Sukses

Ridwan Kamil Tampil Bak Si Pitung Saat Daftar Pilkada 2024, Pakai Kain Betawi Bermotif Tolak Bala

Penampilan Ridwan Kamil dan Suswono saat daftar Pilkada 2024 menarik perhatian karena mereka tampil bak Si Pitung.

Liputan6.com, Jakarta Ridwan Kamil secara resmi maju sebagai bakal calon gubernur DKI Jakarta di Pilkada 2024. Bersama dengan Suswono sebagai wakilnya, Ridwan Kamil mendaftarkan pencalonannya di kantor Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) DKI Jakarta pada Rabu (28/08/2024).

Kehadiran Ridwan Kamil dan Suswono di kantor KPUD DKI Jakarta berhasil mencuri perhatian. Mereka disambut meriah oleh para pendukung yang menamakan diri mereka 'Rido'.

Penampilan Ridwan Kamil dan Suswono menarik perhatian karena mereka tampil bak Si Pitung, seorang pahlawan legendaris Betawi, dengan mengenakan pakaian kasual khas budaya Betawi yang disebut baju sadariah. Pakaian ini terdiri dari kemeja putih berkerah tinggi dan celana cingkrang longgar dengan corak batik.

Simak gaya berpakaian Ridwan Kamil yang mirip dengan Si Pitung ini, dilansir oleh Liputan6.com dari berbagai sumber pada Jumat (30/08/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Tampil bak Si Pitung

Dengan gaya ala Si Pitung yang khas, Ridwan Kamil dan Suswono tampil serasi mengenakan peci hitam dan cukin, yaitu kain yang menggantung di leher mirip dengan syal.

Cukin yang dikenakan oleh keduanya menarik perhatian tersendiri. Alih-alih menggunakan motif kotak-kotak yang biasa ditemui dalam busana Betawi, mereka memilih motif tenun dengan warna kuning jingga yang memikat.

Sesampainya di kantor KPUD, mereka mengganti cukin yang dikenakan. Kain baru tersebut menyerupai batik dengan nuansa oranye yang cerah dan meriah, menampilkan motif ondel-ondel sebagai elemen utama serta aksen floral yang khas.

3 dari 4 halaman

2. Makna Motif Ondel-Ondel

Motif ondel-ondel yang terlihat pada cukin Ridwan Kamil dan Suswono memang sangat identik dengan kebudayaan Betawi. Namun, lebih dari sekadar ikon budaya, ternyata motif ondel-ondel ini memiliki makna yang lebih dalam. Berdasarkan berbagai sumber, motif ondel-ondel dipercaya sebagai penolak bala dan pengusir makhluk halus.

Menariknya, bukan hanya Ridwan Kamil dan Suswono yang mengenakan cukin ondel-ondel sebagai bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta. Bakal pasangan calon lainnya, Pramono Anung dan Rano Karno, juga terlihat mengenakan cukin dengan motif yang sama.

4 dari 4 halaman

3. Dipakai Pramono Anung-Rano Karno

Pramono Anung tampil memukau dengan beskap Betawi berwarna hitam, sementara Rano Karno memilih gaya yang lebih santai dengan kemeja koko putihnya. Meskipun busana mereka sangat berbeda, keduanya tetap kompak dengan mengenakan peci hitam yang sama.

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.