Sukses

10 Tips Alami Mengurangi Lemak Menumpuk di Lengan, Biar Sehat dan Tambah Percaya Diri

Jika dilakukan dengan tekun dan konsisten, cara-cara praktis untuk mengurangi lemak di lengan ini akan memberikan hasil nyata yang tidak akan mengecewakanmu.

Liputan6.com, Jakarta Setiap individu pasti mendambakan bentuk tubuh yang ideal agar dapat menjalani aktivitas sehari-hari dengan percaya diri dan bahagia. Namun, bagaimana jika lemak di lengan sulit hilang dan bergelambir? Tentu hal ini sangat mengganggu dan keinginan untuk segera mengurangi lemak tersebut menjadi sangat kuat. Sayangnya, menghilangkan lemak di lengan sering kali menjadi tantangan yang tidak mudah.

Penting untuk diketahui bahwa ada beberapa alasan mengapa lemak di lengan sulit diatasi. Di antaranya adalah metabolisme yang tidak seimbang, peningkatan massa lemak tubuh, serta otot yang tidak lagi kencang sehingga terjadi enkapsulasi lemak. Alasan lainnya termasuk obesitas, faktor genetik, dan kurangnya aktivitas fisik sehari-hari.

Memang, mengurangi lengan yang berlemak dan bergelambir memerlukan usaha dan waktu. Namun, jangan khawatir, masih ada beberapa tips yang bisa kamu coba. Jika dilakukan dengan tekun dan konsisten, cara-cara praktis untuk mengurangi lemak di lengan ini akan memberikan hasil nyata yang tidak akan mengecewakanmu. Jadi, apa saja tips yang bisa dilakukan? Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (10/9/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

1. Lakukan Diet Gula

Berbagai makanan dan minuman yang mengandung gula memang memiliki rasa yang nikmat dan sulit sekali untuk ditolak. Misalnya saja seperti ice cream, soda, hingga aneka kue yang creamy. Tetapi, kamu tahu nggak sih bahwa beragam jenis santapan seperti ini bisa menjadi salah satu penyebab utama penumpukan lemak, termasuk pada lengan.

Itulah mengapa, cara mengurangi lemak menumpuk di lengan yang harus dilakukan adalah dengan mengurangi konsumsi gula berlebih. Menerapkan diet semacam ini dapat lebih efektif sebagai salah satu cara mengecilkan lengan atas tanpa olahraga.

Sebagai gantinya, kamu bisa memilih makanan dan minuman yang mengandung gula alami, seperti buah-buahan atau air tebu. Terapkan cara mengecilkan lengan wanita dan rasakan hasil nyatanya.

3 dari 11 halaman

2. Konsumsi Lebih Banyak Protein

Jika ingin mengurangi lemak menumpuk di lengan, maka diet menggunakan protein bisa jadi solusi jitunya. Ya, protein sendiri merupakan nutrisi yang dapat membantu mempercepat metabolisme dan meningkatkan pembakaran lemak. Selain itu, protein juga berperan penting dalam memperbaiki dan membangun otot, termasuk otot di lengan.

Jika melihat orang-orang yang sedang dalam proses pembentukan tubuh, mereka biasanya akan mengonsumsi lebih banyak asupan protein ketimbang jenis makanan lainnya. Sebab, memang seefektif itu manfaat protein dalam membantu mengurangi lemak di lengan susah hilang. Ini juga yang menjadi alasan mengapa protein sering disebut sebagai makanan pembakar lemak yang bisa diandalkan. 

Kamu bisa mengonsumsi sumber protein berkualitas tinggi, seperti daging tanpa lemak, ikan, telur, dan kacang-kacangan. Dengan menambah asupan protein, kamu pasti akan merasa kenyang lebih lama dan mengurangi keinginan untuk ngemil secara berlebihan.

4 dari 11 halaman

3. Makan Lebih Sedikit, Tetapi Sering

Mengurangi lemak menumpuk di lengan bisa pula dilakukan dengan mengonsumsi makanan lebih sedikit, tetapi dalam frekuensi yang cukup sering. Alih-alih makan dalam porsi besar tiga kali sehari, cobalah untuk makan lebih sedikit tetapi sering sepanjang hari. Pola makan ini dapat membantu menjaga kestabilan kadar gula darah dan menghindari makan berlebihan. 

