Sukses

Cara Record Zoom di Laptop, Simpan Sebagai Dokumentasi

Cara record Zoom di laptop ini memungkinkan pengguna untuk melakukan analisis yang lebih mendetail dan terstruktur terhadap isi pertemuan.

Liputan6.com, Jakarta Fitur rekaman Zoom merupakan alat yang sangat bermanfaat bagi pengguna yang ingin mendokumentasikan berbagai kegiatan, seperti webinar atau pembelajaran online. Cara record Zoom di laptop dalam bentuk video dan audio langsung ke komputer, fitur ini memudahkan pengguna untuk menangkap seluruh isi pertemuan virtual secara utuh. Tidak hanya itu, fitur rekaman ini juga tersedia baik untuk pengguna Zoom gratis maupun berbayar, sehingga memudahkan semua kalangan untuk memanfaatkannya.

Rekaman lokal dari Zoom juga dilengkapi dengan berbagai opsi yang dapat memperkaya hasil dokumentasi, seperti menyertakan nama peserta, trek audio terpisah untuk setiap peserta, serta stempel waktu. Cara record Zoom di laptop ini memungkinkan pengguna untuk melakukan analisis yang lebih mendetail dan terstruktur terhadap isi pertemuan. Selain itu, fitur ini dapat diakses di berbagai sistem operasi seperti Windows, macOS, dan Linux, memberikan fleksibilitas bagi pengguna lintas platform.

Namun, perlu dicatat bahwa untuk menggunakan fitur rekam Zoom, pengguna harus memiliki akun Zoom, baik yang gratis maupun berbayar. Rekaman lokal ini sangat berguna bagi mereka yang ingin menyimpan hasil pertemuan secara offline dan kemudian mengunggahnya ke layanan penyimpanan file seperti Dropbox atau Google Drive, atau bahkan layanan streaming seperti YouTube dan Vimeo.

Berikut ulasan lebih lanjut tentang cara record Zoom di laptop yang Liputan6.com rangkum dari laman support.zoom.com (Rabu (11/9/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Batasan Cara Record Zoom di Laptop

Sebelum memulai, penting untuk memahami beberapa batasan dari rekaman lokal Zoom.

  1. Rekaman lokal tidak mendukung fitur seperti rekaman pembicara aktif, tampilan galeri, dan layar yang dibagikan secara terpisah.
  2. Tidak tersedia transkripsi audio otomatis.
  3. Tidak dapat digunakan di perangkat iOS atau Android—pengguna perangkat seluler disarankan menggunakan fitur rekaman cloud yang hanya tersedia untuk akun berbayar.
  4. Prasyarat untuk Cara Record Zoom di LaptopUntuk dapat menggunakan fitur rekaman lokal di Zoom, berikut adalah persyaratannya.
  5. Akun Zoom dasar (Gratis) atau yang lebih tinggi.
  6. Menggunakan Zoom desktop client versi 2.0 atau lebih tinggi pada Windows, macOS, atau Linux.

Cara Mengaktifkan Rekaman Lokal

Rekaman lokal harus diaktifkan terlebih dahulu di portal web Zoom. Proses pengaktifannya berbeda tergantung pada apakah Anda seorang administrator akun, anggota grup, atau pengguna individu:

Cara Record Zoom di Laptop Untuk Akun (Administrator)

  1. Masuk ke Zoom web portal sebagai administrator.
  2. Buka menu Manajemen Akun dan pilih Pengaturan Akun.
  3. Di tab Rekaman, aktifkan opsi Rekaman Lokal. Anda dapat memilih untuk mengaktifkan fitur tambahan seperti menyimpan pesan obrolan dan teks tertutup, atau mengizinkan peserta merekam.

Cara Record Zoom di Laptop Untuk Grup (Administrator)

  1. Masuk ke Zoom web portal sebagai administrator.
  2. Di menu Manajemen Pengguna, pilih Manajemen Grup.
  3. Pilih nama grup yang diinginkan dan buka tab Rekaman. Aktifkan Rekaman Lokal dengan mengikuti langkah-langkah verifikasi.

Cara Record Zoom di Laptop Untuk Pengguna (Individual)

  1. Masuk ke Zoom web portal dan buka menu Pengaturan.
  2. Pada tab Rekaman, aktifkan Rekaman Lokal jika tersedia. Jika opsi terkunci, hubungi administrator akun.
3 dari 3 halaman

Cara Memulai Rekaman Lokal

Setelah rekaman lokal diaktifkan, host dapat memulai rekaman saat rapat berlangsung:

  1. Mulai rapat Zoom sebagai host.
  2. Klik tombol Rekam di toolbar rapat. Jika ada pilihan, pilih Rekam di Komputer ini.
  3. Peserta akan melihat indikator rekaman di sudut kiri atas layar.
  4. Setelah rapat selesai, Zoom akan mengonversi rekaman secara otomatis, dan file rekaman akan tersedia di folder default.

Cara Menghentikan atau Menjeda Rekaman

Selama perekaman, host atau peserta yang diberikan izin dapat menghentikan atau menjeda rekaman. Klik tombol Jeda atau Hentikan Rekaman di bagian bawah layar. Jika rekaman dihentikan dan dimulai lagi, Zoom akan membuat file video baru.

Cara Menetapkan Hak Rekaman kepada Peserta

Host dapat memberikan izin kepada peserta tertentu untuk merekam rapat. Klik menu Peserta dan pilih peserta yang diinginkan, lalu klik Lainnya di samping nama mereka dan pilih Izinkan Rekaman.

Cara Mengubah Pengaturan Rekaman Lokal

Untuk mengubah pengaturan rekaman lokal, buka Zoom desktop client dan navigasikan ke Pengaturan > Rekaman. Anda dapat mengubah lokasi penyimpanan dan mengatur opsi tambahan, seperti merekam file audio terpisah untuk setiap peserta.

Tips Tambahan

  1. Jangan mengatur lokasi penyimpanan rekaman ke folder sinkronisasi cloud atau drive eksternal karena ini dapat menyebabkan masalah saat mengonversi rekaman.
  2. Jika rekaman gagal dikonversi setelah rapat, Anda dapat mencoba mengonversi secara manual dari folder rekaman.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.