Sukses

Resep Sederhana Membuat Mi Kolagen, Punya Segudang Manfaat Kesehatan

Mie kolagen rumahan yang hangat sarat manfaat bagi tubuh di setiap gigitannya.

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda sudah mengenal mie kolagen yang sedang populer belakangan ini? Hidangan mie putih tipis dengan kuah bening hangat yang kaya manfaat ini sangat pas dinikmati saat sore hari sambil menikmati pemandangan matahari terbenam.

Setiap sendoknya mengandung banyak manfaat yang mengejutkan, seperti menjaga kesehatan jantung, mempertahankan elastisitas kulit, dan kesehatan sendi. Resep mie kolagen sangat mudah diikuti dan dapat disesuaikan dengan berbagai bahan tambahan sesuai selera. Dari sayuran segar hingga bumbu rempah, kamu bisa mengolahnya menjadi hidangan yang kaya rasa dan gizi.

Berikut ini adalah resep sederhana untuk membuat mi kolagen yang kaya akan protein baik untuk kesehatan kulit. Simak penjelasan selengkapnya sebagaimana dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber pada Selasa (24/9/2024):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Bahan-Bahan

  • 100 gram tepung terigu
  • 50 gram tepung tapioka
  • 100 ml kaldu kolagen (bisa menggunakan rebusan tulang sapi, ayam, atau kulit ikan)
  • 1 butir telurGaram secukupnya
3 dari 4 halaman

2. Cara Membuat Kaldu Mie Kolagen

  1. Ambil tulang sapi, ayam, atau kulit ikan dan rebus dalam panci berisi air hingga air mendidih
  2. Setelah air mendidih, kecilkan api dan biarkan kaldu mendidih perlahan selama 4-6 jam, kemudian tambahkan sedikit cuka agar kolagen dari tulang lebih mudah terekstraksi
  3. Setelah proses perebusan selesai, saring kaldu dan buang ampas tulangnya, kemudian dinginkan hingga kaldu menjadi sedikit kental seperti gel saat dingin
4 dari 4 halaman

3. Cara Membuat Mie Kolagen

  1. Gabungkan tepung terigu dan tepung tapioka dalam wadah besar, lalu tambahkan sedikit garam untuk memberikan rasa.
  2. Masukkan telur dan kaldu kolagen secara bertahap ke dalam campuran tepung sambil diaduk hingga membentuk adonan yang kalis.
  3. Uleni adonan hingga elastis dan tidak lengket, tambahkan sedikit kaldu kolagen lagi jika adonan terasa terlalu kering, atau tambahkan tepung jika terlalu basah.
  4. Setelah adonan kalis, giling menggunakan penggiling mie atau rolling pin hingga mencapai ketebalan yang diinginkan.
  5. Potong adonan yang telah digiling menjadi bentuk mie, bisa menggunakan mesin atau secara manual dengan pisau.
  6. Rebus mie kolagen dalam air mendidih selama 3-5 menit atau hingga matang, tetapi jangan terlalu lama agar tidak lembek.
  7. Sajikan mie kolagen dengan kuah kaldu, saus, dan topping sesuai selera Anda.

Itulah resep sederhana membuat mie dengan tekstur kenyal dan kaya akan kandungan kolagen yang baik untuk kulit, sendi, dan rambut. Selamat mencoba!

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.