Dengan membagi makanan menjadi 4-6 kali sehari dalam porsi lebih kecil, tubuh dapat membakar kalori lebih efisien. Cara mengecilkan lengan wanita ini mungkin akan kurang praktis dilakukan, terlebih buat kamu yang punya waktu luang terbatas akibat rutinitas padat sehari-hari. Tapi percayalah, menerapkan tips ini mampu mengurangi lemak menumpuk di lengan dengan lebih cepat.

5 dari 11 halaman

4. Lakukan Olahraga Angkat beban

Jangan malas melakukan olahraga mengecilkan lengan hanya karena memiliki aktivitas yang banyak. Selain bantu menjaga kesehatan fisik, olahraga pun dapat membantu mengurangi lemak menumpuk di lengan. Kamu bisa mencoba latihan angkat beban sebagai salah satu olahraga mengecilkan lengan terbaik. Fokus pada latihan yang melibatkan otot-otot lengan, seperti push-up, bicep curls, dan tricep dips. 

Mencoba latihan angkat beban dengan menggunakan alat gym untuk mengecilkan lengan pun juga bisa menjadi alternatif bagus buat kamu. Dengan latihan angkat beban secara rutin, kamu bukan hanya bisa mendapatkan otot yang kencang, tetapi juga meningkatkan metabolisme tubuh sehingga kalori yang dibakar lebih banyak saat beristirahat.

6 dari 11 halaman

5. Latihan Kardio

Selain dengan angkat beban, kamu juga bisa melakukan latihan kardio sebagai cara mengecilkan lengan wanita. Olahraga mengecilkan lengan seperti ini memang lebih mudah dijalani dan bahkan bisa tanpa alat bantuan sama sekali. Selain itu, latihan kardio juga bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja, termasuk di rumah. 

Adapun latihan kardio yang dapat kamu pilih adalah seperti berlari, berenang, ataupun bersepeda. Berbagai olahraga mengecilkan lengan tersebut dapat dicoba karena sangat efektif dalam membakar kalori dan lemak di seluruh tubuh, termasuk di lengan.

Bukan cuma itu, kardio yang dilakukan secara rutin pun akan membantu meningkatkan kebugaran kardiovaskular dan mempercepat proses pembakaran lemak. Cobalah untuk berlatih setidaknya 30 menit per hari, lima kali seminggu, untuk hasil yang optimal.

7 dari 11 halaman

6. Tetapkan Waktu Tidur yang Ideal

Sama halnya dengan memilih makanan dan olahraga yang tepat, kamu pun juga harus menetapkan waktu tidur ideal sebagai cara mengecilkan lengan wanita. Tidur yang cukup sangat penting untuk pemulihan tubuh dan pembakaran lemak. Sebaliknya, kurang tidur justru dapat memengaruhi hormon yang mengatur rasa lapar dan kenyang, sehingga bisa membuat kamu makan dengan berlebihan. 

Dalam menjalankan cara mengecilkan lengan atas tanpa olahraga yang satu ini, usahakanlah untuk tidur selama 7-9 jam setiap malam. Hindari kegiatan begadang hingga dini hari, karena itu hanya akan mengganggu proses metabolisme dalam tubuh. Tapi sebelum tidur, cobalah untuk nggak bermain gadget atau mengonsumsi kafein sebagai cara mengecilkan lengan sebelum tidur. Ini bertujuan untuk menghindari adanya kondisi sulit tidur di malam hari.  

8 dari 11 halaman

7. Minum Air Secukupnya

Makanan pembakar lemak memang penting untuk dipilih. Tapi, jangan lupa pula untuk mengonsumsi air putih secukupnya guna mendukung proses metabolisme dan pembuangan racun dari tubuh. Melakukan cara mengecilkan lengan atas tanpa olahraga yang satu ini pun dipercaya dapat membantu proses pembakaran lemak dan mengurangi rasa lapar berlebihan. 

Oleh karena itu, biasakanlah untuk minum air sebelum makan agar kamu merasa kenyang lebih cepat dan mengurangi asupan kalori. Di sisi lain, minum air putih secukupnya setiap hari juga dapat membantu mempercepat proses pembakaran lemak dan mengurangi rasa lapar berlebihan. So, jadikan cara mengecilkan lengan sebelum tidur sebagai kebiasaan, agar lemak menumpuk pada lengan bisa makin berkurang.

9 dari 11 halaman

8. Batasi Asupan Karbohidrat Olahan

Kenapa lemak menumpuk di lengan sulit untuk dihilangkan? Bisa saja itu dikarenakan asupan karbohidrat olahan yang berlebihan. Meski sudah rajin berolahraga, tidur tepat waktu, hingga minum air putih yang cukup setiap harinya, tetapi lemak di lengan susah hilang jika kamu masih mengonsumsi karbohidrat olahan secara berlebihan. 

