akurat. Buka Pengaturan, kemudian pilih Lokasi dan aktifkan layanan lokasi.

3. Perangkat Anda harus ditautkan ke akun Google Anda. Ini penting untuk menggunakan Telusuri Perangkat Saya.

4. Sekarang untuk mengaktifkan Telusuri Perangkat Saya, berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka Pengaturan, pilih Google, klik Temukan Perangkat Saya.
  2. Pastikan Telusuri Perangkat Saya dihidupkan.
  3. Berikan izin yang diperlukan saat diminta.

5. Khususnya, untuk memberikan data lokasi yang akurat, Telusuri Perangkat Saya harus diizinkan berjalan di latar belakang. Selain itu, agar fitur ini berfungsi, perangkat Anda memerlukan koneksi internet yang aktif, baik melalui Wi-Fi atau data seluler.

3 dari 5 halaman

Cara Menggunakan Fitur Telusuri Perangkat Saya di Android

Jika HP anda hilang dan ingin melacaknya menggunakan fitur Telusuri Perangkat Saya yang telah terpasang di HP anda, anda bisa mencoba langkah-langkah berikut ini:

  1. Pastikan perangkat atau HP yang anda gunakan untuk melacak HP anda yang hilang terhubung ke internet.
  2. Masuk ke akun Google yang sama dengan yang digunakan pada perangkat.
  3. Buka Google Play Store.
  4. Cari aplikasi " Telusuri Perangkat Saya" atau "Find My Device".
  5. Setelah menemukan aplikasi tersebut, unduh dan pasang di perangkat atau HP yang anda gunakan untuk melacak HP anda yang hilang.
  6. Buka aplikasi.
  7. Masuk ke akun Google.

Saat perangkat hilang, pengguna dapat melihat lokasi terakhir perangkat tersebut terdeteksi di peta. Selain itu, juga dapat memutar suara pada perangkat, mengunci layar, atau menghapus data pada perangkat tersebut.

4 dari 5 halaman

Cara Menggunakan Fitur Telusuri Perangkat Saya di iOS

Selanjutnya, ada cara mudah memakai fitur Telusuri Perangkat Saya untuk pengguna iPhone:

  1. Pastikan bahwa perangkat atau HP yang anda gunakan untuk melacak HP anda yang hilang terhubung ke internet.
  2. Masuk ke akun iCloud yang sama dengan yang digunakan pada perangkat tersebut.
  3. Buka aplikasi Telusuri atau Find My pada perangkat iOS atau akses situs web iCloud.
  4. Masuk ke akun iCloud.

Jika perangkat hilang, Anda dapat melihat lokasi terakhir perangkat tersebut terdeteksi di peta. Selain itu, Anda juga dapat memutar suara pada perangkat, mengunci layar, atau menghapus data pada perangkat tersebut. Penting untuk diingat bahwa untuk dapat menggunakan fitur " Telusuri Perangkat Saya", perangkat harus terhubung ke internet dan akun Google atau iCloud yang digunakan harus aktif dan terhubung dengan perangkat tersebut. Sehingga perangkat Anda sudah dicuri, segera hubungi pihak keamanan dan lakukan tindakan pencegahan seperti mengganti kata sandi akun.

Namun, jika pengguna belum mengaktifkan fitur Find My iPhone bisa ikuti langkah berikut ini :

  1. Langkah pertama, anda bisa membuka menu Pengaturan.
  2. Kemudian, klik Apple ID.
  3. Setelah itu, anda bisa pilih “Find My iPhone” pada Menu.
  4. Beri tanda centang pada posisi “ON”.
  5. Terakhir, aktifkan Send Last Location.
  6. Nantinya perangkat akan menginformasikan lokasinya ke pusat Apple sebelum gawai mati karena kehabisan baterai.
5 dari 5 halaman

Keunggulan Telusuri Perangkat Saya atau Find My Device

Google Find My Device adalah solusi canggih yang dikembangkan oleh Google untuk membantu pengguna melacak, menemukan, dan bahkan mengelola perangkat Android mereka dari jarak jauh. Layanan ini menawarkan serangkaian fitur yang komprehensif, tidak hanya untuk ponsel cerdas dan tablet, tetapi juga mencakup perangkat wearable seperti jam tangan pintar dan Pixel Buds, memperluas jangkauan perlindungannya ke berbagai jenis gadget Android.

Fungsi utama Find My Device adalah melacak dan menemukan perangkat Android yang hilang atau dicuri, memberikan pengguna kemampuan untuk melokasikan perangkat mereka secara real-time melalui akun Google mereka. Untuk memastikan efektivitas layanan ini, perangkat harus dalam keadaan aktif, terhubung ke jaringan Wi-Fi atau data seluler, dan memiliki layanan lokasi yang diaktifkan. Keunggulan Find My Device terletak pada integrasi seamless-nya dengan ekosistem Google, memungkinkan pengguna untuk dengan mudah mengakses layanan ini melalui browser web atau aplikasi mobile, memberikan fleksibilitas dan kenyamanan dalam situasi darurat.

Selain kemampuan pelacakan dasar, Find My Device menawarkan fitur-fitur keamanan tambahan yang signifikan. Pengguna dapat membunyikan perangkat mereka dari jarak jauh, bahkan jika dalam mode senyap, membantu dalam situasi di mana perangkat mungkin hilang di lokasi yang dekat. Lebih lanjut, layanan ini memungkinkan pengguna untuk mengunci perangkat mereka dari jarak jauh dan menampilkan pesan kustom di layar kunci, meningkatkan peluang untuk pengembalian perangkat yang hilang. Dalam skenario terburuk, di mana pengguna yakin perangkat mereka tidak dapat diambil kembali, Find My Device menyediakan opsi untuk menghapus semua data pada perangkat dari jarak jauh, menjaga privasi dan keamanan informasi sensitif pengguna.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.