Sukses

Selain Nyeri Dada, Berikut 10 Tanda Masalah Jantung yang Harus Segera Diperiksa

Serangan jantung kerap terjadi tanpa gejala yang jelas dan menjadi salah satu penyebab utama kematian di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Penyakit jantung, yang sering dikenal di kalangan masyarakat sebagai 'Silent Killer', memiliki alasan kuat di balik julukan tersebut. Serangan jantung kerap terjadi tanpa gejala yang jelas dan menjadi salah satu penyebab utama kematian di Indonesia.

Kenyataan ini menekankan betapa pentingnya melakukan pemeriksaan dini untuk mendeteksi potensi serangan, kelainan, atau gangguan pada jantung. Segera konsultasikan kondisi jantung Anda jika mengalami gejala-gejala yang terasa berbeda.

Masalah jantung yang tidak segera ditangani dapat berakibat fatal. Berikut adalah tanda-tanda masalah jantung yang harus segera diperiksakan, sebagaimana dihimpun oleh Liputan6.com dari berbagai sumber pada Kamis (12/9/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tanda masalah jantung yang harus segera diperiksa

1. Nyeri dada

Rasa nyeri atau tekanan di dada, terutama saat beraktivitas fisik atau mengalami stres, bisa menjadi tanda adanya penyakit jantung koroner.

2. Sesak napas

Kesulitan bernapas, terutama saat beraktivitas atau berbaring, dapat menjadi indikasi masalah pada jantung, seperti gagal jantung.

3. Detak jantung tidak teratur

Detak jantung yang terlalu cepat, terlalu lambat, atau tidak beraturan (palpitasi) bisa menunjukkan adanya gangguan irama jantung (aritmia).

4. Kelelahan yang berlebihan

Rasa lelah yang luar biasa tanpa sebab yang jelas, terutama setelah melakukan aktivitas ringan, bisa menjadi tanda bahwa jantung tidak memompa darah dengan efektif.

5. Pembengkakan di kaki, pergelangan kaki, atau perut

Retensi cairan yang menyebabkan pembengkakan di bagian tubuh ini bisa menjadi tanda adanya gagal jantung.

 

3 dari 3 halaman

Tanda masalah jantung yang harus segera diperiksa

6. Pingsan atau pusing

Jika Anda tiba-tiba pingsan atau merasa sangat pusing tanpa alasan yang jelas, ini bisa menjadi indikasi adanya gangguan aliran darah ke otak akibat masalah jantung.

7. Berkeringat berlebihan

Keringat dingin yang muncul secara tiba-tiba, terutama saat Anda tidak sedang melakukan aktivitas fisik, bisa menjadi tanda awal serangan jantung.

8. Nyeri yang menyebar ke lengan, leher, atau rahang

Nyeri yang menjalar dari dada ke lengan, leher, atau rahang bisa menjadi peringatan adanya serangan jantung yang perlu diwaspadai.

9. Riwayat penyakit jantung dalam keluarga

Jika ada anggota keluarga yang memiliki riwayat penyakit jantung, sangat penting untuk rutin memeriksakan kesehatan jantung Anda, meskipun belum ada gejala yang muncul.

10. Mempunyai faktor risiko kardiovaskular

Faktor risiko seperti tekanan darah tinggi, diabetes, kolesterol tinggi, obesitas, dan kebiasaan merokok adalah hal-hal yang harus diperhatikan dengan serius.

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.