Sukses

Resep Sederhana Tanghulu, Camilan Manis yang Mudah Dibuat

Tanghulu bisa dibuat dari berbagai macam buah, sehingga memberikan variasi rasa yang beragam.

Liputan6.com, Jakarta Belakangan ini, nama Tanghulu semakin sering terdengar. Tanghulu dibuat dari berbagai macam buah, seperti stroberi, anggur, dan kiwi, yang dilapisi dengan gula cair yang mengeras. Kombinasi antara manisnya gula dan segarnya buah menjadikannya camilan yang sangat menggugah selera. Lapisan gula yang manis memberikan sensasi unik saat digigit, sementara buah di dalamnya tetap segar dan juicy.

Tanghulu sering dijual di pasar tradisional, festival, dan oleh pedagang kaki lima. Ketersediaannya yang luas membuatnya mudah diakses oleh banyak orang, sehingga semakin meningkatkan popularitasnya. Bagi banyak orang, tanghulu bukan hanya sekadar camilan, tetapi juga mengingatkan mereka pada tradisi dan budaya. Makanan ini memiliki akar sejarah yang mendalam di Tiongkok, dan banyak orang menikmati tanghulu sebagai bagian dari pengalaman kuliner yang lebih luas.

Selain itu, Tanghulu dapat dibuat dengan berbagai jenis buah, sehingga menawarkan variasi rasa yang beragam. Hal ini memungkinkan orang untuk memilih buah favorit mereka dan menikmati tanghulu sesuai selera masing-masing. Variasi ini juga membuat tanghulu menarik bagi berbagai kalangan. Tanghulu juga menyenangkan untuk dinikmati, baik sendiri maupun bersama teman. Kamu pun bisa membuatnya sendiri di rumah, berikut ini resepnya dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa(10/9/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara Membuat Tanghulu

Bahan-Bahan:

  • Buah segar (pilih satu jenis atau campuran): stroberi, anggur, kiwi, atau jeruk
  • 200 gram gula pasir
  • 100 ml air
  • Tusukan bambu atau kayu

Cara Membuat:

  1. Cuci buah yang akan digunakan hingga bersih. Pastikan buah benar-benar kering supaya gula bisa menempel dengan baik. Jika menggunakan stroberi atau kiwi, potong menjadi ukuran yang lebih kecil.
  2. Buat sirup gula. Campurkan gula pasir dan air dalam panci. Masak dengan api sedang sambil terus diaduk hingga gula larut. Setelah gula larut, biarkan campuran mendidih tanpa diaduk hingga mencapai suhu sekitar 150°C (suhu ini akan membuat gula mengeras saat dingin). Gunakan termometer gula untuk memeriksa suhu.
  3. Setelah sirup gula siap, angkat dari kompor dan biarkan sedikit mendingin. Tusuk buah dengan tusukan bambu atau kayu, lalu celupkan ke dalam sirup gula. Pastikan seluruh permukaan buah terlapisi gula. Angkat dan biarkan kelebihan gula menetes sebelum meletakkannya di atas kertas minyak atau loyang yang telah dialasi.
  4. Biarkan tanghulu di suhu ruangan hingga gula mengeras. Proses ini biasanya memakan waktu sekitar 10-15 menit.
  5. Setelah gula mengeras, tanghulu siap disajikan. Nikmati sebagai camilan manis yang segar di rumah.

Sebagai tips, jangan biarkan sirup gula terlalu lama di atas api agar tidak berubah menjadi karamel. Kamu juga bisa menambahkan pewarna makanan untuk memberikan tampilan yang lebih menarik pada tanghulu. Dengan resep ini, kamu dapat menikmati tanghulu yang manis dan segar kapan saja di rumah. Selamat mencoba!

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.