Sukses

Pria Ini Kecewa Bayar Ramen Rp 82 Ribu di India, Bak Penyedap Rasa Campur Susu

Pengalaman makan ramen di India memicu kehati-hatian, karena menerima "penyedap rasa dengan susu dan telur setengah matang" alih-alih ramen asli.

Liputan6.com, Jakarta Penggemar ramen kini sudah tak perlu risau jika ingin makan hidangan mi khas Jepang tersebut. Pasalnya, kini sudah banyak berdiri restoran khas Jepang yang tersebar di seluruh dunia. 

Hidangan mi Jepang itu pun kini populer di dunia, salah satunya di India. Sama seperti negara lain, ketertarikan masyarakat India terhadap makanan Jepang dan Korea kini tengah meningkat.

Namun baru-baru ini, seseorang yang mencoba ramen dari kota Tier-3 di India memberi nasihat kepada netizen untuk tidak mencobanya.

Dilansir Liputan6.com dari India Times, Rabu (18/9/2024), seorang pencinta kuliner yang suka berpetualang mengunjungi Reddit untuk menceritakan pengalaman ramen yang pernah mereka coba, yaitu "Ramen Ayam Krim Korea" dari sebuah restoran di Mangalore.

Dengan harapan besar untuk mencoba ramen otentik, mereka kecewa ketika menemukan semangkuk apa yang mereka gambarkan sebagai "penyedap rasa dengan susu dan telur setengah matang," harganya 450 rupee atau Rp82 ribu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penampakan ramen ala India

Dengan harapan besar untuk mencoba ramen otentik, para pencinta kuliner itu kecewa ketika menemukan semangkuk apa yang mereka gambarkan sebagai "penyedap rasa dengan susu dan telur setengah matang," harganya 450 rupee atau Rp82 ribu.

Hidangannya kurang bumbu dan garam, dan foto yang menyertainya terlihat sangat buruk. Meski banyak yang berbagi kekecewaan terhadap ramen tersebut, namun unggahan itu mengumpulkan lebih dari 1,3 ribu suara positif, jelas menyentuh hati.

Komentar antara lain: "Mencoba ramen empat kali, semuanya tidak enak—saya tetap memilih produk mi instan" hingga "Orang Jepang mungkin akan menuntut jika mereka melihat ini," bahkan ada yang menyarankan untuk tetap memilih makanan favorit lokal seperti kari ayam dan kari daging kambing.

3 dari 3 halaman

Ramen di India

Ramen adalah hidangan sup mie Jepang populer yang terdiri dari mie gandum ala China yang disajikan dengan kuah daging atau ikan, sering dibumbui dengan kecap atau miso. Biasanya di atasnya diberi bahan-bahan seperti irisan daging babi, daun bawang, dan telur rebus.

Di India, ramen dinikmati dengan beberapa cara. Paket ramen instan adalah makanan cepat saji yang populer, banyak tersedia di supermarket. Selain itu, banyak kota kini memiliki restoran yang menawarkan ramen tradisional dengan kuah kental dan topping kreatif.

Beberapa koki juga bereksperimen dengan versi fusion, memadukan ramen dengan bumbu dan bahan India untuk menciptakan rasa yang unik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.