Sukses

7 Rekomendasi Makanan Berprotein Tinggi yang Bermanfaat bagi Penderita Kolesterol

Salah satu cara untuk mengelola kolesterol adalah dengan memilih sumber makanan sehat, termasuk yang mengandung protein tinggi.

Liputan6.com, Jakarta Kolesterol tinggi adalah salah satu masalah kesehatan yang sering terjadi. Hal ini dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan gangguan kardiovaskular lainnya yang dapat berujung pada kematian. Namun, menjaga pola makan yang tepat dapat membantu mengendalikan kadar kolesterol dalam tubuh.

Salah satu cara untuk mengelola kolesterol adalah dengan memilih sumber makanan sehat, termasuk yang mengandung protein tinggi. Ya, salah satu komponen penting dalam diet sehat adalah protein. Namun, penting untuk memilih sumber protein yang sehat, rendah lemak, dan kolesterol.

Di bawah ini akan dipaparkan tentang beberapa makanan berprotein tinggi yang sangat bermanfaat bagi penderita kolesterol tinggi. Berikut penjelasan selengkapnya sebagaimana telah dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber pada Sabtu (31/8/2024):

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Ikan Berlemak

Ikan seperti salmon, mackerel, dan sarden kaya akan asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung. Omega-3 dapat membantu menurunkan kadar trigliserida dalam darah dan mengurangi risiko penyakit jantung. Selain itu, ikan berlemak juga merupakan sumber protein berkualitas tinggi yang rendah lemak jenuh.

3 dari 8 halaman

2. Kacang-Kacangan dan Biji-Bijian

Kacang-kacangan seperti almond, kenari, dan kacang tanah, serta biji-bijian seperti biji chia dan biji rami, adalah sumber protein nabati yang sangat baik. Mereka juga mengandung serat dan lemak sehat yang dapat membantu menurunkan kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan kolesterol HDL (kolesterol baik).

4 dari 8 halaman

3. Tahu dan Tempe

Tahu dan tempe adalah produk kedelai yang kaya akan protein dan rendah lemak jenuh. Kedelai mengandung isoflavon yang dapat membantu mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Selain itu, tahu dan tempe juga merupakan sumber kalsium dan zat besi yang baik untuk kesehatan tulang dan darah.

5 dari 8 halaman

4. Putih Telur

Putih telur adalah sumber protein murni tanpa lemak jenuh dan kolesterol. Putih telur dapat digunakan dalam berbagai resep makanan, mulai dari omelet hingga salad, sehingga mudah untuk dimasukkan ke dalam diet sehari-hari.

6 dari 8 halaman

5. Yogurt Rendah Lemak

Yogurt rendah lemak atau tanpa lemak adalah pilihan yang baik untuk mendapatkan protein tanpa tambahan lemak jenuh. Selain itu, yogurt juga mengandung probiotik yang baik untuk kesehatan pencernaan. Pilih yogurt tanpa tambahan gula untuk manfaat kesehatan yang lebih optimal.

7 dari 8 halaman

6. Daging Ayam Tanpa Kulit

Daging ayam tanpa kulit adalah sumber protein hewani yang lebih rendah lemak jenuh dibandingkan daging merah. Memilih bagian dada ayam yang lebih rendah lemak merupakan cara yang baik untuk mendapatkan protein tanpa meningkatkan kadar kolesterol.

8 dari 8 halaman

7. Edamame

Edamame adalah kedelai muda yang kaya akan protein nabati dan serat. Selain tidak mengandung kolesterol, edamame juga dapat membantu mengelola kadar kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung. Edamame bisa dikonsumsi sebagai camilan atau tambahan dalam salad dan hidangan utama.

Memasukkan makanan-makanan ini ke dalam dietmu tidak hanya membantu memenuhi kebutuhan protein, tetapi juga mendukung kesehatan jantung dengan menjaga kadar kolesterol tetap dalam batas yang sehat. Selalu perhatikan metode memasak dan porsi untuk memastikan bahwa kamu mendapatkan manfaat maksimal dari makanan-makanan ini.     

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.