Sukses

4 Trik Merebus Mi Telur agar Tidak Lengket dan Menggumpal, Hasil Dijamin Memuaskan

Terbuat dari campuran tepung dan telur, mi ini terkenal dengan teksturnya yang kenyal dan lembut.

Liputan6.com, Jakarta Mi telur merupakan bahan makanan yang sangat populer dan sering diolah dalam berbagai hidangan, mulai dari bakmi, mi tek-tek, hingga campuran bakso. Terbuat dari campuran tepung dan telur, mi ini terkenal dengan teksturnya yang kenyal dan lembut.

Namun, proses merebus mi telur seringkali menghadirkan tantangan tersendiri, yakni mi yang menggumpal dan lengket. Masalah ini tentu saja dapat mengganggu pengalaman memasak dan mengolah mi telur menjadi hidangan yang diinginkan.

Berbagai metode telah dicoba untuk mengatasi masalah ini, salah satunya dengan menambahkan minyak saat merebus. Sayangnya, cara ini dapat membuat mi terlihat mengkilap dan kurang menarik.

Beruntung, ada trik sederhana yang bisa digunakan untuk mencegah mi telur menggumpal tanpa perlu menambahkan minyak. Yulis, seorang YouTuber dari channel Yuliis Kitchen, membagikan metodenya dalam video terbaru yang menunjukkan cara efektif untuk menghindari mi telur yang lengket dan menggumpal. Berikut adalah langkah-langkahnya yang dirangkum oleh Liputan6.com pada Jumat (30/08/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Rebus mi telur dengan api kecil

Langkah pertama, panaskan air dalam panci dengan api kecil hingga mendidih. Pastikan panci tetap tertutup selama proses perebusan.

Masukkan mi telur dan rebus selama beberapa menit hingga mencapai tekstur yang lembut. Menggunakan api kecil akan membantu mencegah mi dari overcooking, sehingga mi tidak menjadi terlalu lembek.

3 dari 5 halaman

2. Hindari penambahan minyak

Banyak orang biasanya menambahkan minyak saat merebus mi telur agar tidak menggumpal. Namun, Yulis, seorang YouTuber dari channel Yuliis Kitchen, memiliki pandangan berbeda. Ia menyarankan untuk tidak menambahkan minyak.

"Menurut saya, menambahkan minyak saat merebus bakmi (mi telur) justru membuat tampilannya mengkilap dan terlihat terlalu berminyak, jadinya kurang menarik," jelas Yulis dalam video YouTube-nya.

4 dari 5 halaman

3. Tiriskan dan aduk mi telur

Setelah mi selesai direbus, angkat dan tiriskan menggunakan saringan plastik. Untuk mencegah mi menjadi lengket, aduk-aduk mi dengan lembut saat masih berada di dalam saringan.

Hentakkan saringan beberapa kali untuk mengurangi air yang menempel pada mi. Yulis menegaskan, "Pasti bakmi (mi telur) tidak akan lengket, tidak perlu ditambahkan minyak."

5 dari 5 halaman

4. Keringkan mi telur

Meniriskan mi telur dengan baik akan menghasilkan mi yang tampak kering dan tidak lengket satu sama lain. Dengan demikian, mi menjadi lebih mudah diolah dan mengurangi kebutuhan akan minyak tambahan.

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.