Sukses

Cara Praktis Membuat Geprek Sambal Hijau yang Lezat dan Bikin Nasi Cepat Habis

Perpaduan rasa pedas dan gurih dari sambal hijau menjadikannya pendamping yang ideal untuk ayam goreng yang renyah.

Liputan6.com, Jakarta Ayam geprek sambal hijau kini menjadi salah satu hidangan yang sangat digemari di Indonesia. Sambal hijau, yang umumnya dibuat dari cabai rawit, bawang putih, dan bahan-bahan lainnya, menawarkan rasa segar dan pedas yang berbeda dari sambal merah. Perpaduan rasa pedas dan gurih dari sambal hijau menjadikannya pendamping yang ideal untuk ayam goreng yang renyah.

Selain itu, ayam geprek memiliki tekstur yang juicy di dalam dan crispy di luar. Ketika disandingkan dengan sambal hijau yang pedas, pengalaman makan menjadi lebih memuaskan. Proses "geprek" atau menghancurkan ayam membuat sambal meresap ke dalam daging, memperkaya cita rasa. Hidangan ini mudah ditemukan di berbagai warung makan dan restoran di seluruh Indonesia.

Ayam geprek sambal hijau ini pun paling nikmat jika disajikan dengan nasi. Hal ini menjadikannya pilihan yang praktis dan mengenyangkan untuk makan siang atau malam. Selain dapat dibeli di warung atau tempat makan, kamu juga bisa membuat kreasi ayam geprek sambal hijau yang dapat menghabiskan sepiring nasi di rumah. Berikut ini resepnya sebagaimana telah dihimpun dari berbagai sumber pada Kamis (12/9/2024):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1. Persiapan Bahan

Bahan-Bahan:

Ayam Goreng:

  • 500 gram ayam fillet (bisa dari bagian dada atau paha)
  • 100 gram tepung terigu
  • 50 gram tepung beras
  • 1 butir telur
  • Garam dan merica secukupnya
  • Minyak goreng untuk menggoreng

Sambal Hijau:

  • 100 gram cabai rawit hijau
  • 5 siung bawang putih
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok makan air jeruk nipis
  • Minyak panas (bekas menggoreng ayam)

 

3 dari 3 halaman

2. Cara Membuat

  1. Cuci bersih ayam fillet, lalu potong sesuai selera. Campurkan garam dan merica ke dalam ayam, diamkan selama 15 menit agar bumbu meresap.
  2. Dalam mangkuk, campurkan tepung terigu dan tepung beras. Kocok telur dalam mangkuk terpisah. Celupkan potongan ayam ke dalam telur, lalu gulingkan ke dalam campuran tepung hingga terbalut rata.
  3. Panaskan minyak dalam wajan. Setelah minyak panas, goreng ayam hingga berwarna keemasan dan crispy. Angkat dan tiriskan.
  4. Setelah itu, ulek cabai rawit hijau dan bawang putih bersama garam hingga halus. Tambahkan air jeruk nipis dan aduk rata. Panaskan sedikit minyak panas dari menggoreng ayam, lalu tuangkan ke dalam sambal yang sudah diulek. Aduk hingga tercampur rata.
  5. Letakkan ayam goreng di atas piring, geprek menggunakan ulekan atau punggung sendok hingga sedikit hancur. Siram sambal hijau di atas ayam geprek. Sajikan dengan nasi hangat dan pelengkap seperti lalapan (timun, selada, atau tomat) jika suka.
  6. Dengan resep ini, kamu bisa menikmati ayam geprek sambal hijau yang pedas dan menggugah selera. Selamat mencoba! 

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.