Sukses

10 Contoh Alasan Kalimat Sanggah CPNS 2024, Perhatikan Pemilihan Kata-Katanya

Sanggahan harus berisi alasan yang benar, realistis, dan tidak mengada-ngada.

Liputan6.com, Jakarta Pengumuman hasil seleksi CPNS 2024 telah dirilis secara bertahap dari tanggal 14 hingga 19 September 2024, memberikan kesempatan bagi para pelamar untuk mengetahui status mereka dalam proses rekrutmen ini. Bagi pelamar yang tidak berhasil melewati tahap seleksi, terdapat mekanisme sanggah yang dapat dimanfaatkan sebagai bentuk transparansi dan keadilan dalam proses seleksi. Umumnya, pelamar yang tidak lolos akan menerima status TMS (Tidak Memenuhi Syarat), yang mengindikasikan adanya ketidaksesuaian dengan persyaratan administrasi yang ditetapkan oleh instansi terkait.

Notifikasi ketidaklulusan biasanya ditandai dengan pesan "Mohon maaf. Anda tidak lulus tahap administrasi karena belum memenuhi persyaratan administrasi instansi yang dilamar". Pesan ini bukan berarti akhir dari perjuangan para calon PNS, melainkan membuka peluang untuk melakukan klarifikasi melalui proses sanggah. Proses sanggah ini dimaksudkan untuk memberikan kesempatan bagi pelamar yang merasa telah memenuhi seluruh persyaratan namun dinyatakan tidak lolos.

Para pelamar yang yakin telah mengunggah dokumen yang benar dan lengkap diberikan kesempatan untuk mengajukan sanggahan dalam kurun waktu tiga hari setelah pengumuman hasil. Sanggahan harus berisi alasan yang benar, realistis, dan tidak mengada-ngada. Proses sanggah ini merupakan bagian integral dari upaya pemerintah untuk menjamin keadilan dan akurasi dalam proses seleksi CPNS, memberikan kesempatan bagi pelamar untuk memperjuangkan hak mereka jika terjadi kesalahan administratif atau teknis dalam proses seleksi.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai contoh alasan kalimat sanggah CPNS 2024 yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (19/9/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1. Kualifikasi Pendidikan Tidak Sesuai

Contoh alasan kalimat sanggah yang benar: Terimakasih Bapak/Ibu Verifikator. Kualifikasi pendidikan saya (isi dengan pendidikan terakhir) sudah sesuai dengan persyaratan, mohon diperiksa ulang. Terima kasih.

2. Berkas Foto/Scan Data/Surat Pernyataan Kurang Jelas

Contoh alasan kalimat sanggah yang benar: Terimakasih Bapak/Ibu Verifikator. Saya memohon maaf atas kelalaian saya, saya harap bapak/ibu tetap meluluskan berkas ini karena berkas yang saya unggah sudah didukung dengan berkas lainnya. Mohon diperiksa dan dipertimbangkan kembali. Terima kasih.

Kualifikasi Pendidikan Tidak Sesuai

Contoh alasan kalimat sanggah yang benar: Terimakasih Bapak/Ibu Verifikator. Kualifikasi pendidikan saya (isi dengan pendidikan terakhir) sudah sesuai dengan persyaratan, mohon diperiksa ulang. Terima kasih.

4. Tanggal Lahir di KTP Melampaui Batas Usia

Contoh alasan kalimat sanggah yang benar: Terimakasih Bapak/Ibu Verifikator. Terkait tanggal lahir, saya sudah mencantumkannya sesuai dengan KTP saya. Mohon dicek kembali, berdasarkan dokumen yang saya ungguh, saya masuk kriteria usia yang dipersyaratkan. Terimakasih.

5. KTP Buram

Contoh alasan kalimat sanggah yang benar: Terimakasih Bapak/Ibu Verifikator. Setelah saya periksa kembali, scan KTP yang saya unggah sudah sesuai dengan yang dipersyaratkan, begitupun dengan format file, ukuran file, dan setelah saya lihat file dapat terbaca dengan jelas. Mohon diperiksa ulang. Terima kasih.

6. Surat Lamaran dan Surat Pernyataan Buram dan Tidak Terbaca

Contoh alasan kalimat sanggah yang benar: Terimakasih Bapak/Ibu Verifikator. Setelah saya mengecek kembali, berkas yang saya lampirkan sudah sesuai dengan versi yang diminta yakni PDF dengan kapasitas yang sesuai dengan ketentuan. Mohon diperiksa ulang. Terima kasih.

7. Format Surat Pernyataan Tidak Sesuai

Contoh alasan kalimat sanggah yang benar: Terimakasih Bapak/Ibu Verifikator. Saya meminta maaf atas kelalaian saya karena tidak membaca secara teliti poin per poin, tetapi saya harap bapak/ibu verifikator tetap meluluskan berkas ini karena berkas yang saya unggah sudah didukung dengan berkas-berkas yang lainnya. Mohon diperiksa ulang. Terima kasih.

8. Format Surat Lamaran dan Surat Pernyataan yang Diunggah Berwarna Hitam Putih atau Fotocopy-an

Contoh alasan kalimat sanggah yang benar: Terimakasih Bapak/Ibu Verifikator. Saya memohon maaf karena kelalaian saya yang telah mengunggah beberapa berkas berwarna hitam putih atau fotocopy-an, sementara yang diminta untuk diunggah adalah berkas yang asli. Besar harapan saya untuk dapat diloloskan dalam seleksi ini, apabila tim verifikator meminta berkas yang asli, saya akan segera mengirimkan ulang dengan berkas yang asli.

9. Scan Ijazah Buram atau Tidak Terbaca

Contoh alasan kalimat sanggah yang benar: Terimakasih Bapak/Ibu Verifikator. Mohon maaf sebelumnya, saya sudah mengunggah file scan asli ijazah dalam format PDF dan ukuran yang sesuai yang dipersyaratkan. Mohon diperiksa ulang. Terima kasih.

10. Kualifikasi Pendidikan Tidak Sesuai dengan Jabatan yang Dilamar

Contoh alasan kalimat sanggah yang benar:  Terimakasih Bapak/Ibu Verifikator. Kualifikasi pendidikan saya (isi dengan pendidikan terakhir) sudah sesuai dengan persyaratan. Mohon dicek kembali. Terima kasih.

3 dari 3 halaman

Cara Mengajukan Sanggah CPNS 2024

Berikut ini terdapat beberapa cara mengajukan sanggah CPNS 2024, yakni:

1. Login ke Portal SSCASN

Akses situs resmi SSCASN di https://daftar-sscasn.bkn.go.id/login dan login menggunakan akun yang telah didaftarkan.

2. Isi Formulir Sanggah

Setelah login, pilih opsi untuk mengajukan sanggah. Pelamar harus mengisi formulir dengan menjelaskan kronologis masalah dan memberikan penjelasan rinci mengenai alasan sanggahan. Jelaskan dengan baik mengapa pelamar merasa hasil seleksi tidak sesuai dengan dokumen yang diajukan.

3. Unggah Bukti Pendukung

Pelamar wajib mengunggah bukti pendukung yang relevan, seperti hasil pindai e-KTP yang dinyatakan tidak sesuai oleh panitia. Bukti pendukung ini penting untuk mendukung argumen yang diajukan dalam sanggahan.

4. Kirimkan Sanggahan

Setelah semua data dan bukti terisi dengan lengkap, kirimkan sanggahan melalui portal SSCN. Sanggahan yang diajukan akan diperiksa kembali oleh panitia seleksi untuk diverifikasi ulang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.