Sukses

Butuh Proses Panjang, Ini 6 Tanda Kamu Menjadi Pribadi yang Lebih Baik Seiring Waktu

Menjadi pribadi yang lebih baik adalah tujuan yang mulia, meskipun memerlukan usaha serta introspeksi diri yang berkelanjutan.

Liputan6.com, Jakarta Seringkali, menjadi pribadi yang lebih baik seiring berjalannya waktu bukanlah hal yang mudah. Seringkali pun seseorang merasa kesulitan menilai diri sendiri dengan objektif. Justru orang lain yang bisa melihat dan mendengar tindakan serta ucapanmu dengan lebih jeli.

Namun, ada beberapa tanda yang bisa dijadikan acuan bahwa kita sedang mengalami perkembangan positif, atau setidaknya sudah menjadi pribadi yang lebih baik seiring bertambahnya pengalaman, usia, dan berjalannya waktu.

Menjadi pribadi yang lebih baik adalah tujuan yang mulia, meskipun memerlukan usaha serta introspeksi diri yang berkelanjutan. Perubahan ini tidak terjadi dalam semalam, melainkan melalui proses yang panjang dan bertahap.

Berikut beberapa tanda yang menunjukkan bahwa kamu sedang berkembang menjadi versi dirimu yang lebih baik seiring waktu, sebagaimana dilansir Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (7/9/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Tidak mudah menghakimi orang lain

Saat kamu berhenti hobi menghakimi, berasumsi, atau memberikan penilaian kasar terhadap orang lain secara sembarangan, itu merupakan tanda bahwa kamu sedang berkembang menjadi pribadi yang lebih baik. Mungkin perilaku tersebut sering kamu lakukan tanpa disadari.

Ini adalah bagian dari proses belajar tentang kehidupan yang alami. Namun, pada akhirnya kamu akan menyadari bahwa berpikiran terbuka dan tidak menghakimi orang lain adalah hal yang lebih baik. Dengan demikian, kamu menjadi lebih hati-hati dan dewasa dalam menilai, karena bisa saja penilaianmu salah dan memalukan.

3 dari 7 halaman

2. Kemampuan mengelola emosi

Seiring berjalannya waktu, kemampuan untuk mengelola emosi adalah bukti bahwa kamu telah tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik.

Kamu mungkin mendapati dirimu lebih mampu meredam amarah, mengatasi kecemasan, melepaskan kendali atas hal-hal di luar kuasamu, bersabar menghadapi orang yang menjengkelkan, atau menghadapi situasi stres dengan ketenangan. Semua ini menunjukkan bahwa kamu telah belajar untuk mengendalikan respons emosionalmu dan tidak membiarkan emosi negatif menguasaimu.

4 dari 7 halaman

3. Melatih tanggung jawab

Seiring berjalannya waktu dan bertambahnya usia, kamu belajar untuk mengambil tanggung jawab besar dengan lebih baik. Kamu tidak lagi menghindar dari kenyataan, mengelak dari konsekuensi yang telah kamu pilih, atau menyesali tindakan masa lalu yang tidak bertanggung jawab yang ternyata merugikan orang lain.

Kesadaran untuk melatih tanggung jawab inilah yang menunjukkan bahwa kamu akhirnya menjadi lebih dewasa dalam hidup. Kamu bertanggung jawab atas tindakanmu, keputusanmu, dan dampaknya terhadap orang lain.

5 dari 7 halaman

4. Tidak lagi egois

Walaupun sekilas egoisme tampak sebagai sifat yang selalu melekat pada setiap individu, namun intensitasnya mungkin berbeda antara masa lalu dan masa kini. Dahulu, mungkin kamu selalu berambisi untuk menjadi yang terdepan, enggan kalah, dan bahkan tidak ragu menggunakan cara yang kurang baik untuk menjegal orang lain demi mencapai tujuanmu.

Namun, akhir-akhir ini kamu mulai lebih santai dalam merespons hal-hal yang memang bukan bagian dari jalan takdirmu. Kamu kini tidak lagi hanya memikirkan dirimu sendiri, tetapi juga mulai menunjukkan toleransi terhadap orang lain.

6 dari 7 halaman

5. Introspektif dan semakin sadar diri

Kemampuan untuk merenungkan dan mengevaluasi diri sendiri merupakan indikasi kuat bahwa kamu sedang berkembang menjadi versi dirimu yang lebih baik. Pada akhirnya, kamu tidak lagi menyalahkan keadaan, situasi, atau orang lain atas hal-hal yang tidak berjalan sesuai harapanmu.

Kamu mampu berdamai dengan masa lalu dan kekecewaan, serta melihat ke dalam diri sendiri untuk menemukan apa yang perlu diperbaiki agar tidak menjadi sombong dan dapat melanjutkan hidup dengan lebih positif.

7 dari 7 halaman

6. Tidak mudah tersinggung

Siapa sangka, tingkat ketersinggungan terhadap berbagai hal dalam hidup dapat mencerminkan apakah kamu sudah menjadi pribadi yang lebih baik atau belum. Ketika kamu tidak lagi mudah terpancing untuk merespons segala sesuatu dengan kemarahan, kekesalan, atau keluhan, itu adalah tanda bahwa kamu telah berkembang menjadi pribadi yang lebih baik.

Kamu tidak lagi bereaksi terhadap setiap ketidaknyamanan kecil atau komentar yang tak menyenangkan dengan emosi berlebihan. Sebaliknya, kamu menyikapinya dengan lebih santai, tidak terganggu, dan tidak selalu defensif atau agresif. Kamu justru lebih sering merasa bersyukur, sehingga hidupmu menjadi lebih tenang.

Menjadi lebih dewasa seiring berjalannya waktu memang bukan perkara mudah, tapi juga bukan hal yang mustahil. Hal ini menunjukkan bahwa kamu telah mencapai kedewasaan dan siap menghadapi tantangan hidup yang lebih kompleks.

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.