Makanan yang terbuat dari tepung, gula pasir, sirup jagung tinggi fruktosa, hingga konsentrat jus buah merupakan beberapa karbohidrat olahan yang harus dihindari konsumsinya secara berlebihan. Meskipun aneka hidangan yang terbuat dari bahan-bahan tersebut terbilang enak dan kenikmatannya sulit untuk ditolak. Tetapi bahaya yang ada di baliknya ternyata bisa bikin kesehatan tubuh jadi terganggu, termasuk bikin lemak menumpuk di bagian lengan.

Itulah mengapa, salah satu cara mengecilkan lengan bawah yang efektif adalah dengan mengurangi konsumsi karbohidrat olahan secara berlebihan. Sebagai gantinya, cobalah mengonsumsi sumber karbohidrat utuh yang lebih sehat, seperti kentang, biji-bijian, serta beras merah.

10 dari 11 halaman

9. Fokus Pada Penurunan Berat Badan Secara Keseluruhan dengan Cara Diet Sehat

Beberapa kasus penumpukan lemak pada tangan dapat diatasi apabila melakukan diet untuk menurunkan berat badan secara keseluruhan. Ya, lingkar lengan yang besar dan ditambah dengan penumpukan lemak yang berlebihan bisa saja terjadi akibat masalah obesitas pada tubuh. Untuk cara mengecilkan lengan bawah dan atas tersebut, tentunya dibutuhkan metode diet sehat agar berat badan menurun serta lemak yang berlebih dapat dikurangi.

Untuk mengurangi lemak di lengan susah hilang, ada beberapa metode diet sehat yang dapat kamu pilih. Di antaranya seperti diet paleo, yang mengutamakan konsumsi makanan utuh tanpa melalui proses pengolahan panjang. Seperti namanya, diet ini mengusung konsep pola makan ala manusia purba. Biasanya, makanan yang dikonsumsi saat menerapkan diet ini hanya direbus, ditumis, atau sekedar dikukus.

Selain itu, ada pula metode diet keto yang dilakukan dengan cara mengurangi asupan karbohidrat dalam tubuh (tidak lebih dari 50 gram setiap harinya). Dengan menerapkan diet ini, glukosa dan lemak di dalam tubuh akan berkurang, serta bikin berat badan turun secara signifikan. Meski begitu, perlu diingat bahwa metode diet keto ini hanya boleh dilakukan dalam jangka waktu yang pendek, yaitu minimal 2-3 minggu dan maksimal 6-12 bulan.

11 dari 11 halaman

10. Lakukan Treatment Menghilangkan Lemak di Lengan

Last but not least, kamu bisa melakukan treatment menghilangkan lemak pada lengan di klinik kecantikan atau rumah sakit terpercaya. Cara mengecilkan lengan bawah yang satu ini dapat dicoba sebagai upaya terakhir apabila langkah-langkah di atas masih belum memberikan hasil yang memuaskan. Selain itu, treatment ini pun juga dapat menjadi solusi bagi kamu yang ingin menerapkan cara mengecilkan lengan atas tanpa olahraga sedikitpun.

Untuk menghilangkan lemak di lengan susah hilang, ada beberapa treatment yang dapat kamu coba di klinik kecantikan atau rumah sakit. Satu di antaranya yaitu Intralipotherapy, yang menggunakan cairan khusus untuk menghempaskan lemak secara maksimal. Selain bagus untuk membentuk tubuh yang ideal, perawatan seperti ini pun nyatanya juga bermanfaat untuk dukung kesehatanmu. Pasalnya, treatment ini mampu membuat metabolisme dalam tubuh anda bekerja dengan lebih baik.

Mengurangi lemak yang menumpuk pada lengan pada dasarnya merupakan pekerjaan yang membutuhkan waktu dan effort. Tetapi, asal dijalani dengan tekun, kamu pasti bisa membebaskan lemak berlebih dan mendapatkan bentuk lengan yang telah lama diidam-idamkan. Ingat, selain wajib menjaga pola makan yang benar, kamu juga perlu berolahraga dan beristirahat yang cukup biar hasil diet yang didapatkan bisa memuaskan. Jangan lupa pula berkonsultasi dengan dokter profesional agar proses dietmu berjalan dengan lebih lancar! Selamat mencoba.

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.