Sukses

Surat Al Fatihah Tulisan Arab dan Keistimewaannya, Perlu Diketahui Umat Islam

Mempelajari dan memahami Al-Fatihah dalam tulisan Arab aslinya membuka pintu pemahaman yang lebih dalam terhadap pesan-pesan Al-Quran.

Liputan6.com, Jakarta Al Fatihah tulisan Arab adalah الفاتحة, merupakan surat pembuka Al-Quran yang memiliki kedudukan istimewa dalam ajaran Islam. Makna harfiah dari Al-Fatihah sendiri adalah "pembukaan", mencerminkan posisinya sebagai pintu gerbang menuju pemahaman dan penghayatan kitab suci umat Islam.

Keunikan dan kepentingan surat ini tercermin dari berbagai nama lain yang disematkan padanya, seperti Ummul Quran (induk Al-Quran), Ummul Kitab (induk kitab), Fatihatul Kitab (pembuka kitab) dan As-Sab'ul Matsani (tujuh ayat yang diulang-ulang).

Adapun setiap kata dan frasa dalam surat Al Fatihah tulisan Arab ini mengandung makna mendalam mencakup esensi ajaran Islam, mulai dari pujian kepada Allah, pengakuan akan kekuasaan-Nya, hingga permohonan petunjuk dalam menjalani kehidupan. Keindahan bahasa Arab yang digunakan dalam Al-Fatihah tidak hanya memikat dari segi linguistik, tetapi juga menyimpan kekayaan spiritual yang tak terbatas.

Mempelajari dan memahami Al Fatihah tulisan Arab akan membuka pintu pemahaman yang lebih dalam, terhadap pesan-pesan Al-Quran secara keseluruhan. Meskipun singkat, Al-Fatihah merangkum inti ajaran Islam tentang tauhid, ibadah dan petunjuk hidup. Berikut ini keistimewaan surat Al Fatihah tulisan Arab yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (3/9/2024). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Surat Al Fatihah Tulisan Arab

بِسْمِ ٱللَّهِ ٱلرَّحْمَٰنِ ٱلرَّحِيمِ

Arab-Latin: bismillāhir-raḥmānir-raḥīm

1. Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِينَ

al-ḥamdu lillāhi rabbil-‘ālamīn

2. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.

ٱلرَّحْمَٰنِ ٱلرَّحِيمِ

ar-raḥmānir-raḥīm

3. Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.

مَٰلِكِ يَوْمِ ٱلدِّينِ

māliki yaumid-dīn

4. Yang menguasai di Hari Pembalasan.

إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ

iyyāka na’budu wa iyyāka nasta’īn

5. Hanya Engkaulah yang kami sembah, dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan.

ٱهْدِنَا ٱلصِّرَٰطَ ٱلْمُسْتَقِيمَ

ihdinaṣ-ṣirāṭal-mustaqīm

6. Tunjukilah kami jalan yang lurus,

صِرَٰطَ ٱلَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ ٱلْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا ٱلضَّآلِّينَ

ṣirāṭallażīna an’amta ‘alaihim gairil-magḍụbi ‘alaihim wa laḍ-ḍāllīn

7. (yaitu) Jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka; bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat.

3 dari 4 halaman

Keutamaan dan Struktur Surat Al Fatihah

Surat Al-Fatihah, yang dikenal sebagai surat pembuka dalam Al-Qur'an, memegang peranan yang sangat penting dalam ibadah sehari-hari umat Islam. Surat ini terdiri dari tujuh ayat dan dijuluki sebagai "Ummul Kitab" atau "Induk Kitab" karena posisinya yang sangat sentral dan signifikan dalam kitab suci ini. Surat Al-Fatihah tidak hanya menjadi bagian dari setiap shalat, tetapi juga mencerminkan inti dari ajaran Islam dan doa yang dipanjatkan oleh umat Muslim.

Dikatakan demikian karena barang siapa yang membacanya maka akan diberi pahala yang berlimpah. Dari riwayat Abu Sa'id bin al-Mu'alla, ia mengatakan bahwa Rasullullah SAW bersabda, "Aku ajarkan kepadamu surah yang paling agung dalam Al-Qur'an, Alhamdulillahi rabbil 'alamin. Dia adalah tujuh ayat yang berulang-ulang, dan Al-Qur'an Al Azhim yang diberikan kepadaku." (HR Al-Bukhari)

Keutamaan Surat Al-Fatihah sangatlah tinggi dalam ajaran Islam. Rasulullah SAW menyebutkan dalam berbagai hadis bahwa surat ini merupakan doa yang paling utama. Beliau menegaskan bahwa shalat tidak dianggap sah tanpa membaca Surat Al-Fatihah, yang menunjukkan betapa pokoknya surat ini dalam pelaksanaan ibadah. Kehadiran Surat Al-Fatihah di setiap rakaat shalat menegaskan betapa pentingnya pesan yang terkandung di dalamnya, menjadi panduan bagi setiap umat Islam dalam berdoa dan beribadah.

