Sukses

Mengenal Konsep Mana, Kekuatan Spiritual dalam Budaya Pasifik

Mana mewakili kekuatan supranatural, energi yang melingkupi dan mengalir melalui semua makhluk hidup dan benda mati.

Liputan6.com, Jakarta Dalam berbagai budaya di Pasifik, seperti Melanesia, Polinesia, dan Māori, terdapat sebuah konsep kuno yang diyakini menjadi inti dari keseimbangan alam semesta yang dikenal dengan sebutan mana. Mana mewakili kekuatan supranatural, energi yang melingkupi dan mengalir melalui semua makhluk hidup dan benda mati. 

Bagi masyarakat Polinesia, mana melambangkan kekuatan, memiliki mana berarti memiliki kekuatan untuk memimpin dan mempengaruhi. Di sisi lain, dalam budaya Māori di Selandia Baru, mana tidak hanya terbatas pada kekuatan individu tetapi juga mencakup tempat dan objek. Mana adalah sumber otoritas dan kehormatan, serta merupakan cerminan langsung dari tindakan dan keputusan yang dibuat seseorang dalam kehidupannya.

Namun, mana bukanlah kekuatan yang statis. Ia bisa meningkat atau menurun, baik pada manusia maupun objek, tergantung pada tindakan, hubungan, dan peristiwa yang terjadi di sekitarnya. Berikut ulasan lebih lanjut tentang konsep mana dari berbagai perspektif budaya, memahami bagaimana ia memengaruhi kehidupan sehari-hari dan kepercayaan spiritual masyarakat Polinesia dan Māori. Dilansir Lioutan6.com dari laman saludjuicery.com, Kamis (5/9/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Apa itu Mana

Mana adalah sebuah konsep yang terutama dikenal di kalangan masyarakat Melanesia dan Polinesia. Dalam kebudayaan mereka, mana dianggap sebagai kekuatan supranatural atau daya yang dapat dikaitkan dengan makhluk hidup maupun benda mati. Konsep ini mencakup keberadaan energi atau kekuatan yang ada dalam roh, manusia, dan objek. Mana dapat bersifat baik atau buruk, dan bisa membawa manfaat maupun menyebabkan kerugian.

Dalam pandangan masyarakat yang mempercayai konsep ini, beberapa objek dan lokasi memiliki mana yang kuat, sementara yang lainnya mungkin memiliki mana yang lemah. Kekuatan mana suatu objek ditentukan oleh lokasinya dan peristiwa-peristiwa yang pernah terjadi di sekitarnya di masa lalu.

Mana dapat bertambah atau berkurang tergantung pada tindakan pribadinya. Mana bisa dipahami sebagai energi kehidupan yang mengalir dalam diri seseorang dan mudah dipengaruhi oleh tindakan dan lingkungannya. Hubungan sosial yang dimiliki seseorang, jenis pekerjaan yang dilakukan, serta keterlibatan dalam komunitas turut memengaruhi tingkat mana seseorang. Mana sudah ada dalam diri seseorang sejak lahir, dan nilainya akan naik atau turun tergantung pada kehidupan yang dijalani.

Situasi-situasi yang penuh gejolak seringkali paling memengaruhi mana, namun cara kerja mana ini juga sangat bergantung pada budaya yang menjadi sumber pengetahuan mengenai konsep ini. Setiap kebudayaan mungkin memiliki cara pandang yang berbeda mengenai bagaimana mana bekerja dan berinteraksi dengan dunia di sekitarnya.

3 dari 5 halaman

Mana dalam Berbagai Budaya

Mana memiliki makna yang berbeda di berbagai budaya yang menjunjung tinggi konsep ini. Meskipun secara umum mana dianggap sebagai kekuatan atau energi supranatural, cara untuk memelihara dan melindungi mana bervariasi tergantung pada budaya yang diikuti. Setiap budaya memiliki praktik dan ritual unik mereka sendiri yang mencerminkan pandangan dunia dan nilai-nilai mereka terhadap mana.

Mana dalam Budaya Polinesia

Dalam budaya Polinesia, terutama di Kepulauan Hawaii, mana dianggap sebagai simbol kekuatan, pengaruh, dan otoritas. Memiliki mana berarti memiliki kualitas kepemimpinan yang sangat baik. Oleh karena itu, dalam budaya Polinesia, menjaga mana para pemimpin sangat penting untuk memastikan bahwa kekuatan mereka tetap kuat bagi kesejahteraan rakyat mereka.

Pada masa lalu, masyarakat Polinesia menganggap mana sangat serius. Mereka memiliki lagu dan nyanyian yang harus dinyanyikan dengan pelafalan yang benar. Jka tidak, konsekuensinya bisa sangat berat, hingga mengancam nyawa. Bahkan, dianggap sebagai sebuah kejahatan jika seseorang menginjak bayangan seorang pemimpin, karena dianggap dapat mengurangi mana mereka. Ini menunjukkan betapa pentingnya konsep mana dalam struktur sosial dan spiritual mereka.

Mana dalam Budaya Māori

Dalam budaya Māori di Selandia Baru, mana dipandang sebagai kekuatan spiritual yang ada dalam diri seseorang, tempat, atau objek. Meskipun ide tentang mana dalam budaya Māori mirip dengan konsep Polinesia, mereka juga memasukkan konsep tapu. Tapu adalah kekuatan tertinggi dalam kehidupan Māori selain mana. Tempat-tempat dan benda-benda yang dianggap suci disebut tapu, dan benda-benda ini juga dapat dipenuhi dengan mana.

