Sukses

5 Tips Menentukan Skincare Aman dan Berkualitas, Panduan untuk Pemula

Menentukan Produk Skincare yang Aman dan Berkualitas

Liputan6.com, Jakarta Memilih produk skincare yang berkualitas bisa menjadi tantangan tersendiri, terutama bagi pemula yang baru mulai merawat kulit. Dengan begitu banyak pilihan yang tersedia di pasaran, penting untuk memahami fungsi utama dari setiap produk skincare sebelum memutuskan untuk membelinya.

Pengetahuan ini tidak hanya membantu dalam memilih produk yang tepat, tetapi juga memastikan bahwa produk tersebut aman dan efektif untuk digunakan. Selain memahami fungsi utama dari produk skincare, penting juga untuk mengetahui cara penggunaannya. Penggunaan yang benar dapat memaksimalkan manfaat dari produk tersebut dan mencegah efek samping yang tidak diinginkan.

Oleh karena itu, selalu perhatikan petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan dan pastikan untuk mengikuti langkah-langkah tersebut dengan tepat.  Faktor lain yang perlu diperhatikan adalah bahan-bahan yang terkandung dalam produk skincare. Bahan-bahan berbahaya dapat merusak kulit dan berdampak negatif terhadap kesehatan dalam jangka panjang.

Oleh karena itu, selalu periksa daftar bahan pada kemasan produk dan hindari bahan-bahan yang diketahui berbahaya, dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis(12/9/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tips Memilih Skincare

1. Kemasan

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memeriksa kondisi kemasan produk. Kemasan yang baik memiliki kondisi yang utuh, bentuk dan warnanya pun merata. Kemasan juga tidak dalam kondisi penyok atau rusak, tidak pecah atau tidak stabil.

2. Label

Berdasarkan Perka BPOM Nomor 30 Tahun 2020 Tentang Persyaratan Teknis Penandaan Kosmetika, kosmetik wajib mencantumkan label yang lengkap. Label lengkap meliputi nama kosmetik, netto, kegunaan dan cara penggunaan, komposisi, peringatan dan perhatian, 2D barcode, nama dan pemohon notifikasi, nomor notifikasi, nomor batch dan tanggal kedaluwarsa.

3. Izin Edar

Kosmetika wajib memiliki izin edar berupa notifikasi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan. Nomor notifikasi ditandai dengan kode “N”, diikuti satu huruf dan 11 digit angka seperti berikut; NA12345678901 atau NB12345678901 atau NC12345678901 atau ND12345678901 atau NE12345678901.

3 dari 3 halaman

Apa Saja yang Harus Diketahui

4. Periksa Izin BPOM

Untuk mengetahui atau memeriksa izin edar kosmetik, Anda bisa membuka situs cekbpom.pom.go.id atau menggunakan aplikasi BPOM mobile dengan memindai barcode 2D.

5. Periksa Tanggal Kadaluarsa

Produk kosmetik memiliki masa kadaluarsa. Tanggal kadaluarsa biasanya ditulis dengan format tanggal-bulan-tahun atau bulan-tahun. Selain mengetahui tips di atas, Anda juga perlu memeriksa peringatan publik melalui situs web BPOM. Di situs tersebut, biasanya terdapat pemberitahuan mengenai daftar kosmetik ilegal, lengkap dengan informasi bahan berbahaya yang dilarang digunakan dalam kosmetik.

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.