Surat Al-Fatihah dimulai dengan frasa pembuka yang dikenal sebagai basmala, yaitu "Bismillahir Rahmanir Rahim" atau "Dengan nama Allah, Maha Pengasih lagi Maha Penyayang." Basmala ini bukan hanya menjadi pembuka untuk Surat Al-Fatihah, tetapi juga digunakan sebagai pembuka pada setiap surat dalam Al-Qur'an, kecuali Surat At-Taubah. Basmala mencerminkan kedekatan dan kasih sayang Allah, serta menegaskan bahwa setiap aktivitas dimulai dengan nama-Nya yang penuh berkah.

Struktur Surat Al-Fatihah terdiri dari tujuh ayat yang membentuk satu kesatuan makna. Setiap ayat dalam surat ini memiliki keunikan tersendiri dan pesan yang mendalam, membimbing umat Islam untuk menyampaikan pujian, pengakuan, doa, dan pengharapan kepada Allah. Ayat-ayat dalam surat ini terhubung secara harmonis untuk menciptakan pesan yang utuh mengenai hubungan antara umat manusia dan Tuhan.

 

4 dari 4 halaman

Keistimewaan Surat Al Fatihah

Dalam buku Rahasia Dahsyat Al Fatihah Ayat Kursi & Al Waqiah (2020) oleh Ramadhan AM, surat Al Fatihah sungguh memiliki sejumlah keistimewaan yang luar biasa. Berikut ini adalah keutamaan-keutamaannya, yakni:

1. Surat yang Paling Agung

Dikatakan demikian karena barang siapa yang membacanya maka akan diberi pahala yang berlimpah. Dari riwayat Abu Sa'id bin al-Mu'alla, ia mengatakan bahwa Rasullullah SAW bersabda, "Aku ajarkan kepadamu surah yang paling agung dalam Al-Qur'an, Alhamdulillahi rabbil 'alamin. Dia adalah tujuh ayat yang berulang-ulang, dan Al-Qur'an Al Azhim yang diberikan kepadaku." (HR Al-Bukhari)

2. Surat Terbaik dalam Al-Qur'an

Sahabat rasul yakni Ibnu Jabir ra meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda: "Wahai Abdullah bin Jabir, maukah kukabarkan kepadamu tentang sebaik-baik surat di dalam Al-Qur'an? Bacalah surat alhamdulillahi rabbil 'alamin sampai engkau menyelesaikannya." (HR Ahmad)

3. Surat Al Fatihah adalah Assab'ul Matsani

Assab'ul matsani artinya adalah tujuh ayat yang diulang-ulang. Pembacaan surat Al Fatihah yang berulang kali ini tidak lain karena memiliki hikmah yang luar biasa dalam setiap ayatnya. Selain itu angka tujuh dalam surat Al Fatihah selaras dengan hal-hal yang sudah Allah tetapkan. Contohnya terdapat tujuh surga dan tujuh neraka, langit terdiri atas tujuh lapis, dan lainnya.

4. Surat Al Fatihah adalah Al-Qur'an Al Azhim

Maksud dari Al-Qur'an Al Azhim adalah surat Al Fatihah mengandung isi yang meliputi semua aspek yang terdapat dalam Al-Qur'an secara keseluruhan. Rasulullah SAW bersabda:

"Ummul Quran (yakni, Al Fatihah) adalah tujuh ayat yang berulang-ulang, dan Al Quran Al Azhim)." (HR Al Bukhari)

5. Wajib Diajarkan pada Anak Sedini Mungkin

Setiap huruf yang dibaca dan setiap amal yang tergerak dari Allah SWT akan mengalirkan pahala jariah yang tak pernah putus. Melansir dalam buku Jatuh Cinta pada Al-Qur'an karya Muhammad Amin disebutkan orang tua sebaiknya mengajarkan Al-Qur'an kepada anak-anak kita.

"Kalau saja mereka membaca Al Fatihah 17 kali saja dalam sehari, betapa pahala jariahnya terus mengalir di rekening amal kebaikan orang tua," tulis buku tersebut. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.