Sukses

Lezat dan Mudah, Resep Membuat Muffin Kukus Cokelat Kacang di Rumah

Tertarik membuat muffin cokelat kacang yang lezat dan mudah? Simak resep berikut ini!

Liputan6.com, Jakarta Membuat kue lezat ala toko roti terkenal ternyata bisa dilakukan di rumah, salah satunya dengan mencoba muffin kukus cokelat kacang. Bahan-bahannya sederhana dan tidak selalu memerlukan oven untuk membuatnya, cukup dengan menggunakan kukusan, muffin cokelat yang diinginkan bisa dinikmati bersama di rumah. Jika ingin mencicipi kelezatannya, berikut adalah resep muffin cokelat kacang yang simpel, mudah, lembut, dan manis legit yang bisa dipraktikkan di rumah.

Muffin kukus cokelat kacang adalah pilihan yang sempurna untuk camilan keluarga atau suguhan saat berkumpul bersama teman-teman. Proses pembuatannya yang tidak memerlukan oven membuatnya semakin praktis dan dapat diikuti oleh siapa saja, termasuk bagi mereka yang baru belajar memasak. Selain itu, kombinasi cokelat dan kacang memberikan rasa yang kaya dan tekstur yang menarik, menjadikan muffin ini favorit di setiap kesempatan.

Selain mudah dalam pembuatannya, muffin kukus cokelat kacang juga menawarkan variasi rasa yang bisa disesuaikan dengan selera. Menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan di dapur, muffin ini bisa disajikan dengan berbagai topping seperti keju parut, taburan gula halus, atau tambahan potongan buah segar, dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu(11/9/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bahan-bahan Membuat :

Bahan-bahan:

  • 200 gram tepung terigu dengan protein sedang
  • 50 gram bubuk cokelat
  • 150 gram gula pasir putih
  • 120 ml susu cokelat cair
  • 100 ml minyak nabati
  • 100 gram kacang tanah cincang yang sudah disangrai
  • 100 gram chocolate chips
  • 1 sendok teh baking powder
  • 1/2 sendok teh baking soda
  • 1/4 sendok teh garam
  • 2 butir telur
  • 1 sendok teh vanila cair
3 dari 3 halaman

Langkah Membuat

  1. Panaskan kukusan terlebih dahulu.
  2. Campurkan tepung terigu, cokelat bubuk, baking powder, baking soda, dan garam ke dalam satu wadah. Aduk hingga merata.
  3. Di mangkuk lain, kocok telur dan gula pasir sampai tercampur dengan baik.
  4. Tambahkan susu cair, minyak sayur, dan ekstrak vanila ke dalam campuran telur dan gula. Aduk hingga semua bahan basah tercampur sempurna.
  5. Tuang campuran bahan basah ke dalam wadah berisi bahan kering. Aduk perlahan hingga semua bahan tercampur, tetapi jangan terlalu lama agar adonan tidak menjadi keras.
  6. Setelah adonan tercampur rata, tambahkan cokelat chips dan kacang cincang. Aduk secukupnya.
  7. Siapkan loyang cupcake, letakkan cup kertas di dalamnya, lalu tuang adonan secukupnya. Tambahkan kacang cincang sebagai topping.
  8. Kukus muffin selama 15-20 menit atau hingga matang.

Sajikan muffin cokelat kacang selagi hangat. Nikmati muffin cokelat kacang yang lezat dan sederhana ini! Sangat cocok untuk sarapan, camilan, atau hidangan penutup setelah makan.

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.