Sukses

4 Alasan Mengapa Harus Berbelanja di Bulk Store, Terapkan Zero Waste Lifestyle

Bulk store memungkinkan konsumen untuk membeli produk tanpa kemasan berlebihan, sehingga dapat mengurangi limbah plastik.

Liputan6.com, Jakarta Kebutuhan yang terus meningkat memicu perilaku konsumtif yang semakin sulit dikendalikan. Akibatnya, masalah sampah menjadi semakin kompleks.

Gunungan sampah di mana-mana, pencemaran lingkungan, hingga pemanasan global yang disebabkan oleh sisa makanan yang membusuk dan menghasilkan gas metana. Dengan kerusakan lingkungan yang semakin tak terkendali, diperlukan alternatif untuk membantu mengatasi masalah ini. Salah satu solusi yang dapat dilakukan adalah berbelanja kebutuhan di bulk store.

Bulk store adalah toko grosir yang menjual produk dalam bentuk curah. Tren berbelanja di bulk store semakin populer seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap lingkungan.

Bulk store memungkinkan konsumen untuk membeli produk tanpa kemasan berlebihan, sehingga dapat mengurangi limbah plastik. Pembeli juga dapat menakar sendiri jumlah yang mereka butuhkan, sehingga tidak ada sisa makanan yang terbuang.

Bulk store atau toko zero-waste bertujuan untuk mengurangi sampah plastik dari segi kemasan hingga dampak lingkungan serius lainnya. Barang yang dijual pun merupakan kebutuhan sehari-hari, mulai dari bahan masakan dapur hingga kebutuhan esensial lainnya.

Berikut empat alasan mengapa kamu harus mulai berbelanja di bulk store, sebagaimana dilansir Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (17/9/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Takar sendiri kebutuhanmu

Bulk store mengajak untuk membiasakan diri berbelanja sesuai kebutuhan, tanpa harus membeli dalam jumlah besar. Contohnya, jika kamu hanya butuh satu sendok ketumbar, di bulk store, itu bukanlah hal yang aneh.

Di sini, kamu bisa membeli berbagai barang dalam takaran yang kamu inginkan, sehingga kebutuhanmu terpenuhi tanpa berlebihan. Dengan cara ini, kamu bisa menghindari sisa makanan yang tidak terpakai, dan pada akhirnya, turut berkontribusi dalam menjaga kelestarian lingkungan.

3 dari 5 halaman

2. Bawa tempat sendiri

Meskipun kampanye untuk mengurangi penggunaan plastik semakin marak dan masyarakat mulai beralih ke wadah yang lebih ramah lingkungan seperti kantong kain atau kertas, upaya tersebut akan sia-sia jika masih menganut sistem 'sekali pakai buang'. Bulk store hadir dengan ajakan kepada pembelinya untuk membawa wadah sendiri dari rumah saat berbelanja.

Misalnya, toples kaca, botol kaca, keranjang buah, dan wadah lainnya yang bisa digunakan berulang kali akan menjadi pemandangan umum di bulk store. Prinsip utamanya adalah menggunakan wadah yang dapat dipakai berulang kali saat berbelanja di bulk store. Hal ini tentu mendorong pembeli untuk membiasakan diri dengan gaya hidup yang lebih ramah lingkungan.

4 dari 5 halaman

3. Berbelanja dengan lebih mindful

Berbelanja di bulk store dapat menjadikan kamu lebih bijak dalam mengelola keuangan. Kamu akan lebih mempertimbangkan setiap pembelian, meskipun secara finansial mampu membelinya.

Kebiasaan belanja impulsif dan konsumtif akan berkurang jika kamu terbiasa membeli barang sesuai dengan kebutuhan. Selain berkontribusi pada pelestarian lingkungan, cara ini juga membantu mengontrol pengeluaranmu, bukan begitu?

5 dari 5 halaman

4. Mendukung produk lokal dan organik

Toko grosir sering kali menjalin kemitraan dengan petani lokal sebagai pemasok utama mereka. Hal ini dilakukan untuk memastikan kualitas produk tetap terjaga dan lebih organik. Dengan cara ini, para pembeli tidak hanya berkontribusi pada kesehatan lingkungan, tetapi juga meningkatkan kualitas kesehatan pribadi mereka.

Berbelanja di toko grosir adalah langkah kecil yang memiliki dampak besar bagi lingkungan sekitar. Bayangkan jika dalam satu kota, setengah dari penduduknya sudah memiliki kesadaran ini, maka setengah dari volume sampah harian juga akan berkurang. 

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.