Mana dalam budaya Māori memberikan seseorang otoritas untuk memimpin dan membuat keputusan bagi komunitasnya. Suku yang dipimpin oleh seseorang bisa menjadi sumber utama mana mereka. Jika seorang pemimpin menjalankan tugasnya dengan baik, maka mana mereka akan meningkat, namun jika mereka gagal, mana mereka akan berkurang. Dalam pandangan Māori, mana ada dalam semua jenis makhluk hidup dan benda mati, dan dapat menjadi lebih positif atau negatif tergantung pada orang, tempat, dan benda di sekitarnya.

Untuk mempertahankan mana yang positif, seseorang harus memastikan untuk memperlakukan semua orang dan segala sesuatu di sekitarnya dengan baik. Energi positif dari orang, tempat, atau objek tersebut dapat berpengaruh pada mana seseorang.

4 dari 5 halaman

Mana dan Benda Mati

Dalam konsep mana, objek-objek di alam dianggap memiliki derajat energi yang berbeda-beda. Walaupun mana cenderung lebih kuat dalam makhluk hidup dibandingkan benda mati, objek-objek tak bernyawa juga dapat memiliki mana yang relatif kuat, tergantung pada jenis dan sejarah objek tersebut. Tingkat mana pada suatu objek sangat bergantung pada tempat di mana ia berada atau peristiwa apa saja yang terjadi di sekitarnya.

Sebagai contoh, gunung berapi dianggap memiliki mana yang tinggi karena sifatnya yang mudah berubah atau meletus. Demikian pula, tanah atau daerah yang rentan terhadap bencana alam, seperti gempa bumi atau badai, seringkali dikaitkan dengan tingkat mana yang tinggi. Lokasi-lokasi yang pernah menjadi saksi peristiwa besar, seperti medan pertempuran, umumnya memiliki mana yang lebih tinggi dibandingkan dengan tanah yang mengalami peristiwa yang lebih tenang atau tidak begitu signifikan.

Mana juga bisa ada dalam objek-objek yang dimiliki oleh seseorang. Dalam kebudayaan Melanesia, misalnya, alat-alat penting diperlakukan dengan sangat hati-hati untuk memastikan bahwa mereka mempertahankan mana yang positif. Jika suatu objek mengalami waktu yang buruk atau perlakuan yang tidak baik, objek tersebut berpotensi memiliki mana negatif.

Pemahaman tentang mana dalam objek menunjukkan bahwa tidak hanya makhluk hidup yang memiliki energi atau kekuatan supranatural, tetapi benda-benda mati pun dapat terpengaruh oleh kejadian dan kondisi di sekitarnya. Konsep ini menekankan pentingnya menjaga hubungan yang harmonis dengan objek-objek di sekitar kita agar dapat memelihara energi yang baik dan menghindari energi negatif yang mungkin timbul dari peristiwa atau perlakuan yang tidak tepat.

5 dari 5 halaman

Mana dan Makhluk Hidup

Makhluk hidup dianggap memiliki energi yang melimpah dalam konsep mana. Hal ini sangat terlihat terutama pada manusia. Meskipun tumbuhan dan hewan juga memiliki mana, manusia dipercaya memiliki tingkat mana tertinggi di antara semua makhluk hidup. Namun, tingkat mana pada setiap individu bisa berbeda-beda, tergantung pada berbagai faktor seperti jenis kelamin, pola makan, dan posisi seseorang dalam masyarakat.

Dalam beberapa budaya yang mempercayai konsep ini, perempuan secara alami dianggap memiliki mana yang lebih tinggi dibandingkan laki-laki. Hal ini sebagian disebabkan oleh sistem reproduksi wanita, yang kemampuan untuk bereproduksi dianggap mencerminkan keberadaan mana yang sangat tinggi. Meskipun ada perbedaan mana berdasarkan gender, penting bagi setiap orang untuk menjaga mana mereka tetap pada tingkat yang positif.

Ada cara-cara tertentu yang dapat dilakukan seseorang untuk menjaga dan melindungi mana mereka, termasuk melalui pemilihan makanan yang tepat dan praktik menjaga kesehatan tubuh. Hal ini sangat penting terutama ketika seseorang sedang bersiap menghadapi situasi sulit yang berpotensi mengurangi tingkat mana mereka. Memperlakukan tubuh dengan hati-hati dan menjaga kesehatan sebelum menghadapi situasi-situasi tersebut dapat membantu seseorang memasuki keadaan dengan mana yang positif.

Selain itu, objek-objek yang dimiliki seseorang dan tingkat mana yang ada pada objek tersebut juga dapat mempengaruhi mana individu. Misalnya, objek yang diperlakukan dengan buruk mungkin memiliki mana negatif yang dapat mempengaruhi pemiliknya. Oleh karena itu, untuk melindungi mana mereka sendiri, seseorang perlu memperlakukan barang-barang miliknya dengan baik. Jika seseorang memperlakukan barang miliknya dengan buruk, ini bisa berdampak negatif pada mana mereka sendiri.

Konsep mana dalam diri manusia menekankan pentingnya menjaga keseimbangan energi positif melalui tindakan, makanan, dan cara memperlakukan diri sendiri serta benda-benda di sekitar. Ini mencerminkan pemahaman mendalam tentang hubungan antara manusia, kesehatan, dan kesejahteraan spiritual dalam budaya yang memegang konsep ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.