Sukses

5 Rekomendasi Sekolah Internasional di Jakarta, dari SD hingga SMA

Jakarta sebagai ibu kota menjadi rumah bagi sejumlah sekolah internasional terkemuka yang menawarkan pendidikan berkualitas tinggi dari tingkat dasar hingga menengah atas.

Liputan6.com, Jakarta Jakarta sebagai ibu kota Indonesia, menjadi rumah bagi sejumlah sekolah internasional terkemuka yang menawarkan pendidikan berkualitas tinggi dari tingkat dasar hingga menengah atas. Sekolah-sekolah ini, seperti Jakarta Intercultural School (JIS) hingga Australian Independent School (AIS), menawarkan kurikulum internasional yang diakui secara global.

Kehadiran sekolah-sekolah internasional ini tidak hanya memenuhi kebutuhan pendidikan anak-anak ekspatriat, tetapi juga menjadi pilihan bagi keluarga lokal yang menginginkan pendidikan bertaraf internasional untuk anak-anak mereka.

Salah satu keunggulan utama sekolah internasional di Jakarta adalah lingkungan belajar multikultural yang mempersiapkan siswa untuk menjadi warga global. Sekolah-sekolah ini umumnya dilengkapi dengan fasilitas modern, termasuk laboratorium sains canggih, studio seni, fasilitas olahraga, dan perpustakaan digital yang mendukung pembelajaran berbasis teknologi.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai rekomendasi sekolah internasional di Jakarta yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Senin (9/9/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1. Sampoerna Academy Jakarta

Sekolah Sampoerna Academy menyediakan tingkat pendidikan tingkat pra sekolah (playgroup, pre-kindergarten), SD, SMP, dan SMA. Sekolah internasional di Jakarta ini berlokasi di L' Avenue Campus Jalan Raya Pasar Minggu, Pancoran, Jakarta Selatan.

Perlu diketahui bahwa kurikulum dan metodologi yang digunakan adalah science, technology, engineering, arts, dan math (STEAM) berbasis Amerika. Fasilitas yang disediakan sekolah adalah area bermain, ruang olahraga, lab, serta beberapa akses ke lapangan bermain yang lebih besar dan kolam renang dengan perjanjian sewa.

Dilansir situs sampoernaacademy.sch.id, bagi anda yang ingin mengetahui biaya sekolah internasional di Jakarta ini adalah sebagai berikut:

  1. SD Internasional antara Rp 100 - 200 juta per tahun.
  2. SMP Internasional Rp 150 - 300 juta per tahun.
  3. SMA internasional antara Rp 250 - 500 juta per tahun.
  4. Biaya sekolah internasional di Sampoerna Academy berkisar Rp 26 juta/tahun untuk pra sekolah, hingga Rp150 juta/tahun untuk kelas 12.

Biaya tadi adalah biaya di luar dari biaya pendaftaran (1x bayar untuk siswa baru), buku, pendukung pembelajaran, seragam, karyawisata, ESL, kursus, chromebooks dan laptop, ujian eksternal, dan layanan khusus lainnya.

 

2. Jakarta Intercultural School (JIS)

Rekomendasi sekolah internasional di Jakarta berikutnya adalah Jakarta Intercultural School atau JIS. JIS terdiri dari kelas PAUD, TK, SD, SMP, dan SMA. Sekolah internasional ini menawarkan lingkungan belajar yang terakreditasi oleh Western Association of Schools and Colleges dan Council of International Schools.

Untuk program akademik tingkat PAUD didasarkan pada The Creative Curriculum. Untuk kurikulum SMP akan berbasis penelitian lewat pengalaman intelektual, fisik, budaya, dan sosial yang sesuai usia.

Sedangkan, untuk SMA program akademiknya dipersiapkan untuk masuk ke universitas. Dengan pilihan untuk mengambil diploma/kursus International Baccalaureate (IB), serta Advanced Placement (AP).

Bagi anda yang ingin mengetahui biaya sekolah internasional di Jakarta ini, biaya masuk sekolah JIS untuk tingkat PAUD setengah hari totalnya Rp 261 jutaan. Sementara, untuk PAUD hari penuh totalnya Rp 337,8 juta.

Tingkat TK biaya totalnya Rp 455,9 juta. Dengan rincian pendaftaran RP 23,4 juta, saldo biaya pendidikan Rp 372 juta, dan modal Rp 59,6 juta. Ada juga biaya tambahan untuk kegiatan siswa elektif atau diskresioner, serta biaya bahasa Inggris sebagai bahasa tambahan (EAL) sebesar Rp 65 juta untuk satu kali (bagi siswa yang membutuhkan dukungan EAL).

Berbeda dengan sekolah internasional di Jakarta lainnya, JIS memiliki lokasi sekolah yang menyebar, yakni:

  1. Kampus Cilandak, berada di Jalan Terogong Raya No. 33, Cilandak Bar., Kec. Cilandak, Jakarta Selatan.
  2. Kampus Pattimura, berada di Jl. Pattimura Blok I No.2, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.
  3. Kampus Pondok Indah, berada di Jl. Duta Indah III, Pondok Indah, Jakarta Selatan.
3 dari 3 halaman

3. ACG School Jakarta

Rekomendasi sekolah internasional di Jakarta berikutnya adalah ACG School Jakarta. ACG School Jakarta berlokasi di Jalan Warung Jati Barat (Taman Margasatwa Raya) No.19 10, RT.10/RW.5, Jati Padang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Sekolah internasional ini tersedia untuk tingkat TK hingga SMA. Sekolah ini menyediakan kurikulum Cambridge International dengan pengalaman menggabungkan studi internasional dengan pemahaman budaya. Siswa The International General Certificate of Secondary Education (IGCSE) mendapatkan manfaat dari kualifikasi yang diakui secara global yang menawarkan kurikulum yang luas.

