Sukses

8 Ciri Bayi Siap MPASI yang Wajib Diketahui Para Orang Tua, Jangan Terlewatkan

MPASI, atau Makanan Pendamping ASI, adalah tahap transisi dari ASI eksklusif menuju makanan padat yang lebih beragam.

Liputan6.com, Jakarta Memahami tanda bahwa bayi siap untuk MPASI adalah langkah krusial dalam perkembangan sang buah hati. MPASI, atau Makanan Pendamping ASI, adalah tahap transisi dari ASI eksklusif menuju makanan padat yang lebih beragam.

Para orang tua perlu mengenali indikator ini agar dapat memberikan makanan yang sesuai dengan kebutuhan dan kesiapan bayi. Salah satu tanda bahwa bayi siap untuk MPASI adalah kemampuan bayi untuk duduk dengan sedikit dukungan.

Artikel ini secara khusus akan memaparkan beragam tanda atau ciri seorang anak siap untuk MPASI yang wajib diketahui para orang tua. Berikut penjelasan selengkapnya sebagaimana telah dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber pada Jumat (06/09/2024):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

1. Usia Enam Bulan

Salah satu tanda bayi siap MPASI yang paling jelas adalah ketika bayi kamu telah mencapai usia enam bulan. Pada usia ini, sistem pencernaan bayi umumnya sudah cukup matang untuk memproses makanan padat.

3 dari 9 halaman

2. Dapat Duduk dengan Dukungan Minimal

Bayi yang siap menerima MPASI biasanya sudah dapat duduk dengan dukungan minimal. Kemampuan ini penting karena membantu bayi menelan makanan dengan lebih mudah dan mengurangi risiko tersedak.

4 dari 9 halaman

3. Menunjukkan Minat pada Makanan

Ciri selanjutnya adalah bayi menunjukkan ketertarikan pada makanan. Jika bayi mulai menunjukkan minat pada makanan yang kamu makan, seperti mencoba meraih makanan atau membuka mulut saat makanan mendekat, ini bisa menjadi tanda bayi siap MPASI.  

5 dari 9 halaman

4. Kehilangan Refleks Ekstrusi

Refleks ekstrusi adalah refleks alami bayi untuk mendorong benda asing keluar dari mulutnya. Ketika refleks ini mulai menghilang, biasanya sekitar usia enam bulan, ini menunjukkan bahwa bayi mungkin siap untuk mencoba makanan padat.

6 dari 9 halaman

5. Meningkatnya Kebutuhan Nutrisi

Seiring pertumbuhan, kebutuhan nutrisi bayi meningkat dan ASI saja mungkin tidak lagi cukup untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Jika bayi terlihat lebih sering lapar dan tidak puas setelah menyusui, ini bisa menjadi tanda bahwa mereka siap untuk MPASI.

7 dari 9 halaman

6. Koordinasi Mata, Tangan, dan Mulut yang Baik

Bayi yang siap menerima MPASI biasanya sudah memiliki koordinasi mata, tangan, dan mulut yang baik. Ini memungkinkan mereka untuk mengambil makanan dan memasukkannya ke dalam mulut dengan lebih mudah.

8 dari 9 halaman

7. Berat Badan yang Cukup

Bayi yang siap untuk MPASI biasanya memiliki berat badan yang cukup, setidaknya dua kali lipat dari berat lahirnya. Berat badan yang cukup menandakan bahwa bayi telah mendapatkan nutrisi yang baik dari ASI dan siap untuk menerima tambahan nutrisi dari makanan padat.

9 dari 9 halaman

8. Sudah Bisa Menahan Kepala dan Leher Tetap Tegak

Kemampuan bayi untuk mengangkat kepala sendiri merupakan tanda awla lainnya bahwa dia siap untuk MPASI. Pastikan si kecil juga mampu menahan lehernya tetap tegak dengan stabil yang artinya dia sudah bisa menjaga keseimbangan tubuhnya saat makan. 

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.