Sukses

8 Sifat Mothering yang Tidak Disukai Pria, Kontrol Berlebihan Bisa Ancam Hubungan

Dalam sebuah hubungan, peran dan sifat masing-masing individu sangat memengaruhi dinamika yang terbentuk.

Liputan6.com, Jakarta Dalam sebuah hubungan, peran dan sifat masing-masing individu sangat memengaruhi dinamika yang terbentuk. Salah satu sifat yang sering kali menjadi sumber ketegangan adalah sifat mothering yang tidak disukai pria.

Mothering dalam hubungan asmara sering kali muncul dari niat baik untuk merawat dan melindungi, dapat berujung pada perasaan tidak nyaman dan tertekan bagi pihak pria. Mereka mungkin merasa seperti diperlakukan sebagai anak kecil daripada pasangan yang setara.

Di bawah ini akan dipaparkan mengenai beberapa sifat mothering yang mengancam hubungan. Simak penjelasan selengkapnya sebagaimana dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber pada Sabtu (21/09/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sifat Mothering yang Tidak Disukai Pria Saat Pacaran

1. Terlalu Mengatur

Sifat mothering yang pertama adalah kebiasaan mengatur secara berlebihan. Pria sering merasa tidak nyaman ketika pasangannya terlalu banyak mengatur kegiatan sehari-hari mereka. Ini membuat pria merasa seperti anak kecil yang tidak mampu membuat keputusan sendiri.

2. Mengontrol Keuangan

Mengendalikan keuangan pasangan adalah sifat mothering yang juga tidak disukai oleh pria. Ketika seorang wanita terlalu banyak terlibat dalam urusan keuangan pasangannya, pria bisa merasa kehilangan kemandirian dan tanggung jawabnya.

3. Memeriksa Terlalu Sering

Sifat mothering lainnya adalah kebiasaan memeriksa terlalu sering. Memeriksa ponsel, email, atau media sosial pasangan dapat membuat pria merasa tidak dipercaya dan diawasi seperti anak kecil.

 

3 dari 4 halaman

Sifat Mothering dapat Mengancam Hubungan

4. Memberikan Nasihat Tanpa Diminta

Menawarkan saran tanpa diminta adalah salah satu ciri mothering yang sering membuat pria merasa terganggu. Pria mungkin merasa bahwa pasangannya tidak percaya pada kemampuan mereka untuk menyelesaikan masalah sendiri.

5. Terlalu Protektif

Sifat mothering yang terlalu protektif juga kerap tidak disukai oleh pria. Ketika seorang wanita terlalu khawatir dan berusaha melindungi pasangannya dari segala hal, pria bisa merasa terkekang dan kehilangan kebebasan.

 

4 dari 4 halaman

Sifat Mothering yang Bahayakan Hubungan

6. Mengatur Penampilan

Mengendalikan cara pasangan berpakaian atau berpenampilan adalah ciri mothering yang sering membuat pria merasa tidak nyaman. Pria ingin merasakan bahwa mereka memiliki kebebasan untuk mengekspresikan identitas mereka sendiri.

7. Mengatur Waktu Luang

Selain itu, mengatur waktu luang pasangan adalah ciri mothering yang bisa sangat mengganggu. Pria biasanya ingin memiliki waktu pribadi atau bersosialisasi dengan teman-teman tanpa harus selalu mengikuti aturan dari pasangannya.

8. Mengabaikan Kebutuhan Pribadi

Jika sifat mothering membuat seorang wanita lebih fokus pada kebutuhan pasangan dan mengabaikan kebutuhannya sendiri, hal ini dapat menyebabkan ketidakpuasan dalam hubungan. Pria cenderung menginginkan pasangan yang juga mandiri dan memiliki kehidupan serta minat sendiri, bukan hanya berpusat pada mereka.

Dengan menghindari sifat-sifat mothering ini, hubungan bisa menjadi lebih sehat dan harmonis. Setiap individu dalam hubungan perlu merasa dihargai dan memiliki ruang untuk menjadi diri mereka sendiri.

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.