Sukses

8 Gejala Alergi yang Wajib Dipahami, Terlambat Penanganan Bisa Berdampak Fatal

Pelajari tanda-tanda alergi yang mungkin kamu alami tanpa kamu sadari.

Liputan6.com, Jakarta Alergi adalah reaksi sistem kekebalan tubuh terhadap zat-zat tertentu yang biasanya tidak berbahaya bagi kebanyakan orang. Tanda-tanda alergi sering muncul sebagai respons terhadap alergen seperti debu, serbuk sari, atau makanan tertentu.

Penting untuk mengenali tanda-tanda alergi sejak dini agar dapat segera mengambil langkah penanganan yang tepat dan menghindari komplikasi lebih lanjut. Dengan memahami gejala alergi, kamu juga dapat menghindari pemicu alergi tertentu.

Apakah Anda mengalami gejala-gejala ini? Berikut ini adalah beberapa tanda kamu mengalami alergi terhadap suatu zat tanpa disadari sebagaimana telah dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber pada Sabtu (31/8/2024):

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

1. Ruam Kulit

Ruam kulit adalah salah satu tanda alergi yang paling umum. Biasanya, ruam muncul sebagai bintik-bintik merah yang gatal dan bisa menyebar ke seluruh tubuh. Kondisi ini sering disebut dermatitis kontak atau eksim.

3 dari 9 halaman

2. Hidung Tersumbat atau Berair

Hidung tersumbat atau berair adalah gejala umum dari alergi rhinitis. Gejala ini sering muncul bersamaan dengan bersin-bersin yang tidak terkendali. Alergi jenis ini biasanya dipicu oleh alergen udara seperti serbuk sari, debu, dan bulu hewan.

4 dari 9 halaman

3. Mata Berair dan Gatal

Mata berair dan gatal juga merupakan tanda alergi. Gejala ini sering disertai dengan kemerahan dan pembengkakan di sekitar mata. Hal ini biasanya disebabkan oleh alergi terhadap serbuk sari, debu, atau bulu hewan.

5 dari 9 halaman

4. Batuk Kronis

Batuk yang tidak kunjung sembuh bisa menjadi tanda alergi. Batuk ini biasanya kering dan terjadi karena iritasi saluran pernapasan akibat alergen seperti debu atau asap rokok.

6 dari 9 halaman

5. Sesak Napas

Kesulitan bernapas atau sesak napas adalah tanda alergi yang lebih serius. Kondisi ini sering terjadi pada penderita asma alergi. Jika kamu mengalami gejala ini, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter.

7 dari 9 halaman

6. Pembengkakan di Wajah atau Tenggorokan

Pembengkakan di wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan bisa menjadi tanda alergi yang parah, dikenal sebagai angioedema. Kondisi ini bisa mengancam nyawa jika tidak ditangani dengan cepat karena dapat menghalangi saluran napas.

8 dari 9 halaman

7. Gangguan Pencernaan

Alergi makanan sering kali menimbulkan gejala pada sistem pencernaan, seperti mual, muntah, diare, atau sakit perut. Jika kamu mengalami gejala ini setelah mengonsumsi makanan tertentu, kemungkinan besar kamu memiliki alergi makanan.

9 dari 9 halaman

8. Kelelahan Berlebihan

Kelelahan yang berlebihan bisa terjadi akibat reaksi alergi yang kronis, terutama jika sistem kekebalan tubuh bekerja keras untuk menangani alergen secara terus-menerus. Waspadai jika kamu mengalami gejala ini karena bisa jadi kamu sedang mengalami alergi.

Mengenali tanda alergi sejak dini sangat penting untuk mencegah komplikasi yang lebih serius. Jika kamu atau orang terdekat mengalami salah satu dari tanda-tanda alergi di atas, sebaiknya segera konsultasikan dengan tenaga medis profesional untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.