Sukses

9 Jenis Orang yang Sebaiknya Kamu Hindari Karena Hanya Menguras Energi, Toxic Abis

Ada beberapa jenis orang yang mungkin lebih baik dihindari karena mereka cenderung menguras energi dan membawa pengaruh negatif dalam hidupmu.

Liputan6.com, Jakarta Sepanjang perjalanan hidup, kamu pasti kerap kali bertemu dengan berbagai macam individu. Ada  beberapa jenis orang yang mungkin lebih baik dihindari karena mereka cenderung menguras energi dan membawa pengaruh negatif dalam hidupmu.

Bukan bermaksud untuk mengotak-kotakkan atau mendiskriminasi siapa pun, tetapi kecocokan setiap orang dengan orang lain pasti berbeda-beda. Hal itu bertujuan agar kamu lebih bijak dalam memilah mana orang-orang yang layak mendapatkan waktu dan energimu dan mana yang tidak.

Beberapa individu mungkin membawa kebahagiaan dan inspirasi, sementara yang lain bisa menguras energi dan waktumu. Oleh karena itu, penting untuk mengenali jenis-jenis orang yang sebaiknya kamu hindari demi menjaga kesehatan mental dan emosional kita. Berikut adalah sembilan tipe orang yang sebaiknya dihindari sebagaimana telah dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber pada Rabu (4/9/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

1. Si Pengeluh

Seseorang yang terus-menerus mengeluhkan segala sesuatu dalam hidupnya pasti sangat melelahkan untuk dihadapi. Mereka jarang melihat sisi positif dari situasi dan cenderung terfokus pada aspek negatif. Individu seperti ini biasanya jarang merasa bersyukur dan hanya menghabiskan waktu terjebak dalam lingkaran negativitas yang tak berujung, dan kamu bisa terseret dalam energi negatif tersebut.

3 dari 11 halaman

2. Si Manipulatif

Individu yang manipulatif biasanya dapat menguras energi orang lain dengan cepat. Mereka mahir memutarbalikkan fakta dan membuatmu merasa bersalah atau terpaksa melakukan sesuatu yang sebenarnya tidak kamu inginkan. Seringkali, mereka memanfaatkan emosi untuk mencapai tujuan mereka, yang bisa sangat menguras energi dan membuatmu tertipu tanpa kamu sadari.

4 dari 11 halaman

3. Si Pesimis

Berurusan dengan orang-orang yang selalu pesimis bisa sangat menguras energi. Mereka cenderung memandang dunia dari perspektif yang gelap dan tanpa harapan. Energi negatif mereka bisa menyebar dan mengurangi semangatmu.

Mereka selalu memikirkan kemungkinan terburuk. Meskipun ini bisa membuatmu lebih realistis, namun jika berlebihan, ini tidak baik untuk kesehatan mental. Mereka mungkin sering meremehkan ide-ide atau rencanamu, membuatmu merasa tidak termotivasi dan putus asa.

5 dari 11 halaman

4. Si Drama Queen/King

Drama Queen atau Drama King adalah individu yang senantiasa mencari perhatian dan menciptakan keributan kecil di sekitarnya untuk mendapatkan simpati dan perhatian banyak orang. Orang seperti ini bisa sangat melelahkan karena sering memperbesar masalah kecil dan selalu menginginkan perhatian dari orang lain untuk merasa puas. Abaikan saja orang-orang seperti ini, karena biasanya semakin diberi perhatian, semakin mereka akan bertindak berlebihan.

6 dari 11 halaman

5. Si Egois

Tidak banyak orang yang mampu bertahan dengan individu yang egois dan hanya mementingkan diri sendiri. Orang seperti ini akan selalu menomorsatukan kepentingannya, bahkan bersedia melakukan tindakan tidak etis atau menghalangi orang lain yang dianggap sebagai pesaing atau hambatan. Ia tidak memedulikan perasaan atau kebutuhan orang lain, dan hal ini bisa membuatmu merasa tidak dihargai serta kelelahan secara emosional.

7 dari 11 halaman

6. Si Pengkritik

Selalu ada individu yang gemar mengkritik dan meremehkan orang lain. Mereka tidak pernah puas dengan apa yang kamu lakukan dan selalu mengecilkan kemampuanmu. Perilaku ini tentu bisa merusak rasa percaya diri dan harga dirimu. Mereka biasanya lebih fokus pada kekurangan dan kesalahan orang lain daripada mengapresiasi pencapaian atau prestasi yang dimiliki orang tersebut.

8 dari 11 halaman

7. Si Penggosip

Menghabiskan waktu untuk melayani orang-orang yang gemar bergosip dan membicarakan keburukan orang lain di belakang mereka tidak akan menyenangkan. Hal ini dapat menciptakan suasana yang negatif, penuh dengan ketidakpercayaan dan prasangka yang belum tentu benar. Mereka sering menyebarkan rumor dan informasi yang tidak akurat, yang pada akhirnya dapat merusak hubungan dan reputasi.

9 dari 11 halaman

8. Si Sombong

Tidak perlu membuang waktu untuk mendengarkan orang yang sombong. Mereka yang terus-menerus membicarakan pencapaian dan prestasi mereka, bahkan cenderung membesar-besarkan kemampuan, pasti membuat jengkel.

Bukan karena iri, tetapi karena selain membosankan, hal itu juga menunjukkan kurangnya kerendahan hati. Jika ada hal positif yang bisa dipelajari darinya, sesekali berteman boleh saja. Namun, jika sudah tidak tahan, lebih baik tidak perlu didengarkan.

10 dari 11 halaman

9. Si Pembohong

Seseorang yang gemar berbohong cenderung tidak konsisten dalam tindakan maupun perkataan mereka. Sikap seperti ini dapat sangat membingungkan dan membuat frustrasi. Apa yang diucapkannya mungkin bertentangan dengan kenyataan, dan dia sering mengubah rencana atau pendapat tanpa alasan yang jelas. Menghadapi pembohong memang sulit karena mereka tidak bisa dipercaya dan diandalkan, serta selalu menimbulkan kecurigaan.

 

11 dari 11 halaman

10. Si Manja

Mereka yang sangat bergantung pada orang lain untuk semua hal, mulai dari keputusan kecil hingga besar, dapat membuatmu merasa terbebani dan kelelahan. Mereka sering kali tidak berusaha menyelesaikan masalah mereka sendiri.

Itulah beberapa tipe orang yang sebaiknya tidak sering kamu tanggapi karena hanya akan membuang waktu. Untuk menjaga kesehatan mental dan emosionalmu sendiri, penting untuk mengenali tipe-tipe orang ini dan menetapkan batasan yang sehat.

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.