Sukses

5 Manfaat Luar Biasa Membacakan Buku Sebelum Tidur untuk Tumbuh Kembang Anak

Membacakan cerita sebelum tidur sangat bermanfaat bagi perkembangan anak.

Liputan6.com, Jakarta Pernahkah Anda membaca buku sebelum tidur? Ternyata, membaca buku sebelum tidur memiliki banyak manfaat penting yang tak terduga bagi perkembangan anak. Aktivitas ini tidak hanya membantu anak mengembangkan keterampilan literasi mereka tetapi juga memainkan peran penting dalam menciptakan rutinitas tidur yang sehat. 

Sebagai orangtua yang baik, tentu kamu ingin memberikan yang terbaik untuk si kecil. Membiasakan anak membaca buku sebelum tidur adalah langkah kecil dengan manfaat besar yang harus kamu coba.

Berikut beberapa alasan mengapa kamu perlu menerapkan kebiasaan membaca buku sebelum tidur untuk buah hati tercinta. Simak penjelasan selengkapnya sebagaimana telah dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber pada Senin (16/9/24):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Meningkatkan Kualitas Tidur

Membaca buku sebelum tidur ternyata dapat membuat si kecil lebih rileks dan tenang saat menuju alam mimpi. Aktivitas ini membantu anak Anda menghindari kegiatan yang bisa mengganggu tidurnya, seperti bermain gadget atau menonton TV, karena rangsangan dari aktivitas tersebut berkurang dan digantikan dengan membaca. Dengan demikian, suasana rumah menjadi lebih tenang dan anak pun cepat tertidur dengan nyenyak.

3 dari 6 halaman

2. Mengembangkan Kreativitas dan Imajinasi

Membaca merupakan jembatan menuju ilmu pengetahuan. Semakin sering anak membaca atau mendengarkan bacaan yang kamu bacakan, semakin terbantu mereka dalam mengembangkan ide-ide kreatif. Membaca cerita dapat merangsang imajinasi mereka dalam membayangkan karakter, tempat, dan situasi dalam buku. Hal ini akan membantu perkembangan kognitif anak dalam kemampuan berpikir kreatif.

4 dari 6 halaman

3. Menguatkan Hubungan Orangtua dan Anak

Membaca bersama orangtua memungkinkan mereka menghabiskan lebih banyak waktu bersama. Ini adalah peluang yang baik untuk mempererat hubungan antara orangtua dan anak. Momen ini bisa menjadi sangat menyenangkan untuk berinteraksi dan memperkuat ikatan emosional.

Anak akan merasa didampingi dan dicintai, begitu juga orangtua. Hal ini berdampak positif pada perkembangan emosional mereka, memungkinkan pertumbuhan yang sehat dan baik dalam lingkungan rumah yang juga mendukung kesehatan emosional.

5 dari 6 halaman

4. Meningkatkan Keterampilan Bahasa

Ketika anak membaca buku atau dibacakan buku oleh orangtua, mereka akan mulai mengenal berbagai kosakata baru, bahasa baru, atau kiasan baru yang terdapat dalam buku tersebut. Ini membantu meningkatkan kemampuan berbahasa mereka, terutama dalam berbicara dan memahami apa yang harus dikatakan dalam situasi tertentu. Selain berbicara, kemampuan menulis mereka juga akan mulai berkembang ketika mereka sudah mahir berkomunikasi.

6 dari 6 halaman

5. Menyediakan Pengalaman Pendidikan yang Menyenangkan

Buku sering kali mengandung elemen edukatif yang dapat memperkenalkan anak pada konsep-konsep baru dan memperluas pengetahuan mereka. Membaca sebelum tidur tidak hanya menghibur tetapi juga mendidik, memberikan informasi dan wawasan baru yang dapat berguna dalam pembelajaran mereka sehari-hari. Ini menjadikan waktu tidur sebagai kesempatan untuk belajar sambil bersenang-senang.

Inilah beberapa manfaat yang akan diterima oleh sang buah hati jika Anda membiasakan mereka membaca buku sebelum tidur. Cara ini merupakan metode yang efektif untuk mendukung perkembangan anak baik secara sosial, intelektual, maupun emosional, sambil menghabiskan waktu berharga bersama orangtua.

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.