Sukses

Resep Bolu Kemojo Khas Riau, Lembut dan Wangi Pandan

Resep bolu kemojo dulunya hanya disuguhkan pada acara-acara penting seperti upacara adat atau pernikahan.

Liputan6.com, Jakarta Resep bolu kemojo atau sering juga disebut bolu kojo atau koja, adalah salah satu kuliner tradisional khas Melayu yang berasal dari Siak, Riau. Kue ini juga populer di daerah lain seperti Bengkulu dan Palembang, Sumatera Selatan. Resep bolu kemojo dulunya hanya disuguhkan pada acara-acara penting seperti upacara adat atau pernikahan. Oleh sebab itu pada masa lalu, bolu ini kurang dikenal oleh masyarakat umum karena eksklusivitasnya.

Semuanya berubah pada tahun 1997 ketika seorang penjual bernama Dinawati mulai memperkenalkan bolu kemojo ke khalayak ramai di Riau. Sejak itu, resep bolu kemojo semakin dikenal dan digemari. Pada zaman dahulu, bolu kemojo bahkan disebut sebagai makanan para raja dan bangsawan, karena hanya orang tertentu yang mampu membuat dan menyajikan kue ini. 

Bolu kemojo memiliki warna hijau dari campuran air daun suji atau daun pandan, yang juga memberikan aroma pandan yang harum dan menyegarkan. Berbeda dengan bolu pada umumnya yang ringan dan berongga, bolu kemojo memiliki tekstur yang padat namun lembut dan sedikit basah. Cita rasanya manis dan nikmat, menyatu sempurna di lidah dengan aroma pandan yang menggoda. Berikut resep bolu kemojo yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (2/9/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bahan Resep Bolu Kemojo

  1. 150 gram gula pasir
  2. 3 butir telur ukuran sedang
  3. 12 lembar daun pandan
  4. 600 ml santan kental
  5. 1/2 sendok teh garam halus
  6. 280 gram tepung terigu (disarankan tepung terigu Segitiga Biru)
3 dari 3 halaman

Cara Membuat

  1. Cuci bersih daun pandan, lalu iris-iris kecil. Blender daun pandan bersama segelas (sekitar 200 ml) santan kental hingga daun benar-benar halus.
  2. Saring campuran daun pandan yang sudah diblender ke dalam panci. Peras sisa daun pandan yang tersisa di saringan untuk mengambil sari yang masih tertinggal.
  3. Tambahkan sisa santan ke dalam panci, tambahkan garam, lalu didihkan sebentar sambil terus diaduk-aduk. Setelah mendidih, angkat dan biarkan dingin.
  4. Kocok telur dan gula pasir menggunakan mixer dengan kecepatan tinggi hingga gula larut dan adonan telur menjadi putih serta mengembang.
  5. Turunkan kecepatan mixer ke rendah, lalu masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit hingga semua tercampur rata dan tidak ada gumpalan.
  6. Tambahkan campuran santan pandan yang telah dimasak tadi ke dalam adonan tepung dan telur. Mixer dengan kecepatan rendah hingga semua bahan tercampur rata.
  7. Siapkan cetakan bolu yang berlubang di tengahnya, olesi dengan margarin atau minyak goreng, lalu taburi sedikit tepung agar tidak lengket. Tuang adonan ke dalam cetakan hingga ketinggian sekitar 1,5 cm dari bibir cetakan.
  8. Panaskan oven pada suhu 180°C selama 10 menit. Masukkan cetakan bolu ke dalam oven dan panggang selama 45 menit hingga bagian atas bolu berwarna kecokelatan.
  9. Keluarkan cetakan dari oven dan biarkan bolu dingin terlebih dahulu sebelum dikeluarkan dari cetakan. Bolu Kemojo siap disajikan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.