Sukses

Cobain Resep Nasi Goreng Cabai Hijau Viral Pedas, Pedas dan Gurihnya Menggugah Selera

Nasi goreng cabai hijau ini sangat pas untuk disajikan saat sarapan atau makan malam.

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tidak suka makan nasi goreng? Hidangan populer Indonesia ini digemari oleh banyak orang karena bisa dinikmati saat sarapan, makan siang, hingga makan malam. Variasinya juga semakin beragam. Selain nasi goreng berwarna kemerahan, kini juga populer nasi goreng hijau yang gurih dan pedas. Warna hijau ini biasanya berasal dari bahan-bahan seperti daun basil, bayam, atau sayuran hijau lainnya yang tidak hanya memberikan tampilan menarik tetapi juga menambah nilai gizi.

Kombinasi bumbu dan sayuran hijau memberikan cita rasa yang segar dan berbeda, sehingga menarik perhatian banyak orang yang ingin mencoba sesuatu yang baru. Selain menggunakan sayur-sayuran, nasi goreng hijau biasanya juga dibuat dengan sambal hijau.

Hasilnya, tidak hanya sedap, tetapi ada sensasi pedas saat disantap. Agar lebih lengkap, biasanya juga ditambahkan suwiran ayam, sosis, telur, atau bahan lainnya sesuai selera. Selain bisa ditemukan di warung maupun restoran, kamu juga bisa membuat nasi goreng hijau sendiri di rumah. Berikut ini resepnya!

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1. Bahan-Bahan

Bahan-Bahan:

  • 2 piring nasi putih (lebih baik menggunakan nasi yang sudah dingin)
  • 5-7 buah cabai hijau besar (sesuaikan dengan tingkat kepedasan yang diinginkan)
  • 3-5 buah cabai rawit (untuk rasa yang lebih pedas)
  • 2 siung bawang putih, dicincang halus
  • 2 siung bawang merah, dicincang halus
  • 1 butir telur (opsional)
  • 2 sdm kecap manis
  • Garam secukupnya
  • Minyak goreng untuk menumis
  • Bawang goreng untuk taburan (opsional)

 

3 dari 3 halaman

2. Cara Membuat

  1. Haluskan cabai hijau dan cabai rawit menggunakan blender atau ulekan. Jika suka, bisa tambahkan sedikit garam saat menghaluskan untuk meningkatkan rasa.
  2. Panaskan minyak dalam wajan. Tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum. Setelah itu, masukkan bumbu cabai yang sudah dihaluskan. Tumis hingga bumbu matang dan aromanya keluar.
  3. Tambahkan nasi putih ke dalam wajan. Aduk rata dengan bumbu hingga nasi tercampur dengan baik.
  4. Jika menggunakan telur, buat lubang di tengah nasi, pecahkan telur, dan orak-arik hingga matang. Campurkan dengan nasi.
  5. Tambahkan kecap manis dan garam secukupnya. Aduk kembali hingga semua bahan tercampur rata dan nasi berwarna hijau merata.
  6. Angkat nasi goreng cabai hijau dan sajikan di piring. Taburi dengan bawang goreng jika suka.

Nasi goreng cabai hijau ini sangat cocok disajikan sebagai sarapan atau makan malam. Rasanya yang pedas dan gurih pasti akan menggugah selera! Selamat mencoba! 

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.