Sukses

Tips Sederhana Memasak Nasi Pulen ala Hokben yang Lembut, Buat Hidangan Lebih Istimewa

Ada tips untuk memasak nasi pulen ala Hokben yang bisa Anda coba di rumah.

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang mungkin bertanya-tanya bagaimana nasi Hokben bisa begitu pulen, lembut, dan nikmat saat disantap. Meskipun beberapa orang mungkin tidak menyadarinya, nasi Hokben memiliki tekstur yang sangat khas dan sulit ditandingi oleh merek lain. Apa sebenarnya rahasia di balik cara Hokben menanak nasi yang membuatnya begitu istimewa?

Untuk memasak nasi pulen ala Hokben yang lembut dengan tekstur kenyal yang enak di mulut, ada trik sederhana yang bisa diterapkan. Cukup tambahkan cuka ke dalam nasi yang sedang dimasak, maka hasilnya akan lebih pulen dan nikmat saat disantap.

Berikut ini adalah cara memasak nasi pulen ala Hokben yang bisa Anda coba di rumah. Cuka berfungsi untuk memecah serat nasi sehingga tidak kasar, tetapi tetap mempertahankan tekstur kenyalnya, membuat nasi menjadi pulen, kenyal, dan lembut di mulut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1. Bahan yang Dibutuhkan

  • beras putih yang pulen
  • 2 sdm cuka atau vinegar
  • air secukupnya
3 dari 3 halaman

2. Cara Memasak

  1. Pilih jenis beras yang tepat. Sebaiknya gunakan beras yang pulen, karena ini sangat mempengaruhi hasil akhir dari nasi yang dimasak.
  2. Perlu diingat bahwa meskipun beras tersebut pulen, hasil akhirnya bisa berbeda-beda. Tidak semua beras pulen akan memberikan hasil yang sama seperti nasi di Hokben.
  3. Cuci beras hingga bersih. Bilas beras 2-3 kali sampai airnya tidak terlalu keruh. Siapkan panci penanak nasi dan masukkan beras yang sudah dicuci ke dalamnya.
  4. Tambahkan cuka atau vinegar. Sebelum dimasak, tuangkan cuka makan atau vinegar ke dalam beras dan aduk rata. Warna beras mungkin akan sedikit berubah menjadi kekuningan, tetapi itu tidak masalah.
  5. Tambahkan air secukupnya. Gunakan ruas jari untuk mengukur jumlah air yang diperlukan. Tutup panci dan masak nasi di penanak nasi hingga matang.
  6. Pastikan Anda mengenali jenis beras yang digunakan, karena jika terlalu banyak air, beras pulen bisa menjadi lembek dan mirip bubur.
  7. Hasil akhirnya, nasi pulen akan memiliki tekstur yang lebih lembut dan empuk saat dimakan.

Jadi, cukup tambahkan cuka ke dalam beras jika ingin memasak nasi pulen di rumah. Ayo coba!

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.