Sukses

Cara Praktis Meningkatkan Ketajaman Otak, Ini 7 Tips yang Terbukti Efektif

Mudah dan bisa dilakukan kapan pun, berikut cara meningkatkan ketajaman otak.

Liputan.com, Jakarta Sering kali, setelah berbelanja di pusat perbelanjaan, seseorang lupa di mana kendaraannya diparkir. Ketika hendak berangkat ke suatu tempat, ada yang tidak ingat di mana meletakkan dompet. Fenomena lupa ini adalah bagian dari sifat manusia yang tidak bisa dihindari.

Namun, jika kejadian lupa ini terjadi berulang kali, tindakan tersebut bisa menjadi sesuatu yang mengkhawatirkan dan mempengaruhi kualitas hidup. Tidak ada jaminan bahwa serangkaian tindakan dapat sepenuhnya mencegah seseorang dari lupa, tetapi ada berbagai cara yang dapat membantu menajamkan kemampuan otak.

Menurut Mayo Clinic, terdapat beberapa metode yang terbukti efektif dalam meningkatkan ketajaman otak. Mengikuti tips-tips ini dapat membantu menjaga kesehatan otak dan daya ingat tetap prima.

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa otak, seperti halnya otot, dapat dilatih untuk menjadi lebih kuat dan lebih tajam. Melakukan kebiasaan-kebiasaan tertentu secara konsisten dapat memberikan manfaat signifikan bagi kemampuan kognitif. Berikut adalah tujuh tips praktis yang dapat dicoba untuk membantu meningkatkan ketajaman otak, berdasarkan rekomendasi dari para ahli di Mayo Clinic, dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu(11/9/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Meningkatkan Ketajaman Otak

1. Berolahraga Setiap Hari

Aktivitas fisik dapat membantu sirkulasi darah ke seluruh tubuh, termasuk otak. Bagi kebanyakan orang dewasa yang sehat, Department of Health and Human Services merekomendasikan untuk melakukan aktivitas aerobik dengan intensitas sedang selama 150 menit per minggu.

Jika melakukan aktivitas aerobik dengan intensitas tinggi seperti jogging, setidaknya diperlukan 75 menit per minggu. Apabila Sahabat memiliki keterbatasan waktu untuk berolahraga, cobalah berjalan kaki selama 10 menit di sela-sela kegiatan harian.

2. Asah kemampuan otak

Selain menjaga kebugaran fisik, penting juga untuk menjaga kebugaran otak guna melatih ketajaman ingatan. Ada beberapa aktivitas yang bisa membantu mempertajam otak, seperti mengisi teka-teki silang. Selain itu, anda juga bisa belajar bermain alat musik, mencoba hobi-hobi baru, atau terlibat dalam kegiatan baru seperti menjadi sukarelawan di komunitas tertentu.

 

3 dari 4 halaman

Tindakan Efektif Meningkatkan Kecerdasan

3. Habiskan waktu bersama orang lain

Interaksi sosial dapat membantu mengurangi depresi dan stres, yang keduanya dapat mempengaruhi daya ingat. anda bisa mencari kesempatan untuk berbincang dengan orang-orang terdekat atau berkumpul kembali dengan teman-teman lama. Jika anda ingin suasana baru, cobalah bergabung dengan komunitas yang sesuai dengan minat yang dimiliki.

4. Tetap Rapi

Anda cenderung melupakan sesuatu saat barang-barang anda tidak teratur. Cobalah untuk merapikan catatan-catatan yang dimiliki dan buatlah daftar tugas harian atau mingguan menggunakan kalender atau buku agenda. Saat menulis daftar tersebut, anda juga bisa menyebutkannya dengan lantang untuk membantu mengingatnya.

Ingatlah untuk selalu memperbarui to-do list sesuai dengan aktivitas anda. Setelah tugas selesai, jangan lupa untuk mencoretnya agar tidak tertukar dengan agenda lainnya. Selain itu, kurangi gangguan. Hindari melakukan banyak tindakan sekaligus agar dapat mengingat dengan lebih baik.

 

4 dari 4 halaman

Beberapa Kegiatan yang Baik untuk Otak

5. Istirahat yang cukup

Kekurangan tidur dapat mempengaruhi daya ingat atau bahkan menyebabkan hilangnya ingatan, begitu juga dengan tidur yang tidak berkualitas. Pastikan anda memprioritaskan tidur yang cukup dan berkualitas. Idealnya, orang dewasa membutuhkan 7—9 jam tidur di malam hari. Jika anda mendengkur dan tindakan itu mengganggu tidur, pertimbangkan untuk berkonsultasi dengan dokter karena mendengkur bisa menjadi tanda adanya gangguan tidur.

6. Konsumsi makanan sehat

Makanan yang sehat juga berpengaruh baik pada tubuh dan otak. Konsumsilah buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian utuh. anda juga bisa memilih sumber protein rendah lemak seperti ikan dan kacang polong. Selain makanan, minuman juga penting untuk diperhatikan. Pastikan anda minum air mineral yang cukup setiap hari. Hindari konsumsi alkohol berlebihan karena dapat menyebabkan kebingungan dan mudah lupa.

7. Atasi penyakit kronis yang diderita

Jika anda memiliki penyakit kronis, selalu ikuti petunjuk dokter. Penyakit seperti tekanan darah tinggi, diabetes, depresi, hingga obesitas memerlukan pengawasan dokter untuk pengobatan dan penyembuhan. Semakin baik Sahabat menjaga kesehatan, semakin baik pula fungsi memori otak.

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.