Sukses

3 Resep Caramel Macchiato yang Mudah Dibuat di Rumah, Lezat dan Creamy

Resep Caramel Macchiato relatif sederhana, serta mengikuti tren dan preferensi konsumen yang dinamis.

Liputan6.com, Jakarta Caramel Macchiato telah menjadi salah satu minuman kopi yang paling digemari oleh anak muda di seluruh dunia. Perpaduan sempurna antara espresso yang kuat, susu yang lembut dan sentuhan manis dari karamel, menciptakan harmoni rasa yang menggoda selera.

Minuman ini tidak hanya menawarkan dorongan kafein yang dibutuhkan, tetapi juga pengalaman menikmati kopi yang mewah dan memuaskan. Popularitasnya yang terus meningkat di kalangan generasi muda mencerminkan pergeseran tren konsumsi kopi, dari minuman fungsional menjadi gaya hidup dan simbol status sosial.

Adapun proses pembuatan resep Caramel Macchiato ini dimulai dengan menuangkan sirup vanila ke dalam gelas, diikuti dengan susu yang disteam hingga mencapai tekstur yang lembut dan creamy. Espresso yang baru diseduh kemudian dituangkan dengan hati-hati di atas lapisan susu, menciptakan efek visual yang menarik, sekaligus memungkinkan percampuran rasa yang sempurna.

Sentuhan akhir dari resep Caramel Macchiato ini, berupa lelehan saus karamel di atas foam susu yang tak hanya menambah cita rasa manis khas, tetapi juga menghadirkan elemen estetika di mana menjadikan Caramel Macchiato begitu Instagram-worthy.

Minuman ini bisa Anda nikmati dalam berbagai suasana dan kesempatan. Baik sebagai pendamping sarapan, penambah energi di siang hari, atau bahkan sebagai dessert coffee di malam hari. Berikut ini beberapa rekomendasi resep Caramel Macchiato yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (20/9/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Resep Caramel Macchiato Klasik

Bahan-bahan:

- 1 shot espresso (atau kopi hitam pekat)

- 250 ml susu cair (Anda dapat memilih antara susu skim, whole milk, atau susu almond)

- 2 sdm saus karamel yang kental

- 1 sdm sirup vanilla

- Es batu secukupnya (jika Anda ingin menikmati versi dingin)

Cara Membuat:

  1. Langkah pertama dalam pembuatan Caramel Macchiato adalah menyeduh espresso. Jika Anda memiliki mesin espresso, gunakan untuk menghasilkan satu shot espresso yang pekat dan aromatik. Jika tidak, Anda bisa menggunakan kopi instan dengan konsentrasi lebih tinggi atau kopi seduh manual.
  2. Selanjutnya, tuangkan susu ke dalam panci dan panaskan dengan api sedang hingga hampir mendidih. Pastikan untuk mengaduk susu secara perlahan agar tidak terbakar. Setelah susu panas, gunakan alat pembuih susu untuk menghasilkan buih yang lembut dan creamy. Jika Anda lebih suka versi dingin, cukup dinginkan susu di lemari es.
  3. Ambil gelas saji dan tuangkan sirup vanilla ke dalamnya. Sirup vanilla ini akan memberikan aroma manis yang khas pada minuman.
  4. Setelah itu, tuangkan susu yang sudah dibuihkan ke dalam gelas yang berisi sirup vanilla. Pastikan untuk menuangkan susu perlahan agar busa susu tetap di atas.
  5. Dengan perlahan, tuangkan shot espresso di atas susu. Anda akan melihat espresso membentuk lapisan yang indah di atas busa susu.
  6. Akhiri proses pembuatan dengan menyiramkan saus karamel di atas busa susu. Anda bisa membuat pola cantik atau hanya meneteskan saus karamel secara acak.
  7. Caramel Macchiato klasik ini siap untuk dinikmati. Untuk versi dingin, pastikan Anda menambahkan es batu sebelum menuangkan espresso agar minuman tetap segar dan dingin.
3 dari 4 halaman

2. Resep Caramel Macchiato Tanpa Kopi (Non-Coffee Caramel Macchiato)

Bahan-bahan:

- 250 ml susu (whole milk, almond milk, atau oat milk)

- 2 sdm saus karamel

- 1 sdm sirup vanilla

- 1 sdt bubuk coklat atau bubuk kayu manis (untuk variasi rasa)

- Es batu (opsional)

Cara Membuat:

  1. Tuangkan susu pilihan Anda ke dalam panci dan panaskan hingga hampir mendidih, sambil diaduk perlahan. Untuk versi dingin, cukup dinginkan susu di lemari es.
  2. Ambil gelas saji dan tuangkan sirup vanilla ke dalamnya. Tuangkan susu yang telah dipanaskan (atau dingin) ke dalam gelas berisi sirup vanilla.
  3. Jika Anda ingin menambahkan rasa yang lebih bervariasi, taburkan bubuk coklat atau kayu manis ke dalam gelas.
  4. Tambahkan saus karamel di atas busa susu untuk memberikan sentuhan manis. Jika Anda memilih versi dingin, tambahkan es batu sebelum menuangkan susu.
  5. Caramel Macchiato tanpa kopi ini menjadi alternatif yang sempurna bagi mereka yang ingin menikmati rasa karamel yang kaya tanpa kafein.

 

4 dari 4 halaman

3. Resep Salted Caramel Macchiato

Bahan-bahan:

- 1 shot espresso

- 250 ml susu (pilihan bebas)

- 2 sdm saus karamel

- 1 sdm sirup vanilla

- Sejumput garam laut kasar

- Es batu (untuk versi dingin)

Cara Membuat:

  1. Mulailah dengan menyeduh espresso yang pekat. Pastikan espresso cukup kuat agar rasa tetap terasa saat dicampur dengan susu dan es.
  2. Tuangkan susu ke dalam panci dan panaskan hingga hampir mendidih. Aduk perlahan untuk menghindari pembakaran. Jika Anda ingin versi dingin, Anda bisa skip langkah ini.
  3. Tuangkan sirup vanilla ke dalam gelas. Tuangkan susu yang telah dipanaskan ke dalam gelas berisi sirup vanilla.
  4. Perlahan-lahan tuangkan espresso di atas susu. Tambahkan saus karamel di atas busa susu, lalu taburkan sejumput garam laut kasar di atas saus karamel.
  5. Kombinasi rasa manis dan sedikit gurih dari garam akan memberikan sensasi unik.
  6. Salted Caramel Macchiato ini siap dinikmati, memberikan pengalaman rasa yang kaya dan menarik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.