Sukses

Kamu Bisa Tiru, 8 Rutinitas yang Membuat Wajah Awet Muda dan Kulit Tetap Kencang

Menerapkan kebiasaan baik sejak dini sangat penting, terutama dalam menjaga kesehatan tubuh dan kekencangan kulit agar terhindar dari penuaan dini

Liputan6.com, Jakarta Menerapkan kebiasaan baik sejak dini sangat penting, terutama dalam menjaga kesehatan tubuh dan kekencangan kulit agar terhindar dari penuaan dini. Banyak orang yang memiliki wajah yang tampak awet muda serta kulit yang sehat dan cantik ternyata mengadopsi kebiasaan-kebiasaan baik yang membantu menjaga penampilan mereka tetap prima.

Mulai dari perawatan kulit yang rutin, pola makan bergizi, hingga gaya hidup sehat, setiap kebiasaan berkontribusi pada penampilan kulit secara keseluruhan. Dengan mengikuti kebiasaan-kebiasaan tertentu, seseorang dapat memperlambat proses penuaan dan mempertahankan kulit yang tampak muda dan sehat.

Di bawah ini akan dipaparkan secara mendalam mengenai kebiasan-kebiasaan yang biasa dilakukan orang yang memili wajah awet muda dan kulit kencang. Berikut penjelasan selengkapnya sebagaimana telah dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber pada Sabtu (31/8/2024):

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

1. Minum cukup air putih per hari

Mencukupi kebutuhan cairan tubuh menjadi kesadarn utama pada orang-orang yang wajahnya awet muda. Hidrasi itu penting, karena secara alami sebagian besar tubuh terdiri dari air. Cukup minum air, paling tidak 8 hari sekali bukan hanya mampu melepaskan haus, tapi juga membantu menjaga elastisitas dan kelembapan kulit alami sehingga kulit lebih segar, tidak kering dan kusam, bahkan bisa memperlampat proses penuaan. 

3 dari 9 halaman

2. Pemakaian sunscreen

Paparan sinar UV adalah salah satu penyebab utama penuaan dini. Orang yang memiliki kulit awet muda biasanya tidak pernah melewatkan penggunaan tabir surya setiap hari, bahkan saat cuaca mendung sekalipun. Tabir surya membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari yang dapat menyebabkan flek hitam, kerutan, dan kehilangan elastisitas. 

4 dari 9 halaman

3. Menghindari makan junk food

Pola makan yang sehat juga harus diperhatikan. Apa yang kamu konsumsi setiap hari adalah gambaran kesehatan tubuh, tidak terkecuali kulit. Banyaknya natrium, gula, lemak jenuh, kalori dan pengawet akan mempercepat penuaan dini dan meningkatkan risiko obesitas serta penyakit jantung. Jadi amat sangat penting menjaga dan memilih makanan yang baik untuk tubuh secara umum dan kulit secara khusus agar tetap terjaga elastistas, kelembapan dan kekencangannya agar tetap tampak awet muda. 

5 dari 9 halaman

4. Tidur cukup malam hari

Tidur adalah waktu di mana tubuh memperbaiki diri, termasuk kulit. Orang yang cukup tidur biasanya memiliki kulit yang lebih sehat dan tampak lebih muda. Kurang tidur bukan hanya dapat menyebabkan kulit kusam dan munculnya lingkaran hitam di bawah mata, tapi juga mengacaukan konsentrasi dan mengurangi kinerja otak optimal di siang hari sehingga menurunkan produktivitas. 

6 dari 9 halaman

5. Rutin olahraga

Pola hidup sehat erat kaitannya dengan rutin olahraga. Makan berlebihan menyebabkan tubuh kegemukan, tubuh kegemukan sering dikaitkan dengan penampilan lebih tua di kalangan masyarakat. Olahraga dapat meningkatkan sirkulasi darah, sehingga membantu mengantarkan oksigen dan nutrisi ke sel-sel kulit.

Tidak harus menjalani olahraga berat berjam-jam, cukup rutinkan 30 menit intentistas sedang hingga berat. Atau jika tidak sempat, paling tidak lakukan aktivitas fisik yang intens dan produktif. 

7 dari 9 halaman

6. Mengelola stres dengan baik

Faktanya, stres kronis dapat mempercepat penuaan kulit. Orang yang tampak awet muda biasanya memiliki cara efektif untuk mengelola stresnya, seperti bercengkrama dengan pasangan, teman dan keluarga, atau sering jalan-jalan, melakukan meditasi dan menemuni hobi yang menyenangkan. Mengelola stres membantu menjaga keseimbangan hormon dan mencegah kerusakan kulit secara alami. 

8 dari 9 halaman

7. Tidak merokok dan minum alkohol

Kehadiran rokok dan alkohol dapat merusak kulit dengan cara yang berbeda. Rokok mengurangi aliran darah ke kulit dan merusak kolagen dan elastin, sementara alkohol dapat menyebabkan dehidrasi dan peradangan. Menghindari kedua hal ini dapat membantu menjaga kulit tetap sehat dan kencang. Belum lagi mengundang penyakit serius lainnya seperti kanker dan kerusakan organ lainnya.

9 dari 9 halaman

8. Mengikuti Rutinitas Perawatan Kulit yang Tepat

Perawatan kulit yang konsisten, termasuk pembersihan, eksfoliasi, dan hidrasi, sangat penting untuk menjaga kulit dalam kondisi terbaik. Menggunakan produk yang sesuai dengan jenis kulit Anda dan memperhatikan langkah-langkah dasar perawatan kulit dapat membantu mempertahankan kekenyalan dan kelembutan kulit.

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.