Sukses

4 Trik Menghemat Penggunaan Tabung Gas hingga 1,5 Bulan, Dijamin Irit!

Chef Vera Kayami menjelaskan bahwa pengaturan volume api saat memasak sangat mempengaruhi efisiensi penggunaan gas.

Liputan6.com, Jakarta Memasak adalah kegiatan sehari-hari yang menjadi bagian penting dalam kehidupan rumah tangga. Namun, sering kali kita tidak menyadari bahwa penggunaan tabung gas yang boros dapat berdampak pada peningkatan biaya rumah tangga. Salah satu faktor utama yang menyebabkan hal ini adalah teknik memasak yang kurang efisien, seperti penggunaan api yang terlalu besar.

Chef Vera Kayami, melalui akun Instagram @studiobymrkitchen, berbagi trik untuk menghemat penggunaan tabung gas. Vera menjelaskan bahwa pengaturan volume api saat memasak sangat mempengaruhi efisiensi penggunaan gas. Menurutnya, menggunakan api sedang atau kecil adalah cara terbaik untuk mengurangi konsumsi gas.

"Setiap hari, saya memasak kaldu tulang (bone broth) dengan satu tabung gas. Sekali memasak bisa menggunakan 45 liter gas dan proses memasaknya memakan waktu antara 18 hingga 36 jam. Dengan cara ini, satu tabung gas bisa bertahan hingga 1,5 bulan," ungkapnya.

Penasaran bagaimana cara menghemat penggunaan tabung gas hingga 1,5 bulan seperti yang dijelaskan oleh Chef Vera Kayami? Berikut adalah trik yang telah dilansir oleh Liputan6.com pada Jumat (30/08/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Gunakan api sedang cenderung kecil

Mengatur api pada tingkat kecil atau sedang bisa membantu mengurangi pemborosan energi gas. Dengan cara ini, panas akan lebih terpusat pada makanan yang sedang dimasak, bukan menyebar ke udara di sekitar panci.

3 dari 5 halaman

2. Kurangi penggunaan api besar

Nyala api yang besar sering kali mendistribusikan panas secara tidak merata dan hanya memanaskan udara di sekitar panci. Akibatnya, penggunaan gas menjadi kurang efisien.

4 dari 5 halaman

3. Pilih tabung gas yang tepat

Vera biasanya memilih untuk menggunakan tabung gas berukuran 12 kg. Meskipun dipakai setiap hari, tabung gas ini bisa bertahan lama jika ia memasak dengan api sedang atau kecil.

5 dari 5 halaman

4. Pemanasan yang tepat

Untuk menghemat gas dan memasak dengan lebih efektif, pastikan Anda memanaskan makanan dengan cara yang efisien. Fokuskan panas pada area masakan agar penggunaan gas lebih hemat dan hasil masakan lebih optimal.

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.