Sukses

Resep Prol Tape Panggang Anti Gagal, Tidak Perlu Pakai Mixer

Tape singkong memberikan aroma fermentasi yang khas dan rasa asam manis yang berpadu harmonis pada resep prol tape panggang anti gagal.

Liputan6.com, Jakarta Prol tape dikenal sebagai kue khas Jember, Jawa Timur, memiliki daya tarik tersendiri dengan cita rasa manis dan aroma tape singkong yang khas. Dinamakan “prol tape” karena teksturnya yang padat namun lembut, sehingga ketika dimakan, kue ini langsung "ngeprol" atau pecah di mulut. 

Walaupun sekilas mirip dengan cake tape, resep prol tape memiliki tekstur yang lebih padat dan kenyal. Kue ini menawarkan gigitan yang padat namun tetap lembut saat dikunyah. Bahan utama yang memberikan karakteristik unik pada prol tape adalah tape singkong. Tape singkong memberikan aroma fermentasi yang khas dan rasa asam manis yang berpadu harmonis pada resep prol tape panggang anti gagal.

Pemilihan tape singkong yang tepat menjadi kunci keberhasilan dalam resep prol tape panggang anti gagal. Tape singkong yang digunakan tidak boleh terlalu lembek karena bisa membuat adonan menjadi terlalu basah, namun juga tidak boleh terlalu kering agar tetap memberikan kelembutan yang pas pada kue. Untuk hasil terbaik, tape singkong berwarna kuning sering menjadi pilihan yang direkomendasikan. Berikut resep prol tape panggang anti gagal yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (11/9/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bahan Resep Prol Tape Pangang Anti Gagal

  • 500 gram tape singkong, buang seratnya
  • 85 gram gula pasir
  • 3 sachet susu kental manis (SKM), larutkan dengan 125 ml air
  • 150 gram tepung terigu protein sedang
  • 2 sachet susu bubuk (misal: Dancow)
  • 2 butir telur
  • 125 gram mentega cair (misal: Blue Band)
  • 1 butir telur dan 1 sdm susu cair (untuk olesan)
  • Keju parut secukupnya
  • Chocochips secukupnya (topping sesuai selera)
3 dari 3 halaman

Cara Membuat Prol Tape Panggang

  1. Buang serat-serat tape singkong, kemudian lumatkan hingga halus.
  2. Tambahkan gula pasir ke dalam tape singkong yang telah dihaluskan, aduk hingga tercampur rata.
  3. Tuang campuran susu kental manis dan air ke dalam adonan tape singkong, lalu aduk hingga merata.
  4. Masukkan tepung terigu dan susu bubuk ke dalam adonan, aduk hingga semua bahan tercampur dengan baik.
  5. Kocok lepas 2 butir telur, lalu tambahkan ke dalam adonan. Aduk kembali hingga rata.
  6. Setelah semua bahan tercampur dengan rata, tambahkan mentega cair ke dalam adonan. Aduk perlahan hingga semuanya tercampur sempurna.
  7. Olesi loyang dengan mentega dan lapisi dengan baking paper agar prol tape mudah diangkat setelah matang. Tuang adonan prol tape ke dalam loyang yang sudah disiapkan.
  8. Panaskan oven selama 10 menit dengan suhu 180°C (gunakan oven api atas bawah jika tersedia).
  9. Panggang adonan prol tape selama 25 menit dengan suhu 180°C. Setelah bagian atas adonan mulai agak kering, keluarkan dari oven.
  10. Campurkan 1 butir telur dengan 1 sdm susu cair untuk olesan. Olesi bagian atas prol tape dengan campuran ini.
  11. Taburi keju parut dan chocochips di atas adonan sesuai selera. Panggang kembali selama 30 menit atau hingga prol tape matang dan berwarna keemasan.
  12. Angkat prol tape dari oven dan biarkan agak dingin. Potong-potong dan sajikan prol tape sebagai teman ngemil saat menonton drama Korea atau saat berkumpul bersama keluarga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.