Bagi anda yang ingin mengetahui biaya sekolah internasional di Jakarta ini pada ajaran tahun 2023/2024 untuk Kindergarten 3 sebesar Rp 143,3 juta per tahun. Sedangkan untuk Kindergarten 4 atau TK A sebesar Rp 75,9 juta per tahun.

Adapun untuk Year 2 atau SD-1 sebesar Rp 261,4 juta per tahun, hingga Years 12 to 13 sebesar Rp 340,7 juta per tahun. Namun, akan ada beberapa biaya lainnya juga seperti biaya seragam, buku tulis, ELS, special student services (SSS), hingga biaya ujian.

 

4. Australian Independent School (AIS)

Rekomendasi sekolah internasional di Jakarta berikutnya adalah Australian Independent School atau AIS. Sekolah internasional ini berlokasi di Jalan Pejaten Barat Raya No.68 5, RT.5/RW.7, Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

AIS Indonesia menyediakan pendidikan mulai dari prasekolah hingga SMA. AIS adalah sekolah berstatus International Baccalaureate (IB) World. Kurikulum yang diajarkan oleh sekolah internasional ini didasarkan pada Kurikulum Australia untuk jenjang prasekolah sampai kelas 10. Sedangkan, untuk siswa Kelas 11 dan 12 akan mengambil jalur program IB Diploma atau menuntaskan pendidikannya dengan ijazah SMA.

Dikutip dari laman ais-indonesia.com, bagi anda yang ingin mengetahui biaya sekolah internasional di Jakarta ini berikut adalah daftar biaya AIS Jakarta 2024:

a. Biaya Awal

  • Biaya pendaftaran Rp 5 juta
  • Refundable notice deposit Rp 10 juta

b. Retribusi Modal dan Fasilitas

  • Preschool atau PAUD 3 - 4: Rp 26,5 juta per tahun
  • Foundation = Year 12: Rp 53 per tahun
  • SSC (Support Service Centre): Rp 53 per tahun

c. Tuition Fees (Biaya Pendidikan)

  • Preschool 3 sebesar Rp 123,3 juta per tahun (opsi sekolah 3 hari/minggu sebesar Rp 74 juta/tahun).
  • Preschool 4 sebesar Rp 160,5 juta per tahun (opsi sekolah 3 hari/minggu sebesar Rp 96,3 juta/tahun).
  • Tingkat dasar Year 1 sebesar Rp 323,3 juta per tahun (Non-EAL) dan Rp 357,8 juta/tahun (EAL).
  • Year 7 - 10 (Non-EAL) sebesar Rp 378, 2 juta/tahun dan Rp 412 juta/tahun (EAL)
  • Year 11 - 12 sebesar Rp 389,6 juta/tahun.

 

5. Highscope Indonesia

Rekomendasi sekolah internasional di Jakarta berikutnya adalah Highscope Indonesia. Sekolah internasional ini memiliki program akademis mulai dari PAUD hingga SMA.  Highscope Indonesia mengimplementasikan 178 Learning Framework yang dibangun di atas filosofi pembelajaran konstruktif.

Konten pembelajaran yang mengharuskan siswa untuk fokus pada pemikiran konseptual, yang disesuaikan dengan kecepatan unik setiap individu. Hal ini mengarah pada penyempurnaan keterampilan abad ke-21.

Bagi anda yang ingin mengetahui biaya sekolah internasional di Jakarta ini, berikut rinciannya:

a. SHI TB. Simatupang

  • Program Early Childhood mulai dari Rp 20-40 juta (biaya pendaftaran) dengan biaya sekolah antara Rp 6,7 - 10,9 juta.
  • SD Rp 78 juta (biaya pendaftaran), dengan biaya sekolah grade 1-6 sebesar Rp 6,9 juta dan untuk grade 6 sebesar Rp 7,3 juta.
  • SMP Rp 72 juta (biaya pendaftaran) dan biaya sekolah sebesar Rp 7,5 juta.
  • SMA Rp 76 juta (biaya pendaftaran) dan biaya sekolah sebesar Rp 8,2 juta.

b. SHI Unit Kuningan (Program Early Childhood)

  • Balita/preschool Rp 9 juta (biaya pendaftaran) dan Rp 9 juta (biaya sekolah)
  • TK Rp 22 juta (biaya pendaftaran) dan Rp 9 juta (biaya sekolah)

Berbeda dengan sekolah internasional di Jakarta lainnya,  Highscope Indonesia memiliki lokasi sekolah yang menyebar, yakni:

  • Jalan TB Simatupang No.8, RT.1/RW.2, Cilandak Bar., Kec. Cilandak, Jakarta Selatan.
  • Horison Suites and Residence, Ground Floor Fl, South Podium, Taman Rasuna Apartemen, Jl. HR Rasuna Said ,Jakarta Selatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.